PENGEMBANGAN MEDIA ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA

Authors

  • Oktavio Bima Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri
  • Yanuari Srianturi Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri
  • Muhammad Yusuf Effendi Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri

DOI:

https://doi.org/10.32665/lead.v1i1.932

Keywords:

motivasi belajar, media ular tangga, peserta didik

Abstract

Motivasi memegang peranan penting karena motivasi siswa menentukan hasil kegiatan belajar danmotivas beajar merupakan kondisi psikologs yang dapat mendorong seseorang untuk belajar, motivasi belajar setiap siswa berbeda-beda. Pengembangan media ular tangga sebagai salah satu media untuk memotivasi sangat sesuai dengan keadaan siswa jaman sekarang. Hal ini di karenakan motivasi belajar siswa di pengaruhi oleh media pembelajaran yang di gunakan oleh guru, sehingga siswa lebih tertarik untuk belajar melalui media ular tangga, karena konsep ular tangga artinya menggunakan konsep belajar sambil bermain, sehingga sangat mungkin hal itu akan meningkatkan motivasi anda untukbelajar. Dari segi media tidak hanya mudah di buat, tetapi juga nyaman di gunakan, memungkinkan guru untuk lebih kreatif mengemas permainan ular tangga sebagai media pembelajaran. Penelitian menggunakan metode pengembangan Research and Development (R&D) Borg and Gall (1983) dalam penembangan media ular tangga untuk meningkatkan motivasi belajar siswa SMP pengembangan yang dimulai dengan penelitian dan pengumpulan informasi. Dalam pengumpulan data yang di butuhkan, penulis menggunakan instrumen motivasi belajar, sedangkan di dalam pengembangan produk penulis mengunakan data kuantitatif (instrumen uji ahli BK, media, dan Calon pengguna produk) dan data kualitatif (saran dan masukan dari uji ahli). Dari hasil penelitian yang dilakukan penulis tentang penelitian dan pengembangan sebagai pedoman konselor dalam membantu meningkatkan motivasi belajar siswa menggunakan media ular tangga sangat layak dan tepat.

Downloads

Published

2022-10-25