Pengenalan Penggunaan Latex Beamer dalam Pembuatan Media Pembelajaran Bagi Guru-Guru Matematika SMA/MA di Samarinda
Abstract View: 23, PDF Download: 27DOI:
https://doi.org/10.32665/jarcoms.v3i4.3488Keywords:
LaTeX Beamer, Mathematics Teacher, Samarinda, Guru Matematika SMAAbstract
Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk meningkatkan kemampuan guru-guru matematika SMA/MA Kota Samarinda melalui pengenalan penggunaan perangkat lunak LaTeX Beamer dalam pembuatan media pembelajaran berupa slide presentasi. Guru merupakan satu elemen penting yang mendukung terlaksananya proses belajar mengajar. Matematika adalah salah satu mata pelajaran yang dikategorikan sulit dan cukup rumit dalam penyampaiannya. Hal ini dikarenakan banyaknya rumus yang akan diinput saat pembuatan media ajar baik berupa slide presentasi maupun modul ajar, sehingga dibutuhkan perangkat lunak yang dapat memudahkan guru dalam pembuatan media ajar yang lebih menarik dan praktis. Beamer adalah salah satu document class dari LaTeX yang dapat digunakan untuk membuat presentasi dengan lebih mudah dan efisien. Namun, sebagian besar guru-guru Matematika SMA di Samarinda belum menggunakan perangkat lunak tersebut untuk mendukung proses pembelajaran. Oleh karena itu, dalam Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) ini dilakukan pelatihan penggunaan LaTeX Beamer untuk meningkatkan kemampuan membuat media ajar, slide presentasi bagi guru-guru SMA khususnya yang tergabung dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Matematika SMA di Kota Samarinda. Metode yang digunakan adalah ceramah, tatap muka, praktik langsung, dan diskusi. Setelah dilakukan pengabdian, peserta pengabdian semakin lebih memahami manfaat LaTeX Beamer ini, dan ke depannya bisa digunakan oleh mereka dalam membuat media pembelajaran.
References
Adler, P. A., Adler, P. (1987). Membership roles in field research(Vol. 6). Sage Publication.
Ardiana, D., Widyastuti, A., Susanti, S., Halim, N., Herlina, E., Nugroho, D. (2021). Metode pembelajaran guru. Yogyakarta: Yayasan Kita Peduli.
Arif,. M.A., Abdillah. (2018). Pengembangan modul belajar mandiri LaTeX beamer sebagai alternatif media presentasi mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika. JTAM: Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika. 2(2), 138--143.
Darmadi. (2017). Pengembangan model dan metode pembelajaran dalam dinamika belajar siswa. Yogyakarta : Deepublish
Datta, D. (2017). LaTeX in 24 hours. Cham: Springer.Van Dongen, M.C.R. (2012). LaTeX and friends. Berlin: Springer-Verlag.
Fauzi, A.A., Ridwan, L.M., Agustini, D., Hidayati, L., Inayati, R., Tumilaar, R., Satriyantara, R., Utama, A.E., Fauzi, M.H., Dewi, I.R., Ripai, Irawan, A., Irawan A., Rohmah, Z. (2024). Pelatihan aplikasi google drive sebagai media penyimpanan dan kolaborasi untuk siswa SMAN 1 Batulayar. Journal of Researc Application in Community Services, 3(2), 47-53.
Harefa, F.Y., Widiastuti. (2022). Penggunaan metode tanya jawab untuk membangun kreatifitas siswa pada pembelajaran jarak jauh. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(1), 593-599.
Juniantari, I. G. A. S. (2017). Pentingnya peningkatan kompetensi guru dalam pencapaian hasil belajar siswa. https://www.researchgate.net/publication/315099985.diakses tanggal 01 Mei 2024 Pukul 09.15 WITA.
Nurhaliza, Lestari, E.T., Irawani, F. (2021). Analisis metode ceramah dalam pembelajaran IPS terpadu kelas VII SMP Negeri 1 Selimbau Kabupaten Kapuas Hulu. Historica Didaktika: Jurnal Pendidikan Sejarah, Budaya Sosial, 1(2), 11-19.
Putri, A.R., Muzakki, M.A. (2019). Implementasi Kahoot sebagai media pembelajaran berbasis digital game based learning dalam menghadapi era revolusi industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional “Penguatan Muatan Lokal Bahasa Daerah sebagai Pondasi Pendidikan Karakter Generasi Milenial”, 218-223.
Safniyeti. (2020). Pelatihan LaTeX dan Kahoot untuk meningkatkan kemampuan menulis dokumen dan pembuatan soal matematika yang menarik bagi guru-guru tingkat SMA di Kabupaten Bogor. Jurnal Pusat Inovasi Masyarakat Januari, 2(1), 1-8.
Sandariria, H., Syaripuddin, A’yun, Q.Q., Asmaidi, Huda, M.N., Amijaya, F.D.T., Wasono, Wigantono, S., Putri, D.F., Raming, I., Pridiptama, R.P., Mulyadi, T.K., Manggiri, I., Wulandari. (2024). Pelatihan LaTeX untuk meningkatkan kemampuan menulis dokumen dan soal matematika bagi guru tingkat SMA/MA Kota Samarinda. Journal of Researc Application in Community Services, 3(1), 1-7.
Setiawan, Y.E., Ayuningtyas, T. (2023). Penerapan pelatihan berbasis praktik dan pelatihan berbasis teori terhadap minat peserta pelatihan. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 13(2), 127-134.
Supriyanto, R. (2019). Profil peran MGMP Matematika dalam pengembangan kompetensi pedagogik guru, motivasi dan karakter siswa SMP Negeri di Kota Cirebon. PEDIAMATIKA: Journal of Mathematical Science and Mathematics Education, 1(2), 37 – 46.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Journal of Research Applications in Community Service
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan