Analisis Kepuasan Pengguna Jasa Petugas Parkir Dinas Perhubungan Bojonegoro Menggunakan Regresi Logistik Ordinal


DOI:
https://doi.org/10.32665/statkom.v1i1.442Keywords:
Regresi Logistik Ordinal, Kepuasan Pengguna Jasa , Petugas Parkir , Kabupaten BojonegoroAbstract
Latar Belakang: Tidak semua petugas parkir Dinas Perhubungan Kabupaten Bojonegoro melaksanakan kerjanya baik dan sesuai dengan standard operational procedure (SOP). Bentuk pembekalan dan sosialisasi oleh dinas terkait sudah diberikan, namun pengguna layanan jasa parkir merasa kurang puas. Untuk menganalisis masalah ini, diterapkan pemodelan regresi logistik ordinal untuk menilai kepuasan pelanggan.
Tujuan: Mengetahui tingkat kepuasan dan faktor-faktor yang secara signifikan berpengaruh terhadap tingkat kepuasan pengguna jasa petugas parkir Dinas Perhubungan Kabupaten Bojonegoro.
Metode: Metode Penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif berupa analisis regresi logistik ordinal. Digunakan accidental sampling dengan mengambil sampel dari responden yang kebetulan memakai jasa parkir petugas Dinas Perhubungan Kabupaten Bojonegoro. Variabel dependen adalah tingkat kepuasan pengguna jasa petugas parkir yang berskala ordinal dan variabel-variabel independen meliputi tangibles, reliability, responsiveness, emphaty dan assurance.
Hasil: Kepuasan pengguna terhadap pelayanan petugas parkir terbesar adalah 35% cukup puas dan terbesar kedua 29% kurang puas. Dari hasil odds ratio, semakin besar tangibles, responsiveness, dan emphaty petugas parkir masing-masing memiliki peluang 2,0719; 5,9793; dan 9,0802 kali lebih besar daripada variabel lainnya terhadap tingkat kepuasaan pengguna petugas parkir.
Kesimpulan: Mayoritas pengguna pelayanan petugas parkir kurang puas dan cukup puas. Penerapan regresi logistik ordinal memberikan pengetahuan bahwa tangibles, responsiveness, dan emphaty petugas parkir mempengaruhi kepuasan pengguna.
References
Agresti, A. (2019). An Introduction to Categorical Data Analysis. In Journal of the Royal Statistical Society: Series A (Statistics in Society) (3rd ed., Vol. 170, Issue 4). John Wiley & Sons, Inc. https://doi.org/10.1111/j.1467-985x.2007.00506_2.x
Amanda, L., Yanuar, F., & Devianto, D. (2019). Uji Validitas dan Reliabilitas Tingkat Partisipasi Politik Masyarakat Kota Padang. Jurnal Matematika UNAND, 8(1), 179–188. https://doi.org/10.25077/jmu.8.1.179-188.2019
Arfian, A., Mustomi, D., Siregar, J., & Yana, A. A. (2021). Tingkat Kepuasan Layanan Custumer Service Berdasarkan Metode Webqual 4.0 Pada Pt Tritana Dengan PLS-SEM. Journal of Information System, Informatics and Computing, 5(1), 89–93. https://doi.org/10.52362/jisicom.v5i1
Asare, I. O., & Mensah, A. C. (2020). Crash severity modelling using ordinal logistic regression approach. International Journal of Injury Control and Safety Promotion, 27(4), 412–419. https://doi.org/10.1080/17457300.2020.1790615
Bojonegoro, D. (2020a). Sosialisasi Parkir On The Street. https://dinhub.bojonegorokab.go.id/berita/baca/49
Bojonegoro, D. (2020b). Untuk Meningkatkan Pelayanan Parkir, Dishub Lakukan Pembinaan Jukir. https://dinhub.bojonegorokab.go.id/berita/baca/31
Bozpolat, E. (2016). Investigation of the Self-Regulated Learning Strategies of Students from the Faculty of Education Using Ordinal Logistic Regression Analysis. Educational Sciences: Theory & Practice, 16(1), 301–318. https://doi.org/10.12738/estp.2016.1.0281
Gofur, A. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(1), 37–44.
Hartati, E., Indriyani, R., & Trianingsih, I. (2020). Analisis Kepuasan Pengguna Website SMK Negeri 2 Palembang Menggunakan Regresi Linear Berganda. MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika Dan Rekayasa Komputer, 20(1), 47–58. https://doi.org/10.30812/matrik.v20i1.736
Kusumastuti, I., Kurniawati, N., Loka Satria, D., & Wicaksono, D. (2019). Analisis Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Dimediasi Oleh Kepuasan Kerja Karyawan Pada Sp Alumunium Di Yogyakarta. Jurnal Riset Ekonomi Manajemen (REKOMEN), 3(1), 43–53. https://doi.org/10.31002/rn.v3i1.1540
Minabari, F., Titaley, J., & Nainggolan, N. (2019). Pengaruh Pelayanan Di Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Terhadap Kepuasan Mahasiswa FMIPA UNSRAT Menggunakan Analisis Regresi Logistik Ordinal. D’CARTESIAN, 8(2), 153–160. https://doi.org/10.35799/dc.8.2.2019.24261
Ningsi, B. A., & Agustina, L. (2018). Analisis Kepuasan Pelanggan Atas Kualitas Produk dan Pelayanan Dengan Metode SEM-PLS. Jurnal Statistika Dan Aplikasinya, 2(2), 8–16. https://doi.org/10.21009/JSA.02202
Paputungan, N., Langi, Y., & Prang, J. (2016). Analisis Regresi Logistik Ordinal Pada Tingkat Kepuasaan Pengguna Jasa Terhadap Pelayanan di Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado. D’CARTESIAN, 5(2), 72. https://doi.org/10.35799/dc.5.2.2016.14016
Pentury, T., Notje Aulele, S., & Wattimena, R. (2016). Analisis Regresi Logistik Ordinal (Studi kasus: Akreditasi SMA di Kota Ambon). Jurnal Ilmu Matematika Dan Terapan | Maret, 10(1), 55–60.
RadarBojonegoro. (2021). Tegur Jukir Nakal di Bojonegoro. https://radarbojonegoro.jawapos.com/daerah/bojonegoro/07/12/2021/tegur-jukir-nakal-di-bojonegoro/
Rahmawati, D. (2013). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Mahasiswa. Jurnal Economia, 9(1), 52–65. https://doi.org/10.21831/economia.v9i1.1376
Ritonga, H. M., Pane, D. N., & Rahmah, C. A. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Emosional Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Honda IDK 2 Medan. Jurnal Manajemen Tools, 12(2), 30–44.
Setyawati, D. U., Korida, B. D., & Febrilia, B. R. A. (2020). Analisis Regresi Logistik Ordinal Faktor-Faktor yang Mempengaruhi IPK Mahasiswa. Jurnal Varian, 3(2), 65–72. https://doi.org/10.30812/varian.v3i2.615
Wattimena, A. Z., Talakua, M. W., Talakua, M. W., & Temartenan, V. (2017). Pemodelan Tingkat Kepuasan Masyarakat Terhadap Proses Pelayanan Pembuatan Surat Izin Mengemudi Di Satlantas Polres Ambon Menggunakan Regresi Logistik Ordinal. BAREKENG: Jurnal Ilmu Matematika Dan Terapan, 11(2), 85–94. https://doi.org/10.30598/barekengvol11iss2pp85-94
Xu, K., Zhou, M., Yang, D., Ling, Y., Liu, K., Bai, T., Cheng, Z., & Li, J. (2020). Application of ordinal logistic regression analysis to identify the determinants of illness severity of COVID-19 in China. Epidemiology and Infection, 148(e146), 1–11. https://doi.org/10.1017/S0950268820001533
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 M Teguh Deddy Winarko, Alif Yuanita Kartini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License - Share Alike that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
USER RIGHTS
All articles published Open Access will be immediately and permanently free for everyone to read and download. We are continuously working with our author communities to select the best choice of license options, currently being defined for this journal as follows:

