Pemberdayaan Literasi, Numerasi, dan Wawasan Kebangsaan Melalui KKN di Kampung Sungai Mulia, Kuala Lumpur

Abstract View: 0, PDF Download: 0

Authors

  • Ainu Zuhriyah Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri
  • Nanin Verina Widya Putri Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri
  • Malihatun Nayyiroh Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri

DOI:

https://doi.org/10.32665/jarcoms.v4i1.4202

Keywords:

KKN internasional, literasi, numerasi, wawasan kebangsaan, literacy, numeracy, national insight

Abstract

Pada kegiatan KKN internasional, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri (UNUGIRI) Bojonegoro tahun 2025 mengusung tema "Memperluas Cakrawala dan Menjalin Kemitraan untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan Global". Kegiatan ini dilaksanakan di 4 tempat salah satumya di Kampung Sungai Mulia, Gombak, Kuala Lumpur, selama 25 hari, mulai 16 Januari hingga 10 Februari 2025. Kegiatan ini berfokus pada tiga aspek utama, yaitu literasi, numerasi, dan wawasan kebangsaan, yang diimplementasikan melalui berbagai program di Sanggar Bimbingan Sungai Mulia (SB Sungai Mulia). Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan minat baca pada anak-anak, peningkatan pemahaman matematika, serta penguatan wawasan kebangsaan mengenai Indonesia. Partisipasi aktif 175 anak dalam program ini menunjukkan bahwa metode pembelajaran yang interaktif dan berbasis budaya dapat memberikan dampak positif terhadap pendidikan anak-anak di lingkungan multikultural.

References

Anjani, M., Yulianie, P., Karliani, E., Triyani, T., & Cionita, T. (2025). Identitas Nasional Anak Pekerja Migran Di Sb Ppwni Klang Selangor, Malaysia, Indonesia, Bugis? SOCIAL: Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 5(1), 52–61.

Anjarwati, L., Pratiwi, D. R., & Rizaldy, D. R. (2022). Implementasi Literasi Digital dalam Upaya Menguatkan Pendidikan Karakter Siswa. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 3(2), 87–92.

Bruner, J. (1966). Learning About Learning, A Conference Report. ERIC.

Chandrawaty, Y. (2020). Penegakan Hukum Dan Tanggung Jawab Negara Terhadap Perempuan Korban Human Trafficking Sebagai Wujud Perlindungan Hak Asasi Manusia. Jurnal Legislasi Indonesia, 17(4), 465–470.

Divana, I. G. A., Azkiana, Z., Sukma, S. N., Martha, A. F., Fiqli, F. N., Nurhidayanti, R., Nugroho, M. D. A., Martak, S. C., Ananingati, R. M., & Farh, F. M. (2024). Penguatan Identitas Nasional Anak Pekerja Migran Indonesia Di Malaysia Melalui Pembelajaran Budaya Dan Patriotisme. Jurnal Pengabdian Kolaborasi Dan Inovasi IPTEKS, 2(6), 1669–1675.

Johnson, C. I., & Mayer, R. E. (2009). A testing effect with multimedia learning. Journal of Educational Psychology, 101(3), 621.

Krashen, S. D. (2004). The power of reading: Insights from the research. Bloomsbury Publishing USA.

Latifatunnisa, A., & Kurniawan, A. (2024). Comparison Between Gasing and Conventional Methods on Mathematics Learning Outcomes in Elementary School. EL Midad : Jurnal Jurusan PGMI, 16(1), 91–108.

Mahardhani, A. J., Prayitno, H. J., Huda, M., Fauziati, E., Aisah, N., & Prasetiyo, A. D. (2021). Pemberdayaan siswa SD dalam literasi membaca melalui media bergambar di Magetan. Buletin KKN Pendidikan, 3(1), 11–22.

Pisa, O. (2019). Results (Volume I): What students know and can do. Organization for Economic Cooperation and Development (OECD): Paris, France.

Prahastiwi, L., Barriyah, I. Q., & Wibawa, S. (2024). Pengembangan Media Komik Keragaman Budaya Berbasis Canva Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Sikap Nasionalisme Siswa Sd. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(03), 1–12.

Sanna, M. O., Asdam, M., & Lutfin, N. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran Interaktif Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Tematik Kelas V Sdn 290 Inpres Kasisi’kabupaten Tana Toraja. EMBRIO PENDIDIKAN: JURNAL PENDIDIKAN DASAR, 8(1), 71–85.

Satriani, N. (2024). Pengaruh Metode Pembelajaran Matematika Gasing Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas IV Di SD Negeri 54 Banda Aceh. UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

Sodikin, S., Santoso, G., Permata, D., Guntur, M., & Juryati, J. (2024). Peningkatan Pemahaman Nilai Tempat pada Siswa Kelas 3 Melalui Pendekatan Pembelajaran Matematika Interaktif. Jurnal Pendidikan Transformatif (JPT), 3(01), 35–52.

Wardani, A. K. (2021). Nilai-Nilai Budi Pekerti dalam Film Jembatan Pensil serta Relevansinya dengan Pendidikan Karakter Anak Usia Sekolah Dasar. IAIN Ponorogo.

Downloads

Published

2025-05-17

How to Cite

Zuhriyah, A., Putri, N. V. W., & Nayyiroh, M. (2025). Pemberdayaan Literasi, Numerasi, dan Wawasan Kebangsaan Melalui KKN di Kampung Sungai Mulia, Kuala Lumpur. Journal of Research Applications in Community Service, 4(1), 19–25. https://doi.org/10.32665/jarcoms.v4i1.4202
Abstract View: 0, PDF Download: 0