EFEKTIFITAS PENDEKATAN RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR THERAPY (REBT) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA
Abstract View: 229, PDF Download: 227DOI:
https://doi.org/10.32665/lead.v1i1.935Keywords:
REBT, bimbingan kelompok, motivasi belajarAbstract
Motivasi belajar adalah suatu dorongan yang memiliki pengaru besar terhadap belajar dan hasil belajar. Tingkat kuat dan lemahnya motivasi belajar pada siswa di tandai adanya ketekunan menghadapi tugas, belajar mandiri, semangat belajar, pengerjaan tugas, emosi terhadap keadaan atau suasana belajar, keyakinan terhadap suatu perihal, dan suka mencari dan memecahkan soal. Hal berlandaskan hasil observasi, wawancara dan angket. Skala motivasi belajar sebagai pretest. Penelitian ini bertujuan mengetahui efektivitas pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) melalui bimbingan kelompok meningkatkan motivasi belajar siswa. Metode penelitian menggunakan pra experimen desain one group pretest – posttest. Subjek penelitian ialah siswa kelas IX MTs Islamiyah Kedungjambe Tahun Pelajaran 2020/2021. Pengumpulan data di lakukan melalui instrumen motivasi belajar. Teknik analisis data menggunakan uji Wiloxon untuk membandingkan nilai pretest – posttest. Hasi penelitian memperlihatkan motivasi belajar siswa kelas IX MTs Islamiyah Kedungjambe sebelum di beri perlakuan pendekatan REBT melalui bimingan kelompok masuk kategori rendah sebanyak rata-rata 59,25%, setelah mendapatkan perlakuan meningkat masuk kategori tinggi sebanyak rata-rata 91,5%, perbandingan antara hasil presentase siswa sebelum dan sesudah mendapatkan treatmen sebanyak rata-rata 32,25%. Jadi, kesimpulannya terdapat perbedaan pretest – posttest, yang berarti pendekatan REBT efektif meningkatkan motivasi belajar siswa.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 LEAD (Journal Counseling and Applied)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.