PENGARUH TATA KELOLA POJOK BACA SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MINAT BACA ANAK USIA 5-6 TAHUN
Abstract View: 307, pdf Download: 255DOI:
https://doi.org/10.32665/abata.v3i2.2204Keywords:
Tata Kelola, Pojok Baca, Minat BacaAbstract
Pojok baca merupakan sebuah sudut baca di kelas yang di lengkapi dengan koleksi bahan bacaan yang ditata semenarik mungkin guna untuk menumbuhkan minat baca siswa. Ra Al Falah sudah mempunyai pojok baca tetapi dari segi penataan buku, meja dan rak buku belum menarik minat baca anak. Maka dari pemaparan masalah tersebut peneliti tertarik untuk mengkaji lebih lanjut ke dalam bentuk penelitian ilmiah.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre Experimental dengan desain One Group Pretest-Protest Design dengan jumlah sampel 22 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Berdasarkan penelitian yang digunakan, didapatkan hasil sebagai berikut: (1) Hasil observasi pengajar dalam kategori sangat baik dengan nilai presentase 80%. Sedangkan pada observasi minat baca siswa termasuk dalam kategori sangat baik dengan mempeoleh nilai presentase 100%. (2) Terdapat pengaruh tata kelola pojok baca sesudah diterapkan tata kelola terhadap minat baca anak usia 5-6 di RA AL Falah Sugihwaras Kecamatan Parengan Kabupaten Tuban. Hasil simpulan tersebut berdasarkan hasil pengujian hipotesis yang mengatakan nilai alpha 0,05 lebih besar dari nilai sig 0.000.
References
Amini, Mukti, ‘Hakikat Anak Usia Dini’, Perkembangan Dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini, 2019, 65
Aslamiah, Diani Ayu Pratiwi, and Akhmad Riandy Agusta, Pengelolaan Kelas, ed. by Ahmad Suriansyah, Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1st edn (Depok: PT Rajagrafindo Persada, 2022), VI
Dafit, Febrina, Dea Mustika, and Ningrum Melihayatri, ‘Pengaruh Program Pojok Literasi Terhadap Minat Baca Mahasiswa’, Jurnal Basicedu, 4 (2020), 117–30
Dwi Sunar Prasetyono. (2008). Rahasia Mengajarkan Gemar Membaca pada Anak Sejak Dini. Yogyakarta: Diva Press.
Farrahatni, Fini, Muhammad Fahri, and Ikhwan Hamdani, ‘Upaya Guru Dalam Pemanfaatan Pojok Baca Untuk Menumbuhkan Minat Baca Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas IV SD N Semanan 04 Pagi’, 6 (2022), 10242–49
Fitriani, A, ‘Pengaruh Media Gambar Terhadap Minat Baca Anak Usia Dini Di Tk Insan Cemerlang Manuruki Makassar’, 2019
Hidayat, Heri, and Oktaviah Amaliah, ‘Estetika Pojok Baca Ruang Kelas Anak Usia Dini’, Journal Ashil: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2 (2022), 23–37
Husein Umar, metodologi Penelitian..., h.72
Lestari, Siti, Meningkatkan Minat Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Pohon Literasi Di TK Islam Terpadu Bina Amal Semarang, 2020
Makbul, M, ‘Metode Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian’, 2021
Mijiatun Sri Hartyatni, “Membangun Budaya melalui Pengelolaan Media Sudut Baca Kelas Dengan “12345”, dalam Jurnal Pemikiran dan Pengembangan SD Jawa Timur, Vol 6, No. 1 April 2018, h. 3
Nur Hayati, “Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Minat Baca buku referensi mata pelajaran Sosiologi”, Skripsi, Fakultas Ilmu Sosial, UNS, 2009, h.15
Olivia & Ariani, Bagaimana Meningkatkan Kemampuan Membaca. CV. Sinar Baru:Bandung 2009 hlm. xii
Pujiyanti Pujiyanti, ‘Upaya Pengembangan Minat Baca Siswa Melalui Pojok Baca Kelas I Madrasah Ibtidaiyah Istoqomah Sambas Purbalingga’ (UIN Prof. KH Saifuddin Zuhri, 2022).
Putri, R. A. I., Widayati, S., Reza, M., & Masudah, M. (2023). Efektifitas Penggunaan Media Cermin Ekspresi Untuk Meningkatkan Percaya Diri Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Abata : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1), 1–19.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Abata : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.