Pelatihan Aplikasi Google Drive Sebagai Media Penyimpanan dan Kolaborasi Untuk Siswa SMAN 1 Batulayar
Abstract View: 113, PDF Download: 67DOI:
https://doi.org/10.32665/jarcoms.v3i2.2988Keywords:
google drive, SMAN 1 Batulayar, storage medium, media penyimpananAbstract
Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pelatihan penggunaan aplikasi google drive sebagai media penyimpanan pada kegiatan pembelajaran pada siswa-siswi SMAN 1 Batulayar Lombok Barat. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pemahaman kepada mereka tentang bagaimana cara penggunaan google drive sebagai media penyimpanan serta dapat memahami berbagai fitur-fitur yang ada pada aplikasi ini sehingga bisa dimanfaatkan pada kegiatan pembelajaran. Dengan menggunakan google drive, siswa dapat menyimpan file-file penting seperti tugas, makalah, presentasi, dan dokumen lainnya dengan aman di cloud. Selain itu, fitur kolaborasi dalam google drive memungkinkan siswa untuk bekerja sama secara real-time pada proyek kelompok atau berbagi dokumen dengan guru. Metode yang digunakan pada pelatihan ini adalah metode ceramah, tanya jawab dan simulasi. Dengan adanya pelatihan ini, mampu meningkatkan pemahaman siswa mengenai pentingnya aplikasi google drivesebagai media penyimpanan pada proses pembelajaran. Selain itu, dengan adanya pelatihan ini, memberikan pemahaman kepada para siswa tentang pentingnya menguasai teknologi pada zaman sekarang ini.
References
Adler, P. A., & Adler, P. (1987). Membership roles in field research (Vol. 6). Sage Publication.
Aidah, S. N., Indonesia, T. P. (2020). Cara Efektif Penerapan Metode dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: KBM Indonesia.
Ardiana, D., Widyastuti, A., Susanti, S., Halim, N., Herlina, E., Nugroho, D. (2021). Metode Pembelajaran Guru. Yogyakarta: Yayasan Kita Peduli.
Echols, J.M., Shadily, H. (2014). Kamus Inggris Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Indonesia.
Fauzi, A.A., Ridwan, L.M., Inayati, R., Asmadi, Tumilaar, R. (2023). Pelatihan Penggunaan Internet Aman dan Penangkalan Berita Hoax pada Pengrajin Anyaman Bambu di Desa Loyok. Journal of Research Applications in Community Services (Jarcoms), 2(4), 139-143.
Lian, Bukman. (2019). Tanggung Jawab Tridharma Perguruan Menjawab Kebutuhan Masyarakat. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang: 100-106. Palembang, 3 Mei 2019: Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.
Manongga, Anisa. (2021). Pentingnya Teknologi Informasi dalam Mendukung Proses Belajar Mengajar di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar. Merdeka Belajar dalam Menyambut Era Masyarakat 5.0:1-7. Gorontalo, 25 November 2021: Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo.
Nurhaliza, Lestari, E.T., Irawani, F. (2021). Analisis Metode Ceramah dalam Pembelajaran IPS Terpadu Kelas VII SMP Negeri 1 Selimbau Kabupaten Kapuas Hulu. Historica Didaktika: Jurnal Pendidikan Sejarah, Budaya Sosial, 1(2), 11-19.
Parsaorantua, P.H., Pasoreh, Y., Rondonuwu, S.,A. (2017). Implementasi Teknologi Informasi dan Komunikasi (Studi Tentang Web E-Government di Kominfo Kota Manado). E-Journal “Acta Diurna”, 4(3), 1-14.
Salsabila, U.H., Patih, N.B.M., Nabil, S.M., Arrashid, M.R., & Sari, R. (2023). Optimasi Google Drive Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Wahana Pendidikan, 10(1), 117-128.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Journal of Research Applications in Community Service
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan