Pengaruh Problem-Based Learning Berbantuan LKPD Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Kelas VII

Authors

  • Alya Kamila Universitas Tidar
  • Fadhilah Rahmawati Universitas Tidar
  • Aprilia Nurul Chasanah Universitas Tidar

DOI:

https://doi.org/10.32665/james.v5i2.500

Keywords:

Problem-Based Learning, LKPD, higher-order thinking skills, kemampuan berpikir tingkat tinggi

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk 1) Menganalisis kemampuan berpikir tingkat tinggi dengan menggunakan PBL berbantuan LKPD lebih baik dari pada model pembelajaran langsung dan 2) Menganalisis adanya peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi menggunakan PBL berbantuan LKPD. Penelitian dengan menggunakan desain penelitian yaitu kuasi eksperimen bentuk nonequivalent control group design. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII D dan VII E SMP Negeri 5 Magelang yang dipilih secara cluster random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Hasil penelitian yaitu diperoleh perhitungan uji mann whitney dengan nilai Z_hitung sebesar 4,399 dan Z_tabel sebesar 1,960, sehingga 4,399 > 1,960 artinya H_1 diterima. Selain itu, nilai rerata N.Gain kelas eksperimen diperoleh 0,56 dan kelas kontrol yaitu 0,35. Kesimpulan penelitian ini yaitu 1) kemampuan berpikir tingkat tinggi dengan menggunakan PBL berbantuan LKPD lebih baik dari model pembelajaran langsung, 2) ada peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi menggunakan PBL berbantuan LKPD dengan kategori sedang.

References

A. Sa’adah, F. Z. Ningrum, and N.Farikha, “SCAFFOLDING DALAM PEMBELAJARAN TRIGONOMETRI BERBANTUAN SOAL HOTS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI MATEMATIKA,” ProSANDIKA UNIKAL Pros. Semin. Nas. Pendidik. Mat. Univ. Pekalongan, vol. 2, pp. 167–174, Jan. 2021.

B. Tanujaya, J. Mumu, and G. Margono, “The Relationship between Higher Order Thinking Skills and Academic Performance of Student in Mathematics Instruction,” Int. Educ. Stud., vol. 10, no. 11, p. 78, Oct. 2017, doi: 10.5539/ies.v10n11p78.

F. Royantoro, M. Mujasam, I. Yusuf, and S. W. Widyaningsih, “Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Higher Order Thinking Skills Peserta Didik,” Berk. Ilm. Pendidik. Fis., vol. 6, no. 3, p. 371, Oct. 2018, doi: 10.20527/bipf.v6i3.5436.

T. Yulianto, I. Pramudya, and I. Slamet, “Effects of the 21st Century Learning Model and Problem-Based Models on Higher Order Thinking Skill,” Int. J. Educ. Res. Rev., vol. 4, pp. 749–755, Dec. 2019, doi: 10.24331/ijere.629084.

M. D. Pamungkas and Y. Franita, “Keefektifan problem based learning untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa,” J. Penelit. Pendidik. Dan Pengajaran Mat., vol. 5, no. 2, Sep. 2019.

H. Masduriah, “Pengaruh penggunaan model pembelajaran PBL terhadap keterampilan HOTS siswa SD,” Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, vol. 2, pp. 277–285, 2020.

R. T. A. Kurniasari, S. Koeshandayanto, and S. Akbar, “Perbedaan Higher Order Thinking Skills pada Model Problem Based Learning dan Model Konvensional,” J. Pendidik. Teori Penelit. Dan Pengemb., vol. 5, no. 2, p. 170, Jan. 2020, doi: 10.17977/jptpp.v5i2.13162.

Sutirman, “Media dan Model-model Pembelajaran Inovatif”, Accessed: Jul. 26, 2022. [Online]. Available: https://www.academia.edu/7189369/Media_dan_Model_model_Pembelajaran_Inovatifa_i

R. D. Padmavathy and K. Mareesh, “Effectiveness of Problem Based Learning In Mathematics,” Int. Multidiscip. E-J., vol. II, no. I, pp. 45–51, 2013.

R. Widyatiningtyas, Y. S. Kusumah, U. Sumarmo, and J. Sabandar, “THE IMPACT OF PROBLEM-BASED LEARNING APPROACH TO SENIOR HIGH SCHOOL STUDENTS’ MATHEMATICS CRITICAL THINKING ABILITY,” J. Math. Educ., vol. 6, no. 2, pp. 107–116, Jul. 2015, doi: 10.22342/jme.6.2.2165.107-116.

M. Mustika, E. Saptaningrum, and S. Susilawati, “Pengaruh Penggunaan LKS dengan Pendekatan Saintifik pada Materi Objek IPA dan Pengamatannya terhadap Hasil Belajar IPA Kelas VII MTs Negeri 1 Semarang,” J. Penelit. Pembelajaran Fis., vol. 7, no. 1, Nov. 2016, doi: 10.26877/jp2f.v7i1.1154.

S. Mawaddah and R. Maryanti, “Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP dalam Pembelajaran Menggunakan Model Penemuan Terbimbing (Discovery Learning),” EDU-MAT J. Pendidik. Mat., vol. 4, no. 1, Apr. 2016, doi: 10.20527/edumat.v4i1.2292.

L. Widiawati, S. Joyoatmojo, and Sudiyanto, “Higher Order Thinking Skills as Effect of Problem Based Learning in the 21st Century Learning,” Int. J. Multicult. Multireligious Underst., vol. 5, no. 3, pp. 96–105, 2018.

N. S. Tama, N. Aisyah, B. Santoso, and E. Kurniadi, “Learning higher-order thinking skills using problem-based learning model,” J. Phys. Conf. Ser., vol. 1480, no. 1, p. 012008, Mar. 2020, doi: 10.1088/1742-6596/1480/1/012008.

Nurhayati, Wahyudi, and L. Angraeni, “The influence of problem based learning model and critical thinking ability on higher order thinking skills (HOTs) of physics prospective teachers students,” J. Phys. Conf. Ser., vol. 2104, no. 1, p. 012007, Nov. 2021, doi: 10.1088/1742-6596/2104/1/012007.

H. S. Setyaedhi, “Higher-Order Thinking Learning Outcomes through the Problem-Based Learning Model,” Surabaya, Indonesia, 2019. doi: 10.2991/icei-19.2019.75.

Downloads

Published

2022-08-23

How to Cite

[1]
Alya Kamila, Fadhilah Rahmawati, and Aprilia Nurul Chasanah, “Pengaruh Problem-Based Learning Berbantuan LKPD Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Kelas VII”, JaMES, vol. 5, no. 2, pp. 111–116, Aug. 2022.