Peningkatan Ekonomi Masyarakat Desa Cengungklung Kecamatan Gayam

Authors

  • Astrid Chandra Sari Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri
  • Abdul Basith Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri
  • Else Husnun Ni’aza Else Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri

Keywords:

Kreativitas Tim KKN, Ekonomi, Sinom, Desa Cengungklung

Abstract

Penelitian ini diakukan berdasarkan kondisi Masyarakat Desa Cengungklung yang mayoritas petani. Sumber daya alam yang melimpah seyogyanya dilihat secara mendalam sehingga pemanfaatannya bisa sangat optimal, salah satu sumber daya alam yang memiliki potensi yaitu Kunyit, dapat diolah menjadi minuman yang kaya akan manfaat dan membantu menambah imunitas tubuh, dengan dicampur dengan Aneka Rasa bisa diubah menjadi minumam Sinom. Latar belakang penelitian ekonomi masyarakat desa Cengungklung yang mayoritas petani kesulitan untuk meningkatkan hasil pertanian akibat daerah dataran rendah yang sering terdampak banjir. Dengan adanya usaha sinom kunyit sebagai bahan baku sinom diharapkan perekonomian desa Cengungklung dapat meningkat. Metode penelitian yang dipakai dalam kegiatan ini adalah pelatihan dan pendampingan terhadap usaha sinom oleh Tim KKN Gayam 1 UNU Sunan Giri. Konsep pelatihan dilakukan dalam kegiatan Tim KKN ini memiliki beberapa target luaran. Hasil penelitian ini adalah masyarakat memiliki keterampilan memproduksi sinom yang pada akhirnya akan di miliki masyarakat desa Cengungklung.

References

Adisasmito, R. (2006). Membangun Desa Partisipatif. Graham Ilmu.

Hidayah, I. (2010). Analisis Prioritas Komoditas Unggulan Perkebunan Daerah Kabupaten Buru. AGRIKA, 4(1).

Mabruroh, C. dan. (2008). Identifikasi Produk Unggulan Berbasis Ekonomi Lokal untuk Meningkatkan Para Era Otda. Berkala Ilmiah Efisiensi, 14(3).

Pantaw, S. Palar, S. dan Wauran, P. (2015). Analisis Potensi Unggulan dan Daya Saing Sub Sektor Pertanian di Kabupaten Minahasa. Berkala Ilmiah Efisiensi, 15(4).

Downloads

Published

2022-11-30