PELEVELAN PEMAHAMAN KONSEP KOMPOSISI FUNGSI BERDASAR TAKSONOMI SOLO (STRUCTURE OF OBSERVES LEARNING OUTCOMES)

Authors

  • Ulfa Lu’luatul Hidayah IKIP PGRI Bojonegoro
  • Nur Rohman IKIP PGRI Bojonegoro
  • Anita Dewi Utami IKIP PGRI Bojonegoro

DOI:

https://doi.org/10.32665/james.v3i2.162

Keywords:

Pemahaman Konsep, Komposisi Fungsi, SOLO, Concept Understanding, Function Composition

Abstract

This qualitative descriptive study aims to describe the level of student understanding of function composition based on the SOLO taxonomy. This research was conducted at Madrasah Aliyah Islamiyah Balen on science class X students school year 2019/2020 with 20 subjects. Sampling using stratified sampling techniques (conditional sample) and purposive sampling (sample aims) see the results of written tests that refer to the grid of test questions and sampling data sources with specific considerations. Analysis of the level of understanding with PKLM1, PKLM2, PKLR1, PKLR2, PKLE1, and PKLE2. Data analysis using the test method and interview method and test the data's validity using the triangulation of data sources and triangulation of methods. The results showed three levels of students' understanding of the composition of functions based on SOLO taxonomy, namely multi structural, relational, and extended abstract.

 

Penelitian deskriptif kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan level pemahaman siswa pada konsep komposisi fungsi berdasar taksonomi SOLO.  Penelitian ini dilakukan di Madrasah Aliyah Islamiyah Balen pada siswa kelas X IPA tahun ajaran 2019/2020 dengan jumlah 20 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik stratified sampling (sampel bersyarat) dan purposive sampling (sampel bertujuan) yaitu melihat hasil tes tulis yang mengacu pada kisi-kisi soal tes serta pengambilan sampel sumber data dengan pertimbangan tertentu. Analisis level pemahaman dengan subyek PKLM1, PKLM2, PKLR1, PKLR2, PKLE1, dan PKLE2. Analisis data menggunakan metode tes dan metode wawancara, serta uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data dan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan ada tiga level pemahaman siswa pada konsep komposisi fungsi berdasar taksonomi SOLO yaitu multistruktural, relasional, dan extended abstract.

References

[1] Suraji, Maimunah, dan Sehatta Saragih. 2018. Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Suska Journal of Mathematics Education, 4 (1): 9-16.
[2] Putri, D. A. K., dan Suparji. 2014. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal yang Berhubungan dengan Konstruksi Statis Tertentu Berdasarkan Taksonomi SOLO Plus pada KelasX TGB SMK Negeri 3 Surabaya. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan, 3 (1): 59-66.
[3] Wibawa, H,. & Masduki, S. S. 2017. Analisis Pemahaman Konsep Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Materi Himpunan Berdasarkan Taksonomi Solo (Structure Of Observed Learning Outcomes) Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Baki (doctoral dissertation, universitas muhammadiyah Surakarta.
[4] Sutomo, W. A. B., & Sutira, S. 2019. Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Berdasar Taksonomi SOLO (Structure Of Observed Learning Outcomes) Pada Soal Materi Himpunan di SMP N 2 karawang barat. Prosiding sesiomadika, 2(5).
[5] Pesona, R. I., & Yunita, T. N. H. 2018. Deskripsi Kemampuan Matematika Siswa Dalam Pemecahan Masalah Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Berdasarkan Level Taksonomi SOLO. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(1), 99-109
[6] Hasan, B. 2017. Karakteristik Respon Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Geometri Berdasarkan Taksonomi SOLO. JINoP(Jurnal inovasi pembelajaran), 3(1), 449-458.
[7] Amalia, R. 2016. Kemampuan Berpikir Matematis Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Masalah Geometri. EDUT-MAT:Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 118 -125.
[8] Astuti, D., Usodo, B., & Aryuna, D. R. (2017). Profil Pemahaman Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) Pada Materi Turunan Berdasarkan Teori APOS Ditinjau dari Gaya Belajar Kognitif Siswa. Jurnal Pendidikan Matematka Dan Matematika (JPMM) Solusi, 1(5), 37-47.
[9] Hayuhantika, D. 2016. Pemetaan Respon Siswa Smp Berdasarkan Taksonomi Solo Dalam Penyelesaian Masalah Generalisasi Pola. JP2M (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika), 2(2), 92-105.

Downloads

Published

2020-10-31

How to Cite

[1]
U. L. Hidayah, N. Rohman, and A. D. Utami, “PELEVELAN PEMAHAMAN KONSEP KOMPOSISI FUNGSI BERDASAR TAKSONOMI SOLO (STRUCTURE OF OBSERVES LEARNING OUTCOMES)”, JaMES, vol. 3, no. 2, pp. 95–102, Oct. 2020.