PENGARUH MEDIA COUNTING CATERPILLAR TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN PADA ANAK USIA DINI
Abstract View: 39, pdf Download: 52DOI:
https://doi.org/10.32665/abata.v4i2.3308Keywords:
Media couting caterpillar;, Konsep bilangan;, Anak usia diniAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh media counting caterpillar terhadap kemampuan kognitif mengenal konsep bilangan anak usia dini di Kober Miftahussa’adah Kecamatan Cijambe Kabupaten Subang. Masalah yang dihadapi adalah kemampuan anak dalam mengenal konsep bilangan seperti mengenal lambang bilangan sebatas hafalan, anak masih keliru dalam menyebutkan dan mengurutkan lambang bilangan, dan anak masih keliru dalam menghubungkan lambang bilangan pada bentuk yang konkret. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian pretest posttest one group dengan subjek penelitian berjumlah 14 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan kognitif mengenal konsep bilangan anak usia dini menggunakan media counting caterpillar pada kelompok A memperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 58 meningkat menjadi 72. Pengujian hipotesis menunjukan terdapat perbedaan signifikan antara pretest dan posttest. Temuan ini mengindikasikan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media counting caterpillar terhadap kemampuan kognitif mengenal konsep bilangan anak usia dini.
References
rsyad, A. (2011). Media pembelajaran. Jakarta: PT Raja grafindo persada.
Charner, K. (2012). Brain Power Aktivitas Tematik untuk Anak. Erlangga.
Charner, K. (2012). Buku Pintar PAUD Belajar Angka. Jakarta:Erlangga
Hidayah, N., & Wijaya, I. P. (2023). Penggunaan Media Number Blocks Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Pada Anak Usia 4-5 Tahun Tk It Al Aqsha. Abata: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1), 39–47.
Joyce, B., & Calhoun, E. (2009). Three sides of teaching: styles, models, and diversity. In International handbook of research on teachers and teaching (pp. 645–652). Springer.
Kartini, K., & Sujarwo, S. (2014). Penggunaan media pembelajaran plastisin untuk meningkatkan kreativitas anak usia. JPPM (Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat), 1(2), 199–208.
Patmonodewo, S. (2003). Pendidikan anak usia prasekolah. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.
Piaget, J. (2002). Tingkat Perkembangan Kognitif. Gramedia.
Putri, Y. P. (2017). Efektivitas Permainan Ulat Angka Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan 1 Sampai 10 Bagi Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 6(1).
Ramaini, R. (2012). Peningkatan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Melalui Permainan Tabung Pintar Di Tk Negeri Pembina Lubuk Basung. Jurnal Ilmiah Pesona PAUD, 1(3).
Sianipar, A., Yuslia, M. O. F., Nursihab, M., Jannah, M., & Widjayatri, R. D. (2022). Efektivitas Ape Maze Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. Abata: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 210–223.
Susanto. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini: pengantar dalam berbagai aspeknya. Kencana.
Ulfa, F. M. (2016). Mengembangkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan 1-10 Menggunakan Media Ulat Angka Melalui Metode Bermain Pada Anak Kelompok A TK Dharma Wanita I Kecamatan Ringinrejo Kabupaten Kediri. Universitas Nusantara PGRI Mandiri.
Winarji, B. (2016). Pendidikan dan pelatihan teknis kegiatan belajar mengajar bagi pamong belajar: modul 04-pemanfaatan media pembelajaran.
Yulistiana, R. (2017). Upaya Pengembangan Kemampuan Mengenal Angka 1-10 pada Anak di Taman Kanak-kanak Kesuma Tanjung Karang Barat Bandar Lampung. (Doctoral Dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Abata : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.