Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Driyorejo
Abstract View: 285, PDF Download: 230DOI:
https://doi.org/10.32665/james.v5i2.505Keywords:
pembelajaran generatif, matematika, hasil belajar, generative learning, mathematics, learning outcomesAbstract
Pembaharuan pembelajaran sangat penting ditekankan di sekolah agar ilmu itu direalisiskan pada kehidupan. Kebiasaan guru yang berperan dan bersifat dominan menyebabkan siswa tidak tertarik pada materi dan menimbulkan masalah baru dalam kegiatan pembelajaran. Perlunya pembaharuan dalam model pembelajaran sangat diperlukan untuk menciptakan minat serta memantik bakat terpendam anak didik. Dengan penggunaan model pembelajaran yang sudah dikembangkan lebih lanjut, anak didik dapat menjadi aktif. Tujuan dari riset ini ialah mendeskripsikan bagaimana penerapan MPG dalam hasil akhir anak didik dalam pembelajaran SPLTV. Riset ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang bertujuan mendeskripsikan hasil akhir dengan angka-angka setelah mengalami beberapa pengujian. Pengumpulan data menggunakan tes yang berupa pre-test dan post-test. Riset ini menunjukkan adanya pengaruh MPG terhadap hasil akhir pembelajaran peserta didik dalam materi SPLTV.
References
N. K. H. Kristianti, I. W. R. Sudhita, and P. N. Riastini, “Pengaruh Strategi React Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas Iv Sd Gugus Xiv Kecamatan Buleleng,” p. 10.
R. D. Praswati, “Penerapan Problem Based Learning Pada Siswa Kelas VII Dalam Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika (PTK Pembelajaran Matematika di SMP Negeri 1 Bojong Pekalongan),” Univ. Muhammadiyah Surak., p. 8, 2009.
N. W. Lasmini, “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V SD Negeri 2 Tatura,” vol. 4, no. 4, p. 14.
M. B. Umainingsih and N. Kurniah, “Penerapan Model Pembelajaran Memori Untuk Meningkatkan Daya Ingat Dan Prestasi Belajar Matematika (Studi pada siswa kelas III SD Gugus II Kecamatan Ipuh),” p. 11, 2017.
A. R. Hakim, “Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika,” p. 12, 2014.
Lusiana, Y. Hartono, and T. Saleh, “Penerapan Model Pembelajaran Generatif (MPG) Untuk Pelajaran Matematika di Kelas X SMA Negeri 8 Palembang,” J. Pendidik. Mat., vol. 3, 2009, doi: https://doi.org/10.22342/jpm.3.2.324.
Roslina and M. Mahdi, “Kemampuan Menguasai Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Siswa SMA Negeri 14 Iskandar Muda Banda Aceh,” J. Ilm. Integritas, vol. 1, pp. 43–52, 2015.
Sugiyono, Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif dan R & D / Sugiyono. Bandung: Alfabeta, 2013.
Sudjana, Metoda Statistika, 1st ed. Bandung: Tarsito, 2005.
I. Tsurayya, “Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Di SMP PGRI 11 Palembang.” Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, 2017.
K. Khotimah and D.K. Wardani, "Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Lingkaran," EPiC Exact Paper in Compilation, vol. 2, no. 2, pp. 259264, 2020.
I. Maryanti and S. Panggabean, "Pengaruh Strategi Pembelajaran Generatif Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Harapan Medan," Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika, vol.3, no. 1, 2018.
S.S. Madio, “Model Pembelajaran Generatif Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika,” Mosharafa J. Pendidik. Mat., vol. 1, no. 1, pp. 29–34, May 2012, doi: 10.31980/mosharafa.v1i1.169.
N. M. Widyanti, "Model Pembelajaran Generatif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IXA SMP Negeri 2 Tembuku Pada Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020," Bali, 2019.
Warnida, "Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Generatif Pada Siswa Sekolah Dasar," Suara Guru: Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, Sains, dan Humaniora, vol. 4, no. 1, pp. 46-54, 2018.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Journal of Mathematics Education and Science
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work