Interactive Activity Games Untuk Pembelajaran Kosakata Bahasa Inggris Pada Anak di Desa Glagahwangi Kecamatan Sugihwaras

Abstract View: 71, PDF Download: 44

Authors

  • Iin WidyaLestari Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri
  • Mohammad Fatoni Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri
  • Khoirul Wafa Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri
  • Edi Suwandi Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri
  • Nur Aini Mursidha Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri
  • Naylatus Sa'adah Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri

DOI:

https://doi.org/10.32665/padimas.v2i2.2294

Keywords:

Bahasa Inggris , Interactive Activity Games, Kosakata

Abstract

Bahasa Inggri merupakan salah satu Bahasa internasional yang sangat penting untuk dikuasai. Bahkan Bahasa Inggris menjadi salah satu mata pelajaran wajib yang dipelajari pada tingkatan sekolah menengah pertama  hingga tingkat universitas. Salah satu komponen penting dalam Bahasa Inggris ialah penguasaan kosakata. Kosakata (vocabulary) merupakan salah satu komponen Bahasa yang sangat penting pada tahap awal. Desa Glagahwangi Kecamatan Sugihwaras memiliki anak  - anak yang memiliki potensi yang baik karena banyak dari mereka antusias dalam mempelajari Bahasa Inggris. Selain itu  mereka masih belum memiliki cara yang cukup efektif dalam belajar kosakata. Sehingga perlu diadakan pendampingan dan pelatihan pembelajaran kosakata Bahasa Inggris dengan Interactive Language Games yang interaktif, menyenangkan dan mampu meningkatkan motivasi dan penguasaan kosakata Bahasa Inggris secara baik pada anak – anak di desa Glagahwangi di Desa Glagahwangi Kecamatan Sugihwaras. Tujuan dari pengabdian ini ialah untuk memberikan pelatihan Interactive activity games untuk belajar kosakata Bahasa Inggris  kepada anak – anak desa Glagahwangi. Tahapan dari kegiatan pengabdian kepada Masyarakat ini ialah penyamapaian dan pemaparan materi, pelatihan dan praktek kegiatan interactive activity games. Kegiatan pengabdian ini berjalan dengan baik. Anak – Naka dapat menerapkan pembelajaran kosakata di sekolah dan dirumah.

References

Hidayatulloh, S., Praherdhiono, H., & Wedi, A. (2020). Pengaruh Game Pembelajaran Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Pemahaman Ilmu Pengetahuan Alam. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(2), 199–206. https://doi.org/10.17977/um038v3i22020p199

Johari, A., Morni, A., & Sahari, S. H. (2018). Interactive English Language Learning: DishZle Language Game. International Journal of Service Management and Sustainability, 3(2), 1–20. https://doi.org/10.24191/ijsms.v3i2.8105

Martínez Sánchez, M. M., Pérez Morfín, A., & Portillo Campos, V. E. (2007). Interactive games in the teching - learning process of a foreing lenguage. Teoría y Praxis, 3(4), 47–66. https://doi.org/10.22403/uqroomx/typ04/04

Masruddin. (2014). The Importance of Using Technology in English Teaching and Learning. Journal of English and Education, 10, 2–4.

Priskinia, R. E. (2022). Teaching Vocabulary To Young Learners Using. Jurnal Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 6(April), 719–724.

Purnami, N. L. S. W. (2022). Fun Activities To Teach Vocabulary for Young Learners: a Library Research. E-Link Journal, 9(1), 19. https://doi.org/10.30736/ej.v9i1.609

Downloads

Published

2023-11-30
Abstract View: 71, PDF Download: 44