Implementasi Alat Peraga Abang Oleng Pada Pembelajaran Pengukuran Berat Tidak Baku di Jenjang Sekolah Dasar

Authors

  • Mevianda Cahya Resqueta Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Ninik Mutianingsih Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.32665/james.v5i2.513

Keywords:

Alat Peraga Abang Oleng, Hasil Belajar, Pengukuran Berat Tidak Baku, Abang Oleng’s, Learning Outcomes, Non-Standard Weight Measurement

Abstract

Alat peraga merupakan media pembelajaran yang sesuai dengan materi pembelajaran dengan tujuan mengurangi keabstrakan konsep matematika. Penelitian merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan mengetahui implementasi alat peraga abang oleng terhadap hasil belajar matematika jenjang sekolah dasar pada pembelajaran pengukuran berat tidak baku. Metode penelitian yang digunakan adalah True Experimental Design menggunakan pre-test dan post-test. Siswa kelas I SD Tunas Bhakti 26 Surabaya dan SD Unggulan Al Multazam Surabaya terlibat dalam penelitian ini. Data dikumpulkan melalui teknik tes untuk mendapatkan hasil belajar siswa, sedangkan hasilnya dianalisis menggunakan SPSS. Hasil perhitungan uji-t dengan SPSS diperoleh nilai signifikan 0,000 < 0,05, maka H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan menggunakan alat peraga abang oleng pada mata pelajaran pengukuran berat tidak baku sangat baik  digunakan di jenjang sekolah dasar ditinjau dari hasil belajar siswa.

References

S. Nursinah, I. Magdalena, and Sa’odah, “Implementasi Penggunaan Alat Peraga Karton Berpetak Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III SDN Bojongrenged,” Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, vol. 5, no. 2, pp. 1–3, 2020.

I. Noervadila and S. Fatimah, “Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Papan Persamaan Linier Satu Variabel (PLSV) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linier Satu Variabel Di SMPN 2 Panji Tahun Pelajaran 2019/2020,” Jurnal ikatan alumni PGSD UNARS, vol. 8, no. 1, pp. 1–11, 2020.

M. Rismawati and R. Erni, “Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III Menggunakan Alat Peraga Dekak-Dekak,” J-PiMat, vol. 3, no. 2, pp. 367–376, 2021.

S. P. Khalimatussakdiyah and M. P. Dhiya Ayu Tsamrotul Ihtiari, “Implementasi Alat Peraga Berbasis Metode Montessori Pada Pembelajaran Matematika Materi Perkalian Kelas II MI Guppi At-Taqwa Kaliwader,” STAINU PURWOREJO: Jurnal As Sibyan Jurnal Kajian Kritis Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Dasar, vol. 4, no. 2, pp. 89–105, 2021, [Online]. Available: https://ejournal.stainupwr.ac.id/

M. Fauziah and A. Amaliyah, “Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Dakota terhadap Hasil Belajar Siswa,” Journal of Primary Education, vol. 1, no. 1, pp. 2–5, 2021.

T. Palupi, “Implementasi Penggunaan Alat Peraga Bola Kremes Sebagai Alternatif Meningkatkan Hasil Belajar Keterampilan Materi Guling Depan Dan Guling Belakang Senam Lantai Siswa Kelas VII E Semester Genap MTs Negeri 8 Kebumen Tahun Pelajaran 2019/2020,” Jurnal Cakrawala: Studi Manajemen Pendidikan Islam dan Studi Sosial, vol. 4, no. 1, pp. 188–201, 2020.

A. Ipmawan and Kharisma, “Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Gatotkaca Terbang Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar,” Jurnal ReviewPendidikan dan Pengajaran, vol. 3, no. 1, pp. 16–23, 2020.

Affiifi. Mayssara A. Abo Hassanin Supervised, “pengukuran tidak baku,” Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, pp. 9–30, 2014.

A. Arifuddin, S. Maufur, and F. Farida, “Pengaruh Penerapan Alat Peraga Puzzle dengan Menggunakan Metode Demonstrasi Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika di SD/MI,” Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, vol. 2, no. 1, p. 10, 2018, doi: 10.23887/jisd.v2i1.13721.

P. E. Juliana Jaya, “Implementasi Model Pembelajaran Menggunakan Alat Peraga Peta Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS,” EKUITAS: Jurnal Pendidikan Ekonomi, vol. 8, no. 1, pp. 62–70, 2020, [Online]. Available: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/EKU

M. Zaki and Nofriani, “Penggunaan Alat Peraga Blok Geser Pemfaktoran(Bloker) Melalui Scientifik Approach Dalam Implementasi Kurikulum 2013,” Journal of Basic EducationStudies, vol. 1, no. 1, pp. 8–14, 2018.

N. K. Tri Yunita Dewi, I. M. Sugiarta, and N. N. Parwati, “implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share(TPS) Berbantuan Alat Peraga untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa,” Journal of Education Action Research , vol. 5, no. 1, pp. 40–47, 2021.

S. Priyogo, “Implementasi Peraga Saripati Pada Pembelajaran Matematika Sistem Akar Pangkat Tiga,” Jurnal Mitra Pendidikan, vol. 1, no. 1, pp. 86–105, 2020.

S. Hayun and N. Mahmud, “Implementasi Model Pembelajaran STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Operasi Hitung Pecahan Pada Siswa Sekolah Dasar di Kabupaten Pulau Morotai,” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, vol. 5, no. 4, pp. 71–87, 2019.

N. Litia, “Implementasi Media Pembelajaran Autograph Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika,” FORDETAK: Seminar Nasional Pendidikan, pp. 73–82, 2022.

Downloads

Published

2022-09-07

How to Cite

[1]
M. C. Resqueta and N. Mutianingsih, “Implementasi Alat Peraga Abang Oleng Pada Pembelajaran Pengukuran Berat Tidak Baku di Jenjang Sekolah Dasar”, JaMES, vol. 5, no. 2, pp. 129–135, Sep. 2022.