Pelatihan Latex untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Dokumen dan Soal Matematika Bagi Guru Tingkat SMA/MA Kota Samarinda

Abstract View: 114, PDF Download: 116

Authors

  • Hardina Sandariria Universitas Mulawarman
  • Syaripuddin Syaripuddin Universitas Mulawarman
  • Qonita Qurrota A’yun Universitas Mulawarman
  • Asmaidi Asmaidi Universitas Mulawarman
  • Moh. Nurul Huda Universitas Mulawarman
  • Fidia Deny Tisna Amijaya Universitas Mulawarman
  • Wasono Wasono Universitas Mulawarman
  • Sri Wigantono Universitas Mulawarman
  • Desi Febriani Putri Universitas Mulawarman
  • Indriasri Raming Universitas Mulawarman
  • Raka Putra Pridiptama Universitas Mulawarman
  • Taqriri Kamal Mulyadi Universitas Mulawarman
  • Itsar Manggiri Universitas Mulawarman
  • Wulandari Wulandari Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.32665/jarcoms.v3i1.2351

Keywords:

Training, software, latex, Samarinda, guru

Abstract

Teknologi memainkan peranan yang sangat penting dalam proses pembelajaran matematika. Hal ini disebabkan karena teknologi memberikan fasilitas yang dapat membantu guru dalam menulis dokumen dan soal Matematika yang memuat notasi matematika yang kompleks secara efektif dan efisien. Sebagian besar guru-guru Matematika SMA di Samarinda belum menggunakan perangkat lunak untuk mendukung mutu proses pembelajaran Matematika secara daring maupun luring. Oleh karena itu, dalam Pengabdian kepada Masyarakat ini dilakukan pelatihan penggunaan perangkat lunak LaTeX untuk meningkatkan kemampuan menulis bahan ajar dan penulisan soal matematika bagi guru-guru SMA khususnya yang tergabung dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Matematika SMA di Kota Samarinda. Metode pelatihan yang digunakan adalah tatap muka, ceramah, latihan, dan diskusi. Peserta pelatihan diberikan tes awal dan tes akhir untuk mengukur pemahaman peserta pelatihan terhadap kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini. Data tes awal dengan nilai rata-rata 42,17 dan data tes akhir dengan rata-rata 97,77 dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan uji beda rata-rata Wilcoxon. Hasil pengolahan data didapatkan nilai asymp. sig. (2-tailed) 0,000 < nilai alpha (α) 0,05. Berdasarkan hasil analisis uji beda rata-rata nilai tes awal dan tes akhir Pelatihan Perangkat Lunak LaTeX dapat ditarik kesimpulan bahwa terjadi kenaikan nilai rata-rata tes akhir pelatihan Perangkat Lunak LaTeX.

References

Amalia, C., Haryadi, Herman, M. Riduan, & Wulandari. (2022). Pelatihan Guru SMA Muhammadiyah 1 Palangkaraya dalam Pembuatan Formulir Ujian Online dengan Latex untuk Ekspresi dan Rumus Matematika. MARTABE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 752–760. https://doi.org/10.31604/jpm.v5i2.752-760

Ananda, R., Huda, M., Sukandar, R. S., Asminah, & Fipiariny. (2023). Pelatihan Pembuatan Grafik dan Diagram Menggunakan LaTeX Pada Overleaf. NGABDIMAS-Pengabdian Kepada Masyarakat, 06(02), 102–109. https://kampiun.ittelkom-pwt.ac.id/login/index.php.

Deny Tisna Amijaya, F., Nurul Huda, M., Qurrota, Q. A., Raming, I., Wigantono, S., Sandariria, H., Febriani Putri, D., Mangngiri, I., Kamal Mulyadi, T., & Novia, H. (2023). Pelatihan Pengerjaan Tes Kemampuan Akademik (TKA) Bidang Matematika untuk Siswa Kelas 12 SMA Kota Samarinda. Journal of Social Outsearch, 2(1).

Huda, M., Ananda, R., & Sukandar, R. S. (2023). Pelatihan Latex Menggunakan Overleaf dalam Upaya Kolaborasi ITT Purwikerto dengan Uniba Serang. Jurnal Abdimas Bina Bangsa, 4(2), 978–988. https://doi.org/10.46306/jabb.v4i2

Juniantari, I. G. A. S. (2017). Pentingnya Peningkatan Kompetensi Guru dalam Pencapaian Hasil Belajar Siswa. https://www.researchgate.net/publication/315099985

Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Tekonologi. (2023). Data Pokok Pendidikan. https://dapo.kemdikbud.go.id/sp/1/160000

Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Matematika SMA Samarinda. (2023, Mei 17). Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Matematika SMA Samarinda. https://mgmpmtksmasmd.wordpress.com/

Safniyeti. (2020). Pelatihan LaTeX dan Kahoot untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Dokumen dan Pembuatan Soal Matematika yang Menarik bagi Guru-Guru Tingkat SMA di Kabupaten Bogor. Dalam Jurnal Pusat Inovasi Masyarakat Januari (Vol. 2020, Nomor 1).

Sandariria, H., Syaripuddin, S., Gunardi, G., Effendie, A. R., Sifriyani, S., Dani, A. T. R., Wahyujati, M. F., Indarsih, I., Solikhatun, S., Isnaini, U., Wahyuni, S., Amijaya, F. D. T., A’yun, Q. Q., Putra, F. B., & Mulyadi, T. K. (2023). Peningkatan Kompetensi Guru MGMP Matematika SMA/MA Kota Samarinda dalam Pembelajaran Statistika Menggunakan Aplikasi RStudio Cloud. Journal of Research Applications in Community Service, 2(4), 129–137. https://doi.org/10.32665/jarcoms.v2i4.2439

Sikas, O. R., Luan, F., Kelen, Y. P. K., Liunokas, E., & Bano, E. N. (2023). Pelatihan Aplikasi Latex Bagi Guru-guru SMP Negeri 1 Insana, Kabupaten Timor Tengah Utara. Dedikasi Sains dan Teknologi Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 255–261. https://doi.org/10.47709/dst.v3i2.3203

Syaripuddin, S., A’yun, Q. Q., Indarsih, I., Solikhatun, S., Isnaini, U., Wahyuni, S., Amijaya, F. D. T., Sandariria, H., Gunardi, G., Effendie, A. R., Sifriyani, S., Dani, A. T. R., Wahyujati, M. F., Mulyadi, T. K., & Putra, F. B. (2023). Pelatihan Geogebra untuk Peningkatan Kompetensi Guru MGMP Matematika SMA/MA Kota Samarinda. Journal of Research Applications in Community Service, 2(4), 119–128. https://doi.org/10.32665/jarcoms.v2i4.2438

Yazici, B., & Yolacan, S. (2007). A Comparison of Various Tests of Normality. Journal of Statistical Computation and Simulation, 77(2), 175–183. https://doi.org/10.1080/10629360600678310

Downloads

Published

2024-03-31

How to Cite

Sandariria, H., Syaripuddin, S., A’yun, Q. Q., Asmaidi, A., Huda, M. N., Amijaya, F. D. T., Wasono, W., Wigantono, S., Putri, D. F., Raming, I., Pridiptama, R. P., Mulyadi, T. K., Manggiri, I., & Wulandari, W. (2024). Pelatihan Latex untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Dokumen dan Soal Matematika Bagi Guru Tingkat SMA/MA Kota Samarinda. Journal of Research Applications in Community Service, 3(1), 1–7. https://doi.org/10.32665/jarcoms.v3i1.2351
Abstract View: 114, PDF Download: 116

Most read articles by the same author(s)