Pelatihan Penggunaan Internet Aman dan Penangkalan Berita Hoax Pada Pengrajin Anyaman Bambu di Desa Loyok

Abstract View: 66, PDF Download: 53

Authors

  • Andri Azmul Fauzi Universitas Mulawarman
  • Lalu Muhammad Ridwan Universitas Nahdlatul Wathan
  • Rizqa Inayati Universitas Bumigora
  • Asmaidi Asmaidi Universitas Mulawarman
  • Rinancy Tumilaar Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.32665/jarcoms.v2i4.2452

Keywords:

Loyok village, internet use, training, hoax, craftsman, pelatihan, Desa Loyok, penggunaan internet, pengrajin

Abstract

Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pelatihan dan edukasi tentang pentingnya penggunaan internet yang aman dan mencegah penyebaran berita hoax pada pengrajin anyaman bambu di Desa Loyok. Pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan kesadaran pengrajin anyaman bambu tentang pentingnya penggunaan internet yang aman dan penangkalan terhadap berita hoax sehingga mereka dapat menggunakan teknologi informasi secara bijak dan mendukung kemajuan pedesaan mereka. Setelah mengikuti kegiatan pelatihan ini, pengrajin anyaman bambu memiliki pemahaman yang lebih baik tentang pentingnya penggunaan internet yang aman, seperti menggunakan password yang kuat, tidak membuka email atau tautan yang mencurigakan, serta memperbarui perangkat lunak yang digunakan secara teratur. Kegiatan ini juga membantu meningkatkan kesadaran pengrajin anyaman bambu tentang bahaya berita hoax dan pentingnya memeriksa kebenaran informasi sebelum menyebarkannya. Mereka diajarkan cara memilah informasi dan mengidentifikasi berita hoax, serta pentingnya memeriksa sumber informasi yang dapat dipercaya.

References

Adler, P. A., & Adler, P. (1987). Membership roles in field research (Vol. 6). Sage Publication.

Astuti, A. P., & Rps, A. N. (2018). Teknologi komunikasi dan perilaku remaja. Jurnal Analisa Sosiologi, 3(1), 91-111.

Nurizzati, Y. (2018). Dampak Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi terhadap Perilaku Sosial Siswa di MAN 2 Kuningan. Edueksos Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 7(2).

Puntadheva, S. A., Kusumaningsih, R. Y. R., & Triyono, J. (2022). Perancangan Keamanan Jaringan Komputer Menggunakan Firewall Intrusion Detection System (IDS) Terhadap Serangan Brute Force dan Implementasi Arp List. Jurnal Jarkom, 10(2), 32-37.

Rahadi, D. R. (2017). Perilaku pengguna dan informasi hoax di media sosial. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 5(1), 58-70.

Rahmadhany, A., Safitri, A. A., & Irwansyah, I. (2021). Fenomena penyebaran hoax dan hate speech pada media sosial. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 3(1), 30-43.

Setiawan, D. (2018). Dampak perkembangan teknologi informasi dan komunikasi terhadap budaya. Jurnal Simbolika Research and Learning in Communication Study, 4(1), 62-72.

Downloads

Published

2023-12-30

How to Cite

Fauzi, A. A., Ridwan, L. M., Inayati, R., Asmaidi, A., & Tumilaar, R. (2023). Pelatihan Penggunaan Internet Aman dan Penangkalan Berita Hoax Pada Pengrajin Anyaman Bambu di Desa Loyok. Journal of Research Applications in Community Service, 2(4), 139–143. https://doi.org/10.32665/jarcoms.v2i4.2452
Abstract View: 66, PDF Download: 53

Most read articles by the same author(s)