Pendampingan Belajar Matematika di SMP Negeri 36 Kerinci pada Materi (SLDV) Sistem Persamaan Linier Dua Variabel

Mathematics Learning Assistance At SMP NEGERI 36 KERINCI in the Matetial (SLDV) System of Linear Equations of Two Variables

Abstract View: 109, PDF Download: 87

Authors

  • Rosi Nopela Institut Agama Islam Negeri Kerinci
  • Aan Putra universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri

DOI:

https://doi.org/10.32665/padimas.v2i1.1318

Keywords:

Konsep, Pembelajaran, Matematika, SLDV

Abstract

Matematika merupakan ilmu dasar dari berbagai bidang ilmu pengetahuan banyak ditemui dalam kehidupan. Matematika berperan penting dalam mengasah pola pikir dan daya nalar .oleh karena itu matematika harus diajarkan dan disukai oleh anak sejak dini, mulai tingkat sekolah dasar sampai perguruan tinggi .pembelajaran matematika diindonesia belum terlasana dengan baik.salah satu paktor penyebabnya adalah adanya kesalahan konsep.berdasarkan uraian tersebut maka dilakukan kegiatan pendampingan pembelajaran matematika. Kegiatan pendampingan dilakukan di SMP Negeri 36 kerinci denagan sasaran siswa. Beberapa kesalahan konsep yang ditemui dan dibenahi ketika pendampingan adalah penambahan negatif ( - ) dan positif (+) dan menganalisis soal cerita. Dari kegiatan pendampingan diketahui bahwa salah satu penyebab terjadinya kesalahan konsep adalah kareana kurangnya  perhatian khusus guru terhadap siswa dan kurangnya pemahaman konsep dasar  matematika siswa.kegiatan pengabdian dengan tema pendampingan belajar matematika ini mendapat respon positif dari bapak/ibuk guru dan siswa.     

References

Muhmudah,w.,Nisa,R.,Triyana, l. W.,&Nalurita, l. V . (2022). Pendampingan matematika di UPT SDN 36 Gresik.Jurnal Pengabdian untuk Mu NegeRI Vol.6

El Fiah, R.,& Purbaya, A. P. (2016). Penerapan Bimbingan Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peresta Didik di SMP Negeri 12 Kota Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2015/2016. KONSELI :Jurnal Bimbingan dan Konseling (E- Journal,3(2), 171- 184.

Rahmawati, N. K., Maruf, A. H., Ahmad, A., & Nurimani, N. (2022). PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN DAN PEMBERIAN MOTIVASI DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR BAGI ANAK-ANAK DI PKBM. Journal of Social Outreach, 1(1), 43-52.

Hasanah, U., & Haryadi, H. (2022). Pendampingan Mahasiswa dalam Berpikir Secara Komputasi (Computational Thinking). Abdinesia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 7-14.

Chamisijatin, L., Pantiwati, Y., & Zaenab, S. (2022). Pendampingan Peningkatan Mutu Satuan Pendidikan Melalui Penyusunan Tiga Instrumen Utama Di SMP Muhammadiyah 02 Kota Batu. Sasambo: Jurnal Abdimas (Journal of Community Service), 4(2), 249-260.

Izzah, A. N. R., & Mahardhani, A. J. (2022). PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN EFEKTIF DI SDN 45 GRESIK. Journal of Social Outreach, 1(1), 82-90.

Runisah, R., Nandang, N., & Ismunandar, D. (2022). Pendampingan Belajar Bangun Datar Melalui Media Tangram 7. Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pendidikan MIPA, 6(1), 57-62.

Santoso, S., Indriyani, D., & Janna, H. (2022). PENINGKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDAMPINGAN BAGI PESERTA DIDIK SDN 2 SUMBERKOLAK. MIMBAR INTEGRITAS: Jurnal Pengabdian, 1(1), 76-84.

Downloads

Published

2023-06-30
Abstract View: 109, PDF Download: 87