sosiodrama PENGEMBANGAN PANDUAN PELATIHAN TEKNIK SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN INTERAKSI SOSIAL PADA SISWA

Authors

  • Desy Rukmana Apriani Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri
  • M.Iqbal Tawakkal Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri
  • Sunawi

DOI:

https://doi.org/10.32665/lead.v1i1.928

Keywords:

interaksi sosial, sosiodrama, panduan

Abstract

Interaksi sosial merupakan salah satu bentuk hubungan sosial, dan fungsinya untuk membentuk berbagai jenis hubungan sosial yang dinamis, terlepas dari apakah hubungan tersebut berbentuk individu atau kelompok. Melalui pemanfaatan teknik sosiodrama, siswa memahami bahwa pembelajaran berperan dalam memecahkan masalah yang berkaitan dengan fenomena sosial dan masalah yang berkaitan dengan hubungan antar manusia. Pada hasil analisis kuesioner dengan menggunakan penelitian Pengembangan (Research & Development) yang dibagikan pada tiga sekolah SMA/SMK di 3 kecamatan di Kabupaten Bojonegoro diketahui bahwa 4,20% atau 6 siswa masuk pada skala sangat rendah, selanjutnya 58,04% atau 83 siswa masuk pada skala rendah, berikutnya 31,46% atau 45 siswa masuk pada skala sedang, sedangkan 4,20% atau 6 siswa masuk pada skala tinggi dan 2,10% atau 3 siswa masuk skala sangat tinggi.

Downloads

Published

2022-10-25