Pendampingan Pelaporan SPT Melalui E-Form Pada UMKM "Astrid Catering"

Assistance in SPT Reporting Through E-Form at UMKM “Astrid Catering”

Abstract View: 91, PDF Download: 56

Authors

  • Eria Listia Putri Universitas Mercu Buana Yogyakarta
  • Nugraeni Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Keywords:

Perpajakan, Pendampingan UMKM, e-form, , SPT,, Digitalisasi

Abstract

Tingkat pengetahuan perpajakan para pelaku UMKM yang masih rendah membuat sebagian besar pelaku UMKM terkendala dalam memenuhi kewajiban perpajakannya. Padahal UMKM memegang peran yang penting dalam pertumbuhan perekonomian di Indonesia. Seiring berkembangnya zaman, sistem dalam membayar dan melaporkan pajak juga semakin berkembang dan mudah menggunakan teknologi yang semakin berkembang, atau yang biasa disebut dengan digitalisasi. Digitalisasi dalam perpajakan diharapkan dapat meningkatkan partisipasi wajib pajak dalam memenuhi kewajiban perpajakannya. Namun, realitanya pengetahuan mengenai digitalisasi juga masih terbatas. Berdasarkan permasalahan tersebut, tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk meningkatkan wawasan mengenai perpajakan sektor UMKM dan cara melaporkan SPT secara semi online melalui e-form. Metode yang digunakan yaitu ceramah dengan memberikan pemahaman tentang pelaporan SPT dan pendampingan secara langsung dalam mengisi SPT. Hasil dari kegiatan ini adalah Astrid Catering dapat mengisi SPT melalui e-form dengan mandiri.

References

Amir Hidayatulloh, R. N. (2019). Peningkatan Akuntabilitas Keuangan Kelompok UMKM 'Aisyah Bantul Melalui Pelatihan Pembukuan dan Perpajakan. Seminar Nasional Hasil Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan (pp. 682-683). Yogyakarta: uad.ac.id.

Andriani, A. R. (2022). Pengaruh Pengetahuan dan Digitalisasi Perpajakan Terhadap Voluntary Tax Compliance di Mediasi Kepercayaan pada Industri Kecil Menengah Jawa Timur. Fair Value : Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan, 4(11), 5084-5086.

DJP. (2023). Pelaporan SPT Tahunan Pajak Penghasilan. Retrieved from https://www.pajak.go.id/id/pelaporan-spt-tahunan-pajak-penghasilan-0

DJPB Kemenkeu RI. (2022). Ayo Kenali Pajak bagi pelaku UMKM. Retrieved from https://pip.kemenkeu.go.id/berita/49/ayo-kenali-pajak-bagi-pelaku-umkm

Kemenko Perekonomian. (2022). Perkembangan UMKM sebagai Critical Engine Perekonomian Nasional Terus Mendapatkan Dukungan Pemerintah. Retrieved from https://www.ekon.go.id/publikasi/detail/4593/perkembangan-umkm-sebagai-critical-engine-perekonomian-nasional-terus-mendapatkan-dukungan-pemerintah

Klikpajak. (2023). Perbedaan Aplikasi e-Filing dan e-Form untuk Lapor SPT. Retrieved from https://klikpajak.id/blog/perbedaan-aplikasi-e-filing-dan-e-form/

Nugraeni, I. S. (2021). PKM Batik Jumputan Mawar Jaya Melalui Pemberdayaan Masyarakat Desa Wisma di Dusun Kunden Kelurahan Jogotirto. Adi Widya : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1).

Nugraeni, S. B. (2023). Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan Menggunakan Aplikasi Akuntansi UKM Pada UMKM Toko Bahan Kerajinan di Desa Tulungrejo. Karya : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 224-227.

Putri, E. L. (2022). Penggunaan Google Classrom sebagai Pengoptimalisasi Belajar Mengajar. Cendekia : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 88-96.

Riyanto Wujarso, S. &. (2020). Pengaruh Pengetahuan Perpajakan dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak UMKM di Jakarta. Jurnal STEI Ekonomi, 29(2), 44-45.

Subhan, R. S. (2022). Pemanfaatan Digitalisasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Pelaporan Perpajakan Bagi Pengrajin Batik di Kabupaten Pamekasan. Indonesia Berdaya, 3(4), 1022-1023.

Susilawati, N. d. (2020). Pelatihan Pembukuan Kelompok Wanita Tani (KWT) Karya Bunda. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 74-75.

Tax Center UNSIKA. (2021). Mengenal SPT Tahunan PPh Wajib Pajak Badan Formulir 1771. Retrieved from https://www.taxcenterunsika.com/mengenal-spt-tahunan-pph-wajib-pajak-badan-formulir-1771/

Trimulato, I. N. (2022). Sosialisasi Keuangan Syariah dan UMKM Halal Berbasis Masjid di Desa Ereng Ereng Kabupaten Bantaeng. Cendekia : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 60-68.

Zulma, G. W. (2020). Pengaruh Pengetahuan Wajib Pajak, Administrasi Pajak, Tarif Pajak dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Pajak Pada Pelaku Usaha UMKM di Indonesia. Ekonomis : Journal of Economics and Business, 4(2), 288-290.

Downloads

Published

2023-06-24
Abstract View: 91, PDF Download: 56