Pelatihan Olimpiade Sains Nasional (OSN) Bidang Matematika untuk Siswa-Siswi SMA/MA di Kota Samarinda

Abstract View: 168, PDF Download: 118

Authors

  • Desi Febriani Putri Universitas Mulawarman
  • Fidia Deny Tisna Amijaya Universitas Mulawarman
  • Wasono Wasono Universitas Mulawarman
  • Indriasri Raming Universitas Mulawarman
  • Sri Wigantono Universitas Mulawarman
  • Syaripuddin Syaripuddin Universitas Mulawarman
  • Moh. Nurul Huda Universitas Mulawarman
  • Qonita Qurrota A’yun Universitas Mulawarman
  • Hardina Sandariria Universitas Mulawarman
  • Husna Novia Ramadhanty Universitas Mulawarman
  • Korompot Naufal Fahrezi Universitas Mulawarman
  • Rabbiatul Adawiyah Universitas Mulawarman
  • Dimas Raditya Sahputra Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.32665/jarcoms.v2i3.2239

Keywords:

Matematika, OSN, Samarinda, Mathematics

Abstract

Olimpiade Sains Nasional (OSN) adalah agenda tahunan yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi yang ditujukan kepada siswa-siswi tingkat SD/MI, SMP/MTs dan SMA/MA. OSN merupakan salah satu strategi untuk meningkatkan mutu pendidikan. Melalui kompetisi sains, siswa-siswi akan memiliki jiwa kompetitif sekaligus menumbuhkan karakter siswa yang jujur, disiplin, tekun dan kreatif. Hasil Olimpiade Sains Nasional (OSN) jenjang SMA/MA tingkat Kabupaten/Kota untuk bidang matematika mengalami penurunan sebanyak 50% dari tahun 2022 ke tahun 2023. Sedangkan untuk pemenang lomba, perwakilan Provinsi Kalimantan Timur tidak ada yang memperoleh medali baik itu emas, perak maupun perunggu. Untuk itu Prodi Matematika FMIPA Universitas Mulawarman memberikan kontribusi untuk memberikan pembinaan olimpiade terutama di bidang matematika. Harapannya peserta pembinaan OSN ini mempunyai persiapan yang lebih matang sebelum mengikuti proses seleksi di tingkat sekolah, kota/kabupaten, provinsi bahkan sampai nasional, sehingga mereka mampu bersaing dengan siswa-siswi dari luar Provinsi Kalimantan Timur. Peserta kegiatan pengabdian kepada masyarakat adalah siswa-siswi SMA/MA perwakilan sekolah yang ada di Kota Samarinda. Kota Samarinda dipilih karena pertimbangan kemudahan akses yang lebih dekat. Metode yang digunakan pada pelatihan ini adalah metode ceramah, tanya jawab, latihan soal dan diskusi. Sebelum pelatihan dimulai para peserta harus mengikuti pre-test terlebih dahulu dan diakhir pelatihan peserta juga mengikuti post-test. Data tes awal dengan rata-rata sebesar 30 dan data tes akhir dengan rata-rata sebesar 55 dianalisis menggunakan Shapiro Wilk dan uji beda rata-rata Wilcoxon. Hasilnya didapatkan nilai 4,81 x 10-5 < nilai alpha (α) 0,05. Artinya terdapat perbedaan rata-rata pada data pre-test dan data post-test. Nilai rata-rata data tes awal < rata-rata data tes akhir, sehingga dapat dikatakan tim pengabdian kepada masyarakat berhasil memberikan pengalaman dan pemahaman kepada peserta pelatihan Olimpiade Sains Nasional (OSN) Bidang Matematika untuk siswa-siswi SMA/MA di Kota Samarinda.

References

Amijaya, F. D.T, et. al. (2023). Pelatihan Pengerjaan Tes Kemampuan Akademik (TKA) Bidang Matematika untuk Siswa Kelas 12 SMA Kota Samarinda. Journal of Social Outreach, 2(1), 48-56.

Ansar, A. & Ekawati, D. (2022). Program Pembinaan Calon Peserta Kompetisi Matematika di SMA Negeri 1 Majene. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(2), 65-71.

Dewi, N. R. (2022). Pembinaan Olimpiade Matematika Bidang Kombinatorik Tingkat SMA di Jati Agung, Lampung Selatan. Journal of Social Outreach, 1(2), 51-56.

Elvi, M. et. al. (2020). Pelatihan OSN Matematika Melalui Soal Berbasis Critical Thinking Skill Bagi Siswa SMP Negeri 4 Tanjungpinang. DINAMISIA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(4), 649-654

Maulina, R., et al. (2022). Pelatihan Pengolahan Data menggunakan Minitab bagi Pegawai Fungsional Perencana. Rengganis Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 9-17.

Surat, M. I. et. al. (2023). Pembinaan dan Pelatihan Olimpiade Sains Nasional (OSN) Tingkat Kota Bidang Matematika Bagi Siswa SMA Negeri 7 Denpasar. Jurnal PKM. Widya Mahadi, 3(2), 39-47

Putra, S., Zulkarnain, dan Mu’tmara, K. (2020). Pelatihan Penggunaan Software Maple dalam Meningkatkan Pemahaman Materi OSN Teori Bilangan dan Aljabar Bagi Guru Matematika Tingkat SMA Se-Kabupaten Pelalawan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin, 3(2), 145-153

Pusat Prestasi Nasioanl, Sekretariat Jenderal, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. 2023. “Pedoman Olimpiade Sains Nasional Jenjang SMA/MA Tahun 2023. https://pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id/event/sains-dan-teknologi/sma/olimpiade-sains-nasional-2023-sma (diakses tanggal 8 Mei 2023)

Pusat Prestasi Nasioanl, Sekretariat Jenderal, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. 2023. Pemenang Peserta Lolos OSN Tingkat Kab/Kota Jenjang SMA/MA Tahun 2023. https://pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id/pengumuman/sma/pemenang-peserta-lolos-osn-tingkat-kabkota-jenjang-smama-tahun-2023-2023-sma (diakses tanggal 8 Mei 2023)

Downloads

Published

2023-09-30

How to Cite

Putri, D. F., Amijaya, F. D. T., Wasono, W., Raming, I., Wigantono, S., Syaripuddin, S., Huda, M. N., A’yun, Q. Q., Sandariria, H., Ramadhanty, H. N., Fahrezi, K. N., Adawiyah, R., & Sahputra, D. R. (2023). Pelatihan Olimpiade Sains Nasional (OSN) Bidang Matematika untuk Siswa-Siswi SMA/MA di Kota Samarinda. Journal of Research Applications in Community Service, 2(3), 71–78. https://doi.org/10.32665/jarcoms.v2i3.2239
Abstract View: 168, PDF Download: 118

Most read articles by the same author(s)