Bimbingan Belajar Bahasa Inggris Bagi Anak Sekolah Dasar Desa Kunci

Authors

  • iin widya Lestari Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri
  • Khoirotus Silfiyah Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri

Keywords:

Bimbingan Belajar Bahasa Inggris, Desa kunci

Abstract

 Penguasaan Bahasa Inggris sejak dini merupakan hal penting dalam proses pengembangan kemampuan berbahasa khususnya dalam memahami bahasa Inggris sebagai bahasa internasional. Minimnya sarana dan wadah Belajar serta kurang maksimalnya proses pembelajaran Bahasa Inggris pada siswa sekolah Dasar di Desa Kunci Kecamatan Dander, Kabupaten Bojonegoro. Berdasarkan masalah tersebut, program pengabdian  masyarakat dengan mengusung program bimbingan belajar Bahasa Inggris untuk siswa sekolah dasar dilaksanakan  di Desa Kunci  Tujuan dari kegiatan ini ialah sebagai wujud pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam aspek Pendidikan, khususnya pada penguasaan Bahasa Inggris. Program ini dilaksanakan dengan metode tutoring yakni tutor yang memberikan pembelajaran dan pengajaran berbasis fun learning yang dirancang untuk siswa sekolah dasar. Hasil dari program ini ialah siswa sekolah dasar terbantu dalam pembelajaran Bahasa inggris yang sebelumnya mereka mengalami kendala. Kesimpulannya ialah program pengabdian yang berfokus pada aspek Pendidikan dengan sasaran siswa sekolah dasar dilaksanakan dengan metode tutoring kepada siswa dan hal ini memberikan dampak yang positif dalam peningkatan penguasaan Bahasa global di desa Kunci, Kecamatan Dander Kabupaten Bojonegoro.

References

Fransischa, A., & Syafei, A. F. (2016). Using Song to Teach English to Young Learners. Journal of English Language Teaching, 5(1), 252–258.

Kamlasi, I. (2019). Bimbingan Belajar Bahasa Inggris bagi Anak-anak Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(Februari), 260–267.

Millington, N. T. (2011). Using Songs Effectively to Teach English to Young Learners. Language Education in Asia, 2(1), 134–141.

Sipayung, R. W., Silalahi, T., Matondang, M. K. D., Purba, B., Inggris, B., & Course, W. P. (2021). Pelatihan Bahasa Inggris Bagi Anak – Anak Sekolah. 2(2), 298–300.

Subekti, A. S., & Rumanti, M. R. (2020). Pelatihan Bahasa Inggris untuk Guru Sekolah Dasar di Yogyakarta di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(4): 1077-1086

Downloads

Published

2022-11-30