Pengenalan Penggunaan Latex Beamer dalam Pembuatan Media Pembelajaran Bagi Guru-Guru Matematika SMA/MA di Samarinda

Abstract View: 23, PDF Download: 27

Authors

  • Andri Azmul Fauzi Universitas Mulawarman
  • Wasono Wasono Universitas Mulawarman
  • Asmaidi Asmaidi Universitas Mulawarman
  • Hardina Sandariria Universitas Mulawarman
  • Rinancy Tumilaar Universitas Mulawarman
  • Syaripuddin Syaripuddin Universitas Mulawarman
  • Qonita Qurrota A'yun Universitas Mulawarman
  • Fidia Deny Tisna Amijaya Universitas Mulawarman
  • Indriasri Raming Universitas Mulawarman
  • Desi Febriani Putri Universitas Mulawarman
  • Sri Wigantono Universitas Mulawarman
  • Rafika Husnia Munfaati Universitas Mulawarman
  • Dimas Raditya Sahputra Universitas Mulawarman
  • Aldy Fradana Mahaputra Cahyadi Universitas Mulawarman
  • Esse Aminah Universitas Mulawarman
  • Maria Alensia Deltin Dala Universitas Mulawarman
  • Annisa Amalia Putri Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.32665/jarcoms.v3i4.3488

Keywords:

LaTeX Beamer, Mathematics Teacher, Samarinda, Guru Matematika SMA

Abstract

Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk meningkatkan kemampuan guru-guru matematika SMA/MA Kota Samarinda melalui pengenalan penggunaan perangkat lunak LaTeX Beamer dalam pembuatan media pembelajaran berupa slide presentasi. Guru merupakan satu elemen penting yang mendukung terlaksananya proses belajar mengajar. Matematika adalah salah satu mata pelajaran yang dikategorikan sulit dan cukup rumit dalam penyampaiannya. Hal ini dikarenakan banyaknya rumus yang akan diinput saat pembuatan media ajar baik berupa slide presentasi maupun modul ajar, sehingga dibutuhkan perangkat lunak yang dapat memudahkan guru dalam pembuatan media ajar yang lebih menarik dan praktis. Beamer adalah salah satu document class dari LaTeX yang dapat digunakan untuk membuat presentasi dengan lebih mudah dan efisien. Namun, sebagian besar guru-guru Matematika SMA di Samarinda belum menggunakan perangkat lunak tersebut untuk mendukung proses pembelajaran. Oleh karena itu, dalam Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) ini dilakukan pelatihan penggunaan LaTeX Beamer untuk meningkatkan kemampuan membuat media ajar, slide presentasi bagi guru-guru SMA khususnya yang tergabung dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Matematika SMA di Kota Samarinda. Metode yang digunakan adalah ceramah, tatap muka, praktik langsung, dan diskusi. Setelah dilakukan pengabdian, peserta pengabdian semakin lebih memahami manfaat LaTeX Beamer ini, dan ke depannya bisa digunakan oleh mereka dalam membuat media pembelajaran.

References

Adler, P. A., Adler, P. (1987). Membership roles in field research(Vol. 6). Sage Publication.

Ardiana, D., Widyastuti, A., Susanti, S., Halim, N., Herlina, E., Nugroho, D. (2021). Metode pembelajaran guru. Yogyakarta: Yayasan Kita Peduli.

Arif,. M.A., Abdillah. (2018). Pengembangan modul belajar mandiri LaTeX beamer sebagai alternatif media presentasi mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika. JTAM: Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika. 2(2), 138--143.

Darmadi. (2017). Pengembangan model dan metode pembelajaran dalam dinamika belajar siswa. Yogyakarta : Deepublish

Datta, D. (2017). LaTeX in 24 hours. Cham: Springer.Van Dongen, M.C.R. (2012). LaTeX and friends. Berlin: Springer-Verlag.

Fauzi, A.A., Ridwan, L.M., Agustini, D., Hidayati, L., Inayati, R., Tumilaar, R., Satriyantara, R., Utama, A.E., Fauzi, M.H., Dewi, I.R., Ripai, Irawan, A., Irawan A., Rohmah, Z. (2024). Pelatihan aplikasi google drive sebagai media penyimpanan dan kolaborasi untuk siswa SMAN 1 Batulayar. Journal of Researc Application in Community Services, 3(2), 47-53.

Harefa, F.Y., Widiastuti. (2022). Penggunaan metode tanya jawab untuk membangun kreatifitas siswa pada pembelajaran jarak jauh. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(1), 593-599.

Juniantari, I. G. A. S. (2017). Pentingnya peningkatan kompetensi guru dalam pencapaian hasil belajar siswa. https://www.researchgate.net/publication/315099985.diakses tanggal 01 Mei 2024 Pukul 09.15 WITA.

Nurhaliza, Lestari, E.T., Irawani, F. (2021). Analisis metode ceramah dalam pembelajaran IPS terpadu kelas VII SMP Negeri 1 Selimbau Kabupaten Kapuas Hulu. Historica Didaktika: Jurnal Pendidikan Sejarah, Budaya Sosial, 1(2), 11-19.

Putri, A.R., Muzakki, M.A. (2019). Implementasi Kahoot sebagai media pembelajaran berbasis digital game based learning dalam menghadapi era revolusi industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional “Penguatan Muatan Lokal Bahasa Daerah sebagai Pondasi Pendidikan Karakter Generasi Milenial”, 218-223.

Safniyeti. (2020). Pelatihan LaTeX dan Kahoot untuk meningkatkan kemampuan menulis dokumen dan pembuatan soal matematika yang menarik bagi guru-guru tingkat SMA di Kabupaten Bogor. Jurnal Pusat Inovasi Masyarakat Januari, 2(1), 1-8.

Sandariria, H., Syaripuddin, A’yun, Q.Q., Asmaidi, Huda, M.N., Amijaya, F.D.T., Wasono, Wigantono, S., Putri, D.F., Raming, I., Pridiptama, R.P., Mulyadi, T.K., Manggiri, I., Wulandari. (2024). Pelatihan LaTeX untuk meningkatkan kemampuan menulis dokumen dan soal matematika bagi guru tingkat SMA/MA Kota Samarinda. Journal of Researc Application in Community Services, 3(1), 1-7.

Setiawan, Y.E., Ayuningtyas, T. (2023). Penerapan pelatihan berbasis praktik dan pelatihan berbasis teori terhadap minat peserta pelatihan. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 13(2), 127-134.

Supriyanto, R. (2019). Profil peran MGMP Matematika dalam pengembangan kompetensi pedagogik guru, motivasi dan karakter siswa SMP Negeri di Kota Cirebon. PEDIAMATIKA: Journal of Mathematical Science and Mathematics Education, 1(2), 37 – 46.

Downloads

Published

2024-12-28

How to Cite

Fauzi, A. A., Wasono, W., Asmaidi, A., Sandariria, H., Tumilaar, R., Syaripuddin, S., A’yun, Q. Q., Amijaya, F. D. T., Raming, I., Putri, D. F., Wigantono, S., Munfaati, R. H., Sahputra, D. R., Cahyadi, A. F. M., Aminah, E., Dala, M. A. D., & Putri, A. A. (2024). Pengenalan Penggunaan Latex Beamer dalam Pembuatan Media Pembelajaran Bagi Guru-Guru Matematika SMA/MA di Samarinda . Journal of Research Applications in Community Service, 3(4), 101–109. https://doi.org/10.32665/jarcoms.v3i4.3488
Abstract View: 23, PDF Download: 27

Most read articles by the same author(s)