PELATIHAN DIGITAL MARKETING UNTUK MEMBERDAYAKAN UMKM DI DESA JIPANG
DIGITAL MARKETING TRAINING TO EMPOWER UMKM IN JIPANG VILLAGE


DOI:
https://doi.org/10.32665/padimas.v4i01.4030Keywords:
Pelatihan; Digital Marketing; Pemberdayaan; Umkm Desa JipangAbstract
Pengabdian kepada masyarakat dilaksanakan untuk merespons tantangan digitalisasi yang dihadapi oleh UMKM di Desa Jipang, yang memerlukan peningkatan kapasitas dalam memanfaatkan teknologi pemasaran digital. Tujuan kegiatan ini adalah memberikan pelatihan digital marketing guna memberdayakan UMKM agar mampu meningkatkan daya saing dan pemasaran produk secara lebih luas. Kegiatan pelatihan melibatkan 20 pelaku UMKM sebagai mitra, yang mengikuti secara tatap muka melalui metode penyuluhan, simulasi, dan praktik langsung. Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara untuk mengevaluasi pemahaman dan dampak pelatihan. Hasilnya menunjukkan peningkatan signifikan pada pemahaman peserta terhadap konsep digital marketing, pengelolaan media sosial, dan strategi pemasaran online, dengan beberapa UMKM mulai menerapkan pengetahuan yang diperoleh untuk meningkatkan penjualan. Kesimpulannya, pelatihan digital marketing ini berhasil memberdayakan UMKM di Desa Jipang dengan memberikan pengetahuan dan keterampilan yang relevan, yang berpotensi mendukung pertumbuhan ekonomi lokal.
References
A. H. D. Sanputra, “Penerapan Pendekatan Revolusi Pemasaran dan Revolusi Produksi dalam Membantu Perkembangan Masyarakat Menuju Industri 5.0,” ASPIRASI : Publikasi Hasil Pengabdian dan Kegiatan Masyarakat, vol. 1, no. 6. Asosiasi Riset Ilmu Manajemen dan Bisnis Indonesia, pp. 39–46, 2023. doi: 10.61132/aspirasi.v1i6.43.
I. S. M. Marwati, “Sosialisasi Dan Pelatihan Marketing E-Commerce Dan Sistem Informasi Akuntansi Untuk Mendukung Usaha Kecil Menengah (UKM) Kerajinan Logam Di Kecamatan Cepogo Boyolali Menghadapi Revolusi Industri 4.0,” Adi Widya : Jurnal Pengabdian Masyarakat, vol. 6, no. 2. Universitas Slamet Riyadi, pp. 119–130, 2022. doi: 10.33061/awpm.v6i2.7773.
D. Kadyrbekova and M.-A. Orazanbay, “Using digital innovations for tourism development in East Kazakhstan,” Tourism, leisure and hospitality. Kazakh Academy of Sport and Tourism, pp. 23–29, 2024. doi: 10.59649/2959-5185-2024-2-23-29.
I. Wijayani and K. Karerek, “Eksistensi Majalah Gatra Sumatera Bagian Selatan Menghadapi Era Digitalisasi 4.0,” Jurnal Komunikasi dan Budaya, vol. 2, no. 1. Universitas Baturaja, pp. 184–196, 2021. doi: 10.54895/jkb.v2i1.807.
Z. Abidin, “Pelatihan Digital Marketing di Pondok Pesantren Darullughah Wadda’wah, Bangil, Pasuruan,” Al Mu’azarah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 1, no. 2. Universitas Islam Internasional Darullughah Waddawah, pp. 112–118, 2024. doi: 10.38073/almuazarah.v1i2.1816.
F. Tirtoni and D. Susanto, “Pemberdayaan Masyarakat Umkm Desa Katerungan Melalui Workshop Pelatihan Branding Produk Dan Digital Marketing,” Jurnal Abadimas Adi Buana, vol. 7, no. 2. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, pp. 163–168, 2024. doi: 10.36456/abadimas.v7.i02.a7932.
M. Sulistiyono, B. Bernadhed, and S. Sutarni, “Pelatihan Pemanfaatan Sistem Informasi Akuntansi Dan Digital Marketing Pada Usaha Bumbu Masakan Nurisfood,” Jurnal Abdi Insani, vol. 11, no. 4. Universitas Mataram, pp. 1531–1538, 2024. doi: 10.29303/abdiinsani.v11i4.1880.
L. Susanto, I. P. Astuti, H. A. Mumtahana, W. Wikanso, and C. N. Primiani, “Upaya Peningkatan Omset Penjualan Ukm Keripik Tempe Desa Tempuran Kabupaten Ngawi Melalui Pelatihan Digital Marketing,” Jurnal Abdi Insani, vol. 11, no. 2. Universitas Mataram, pp. 1860–1869, 2024. doi: 10.29303/abdiinsani.v11i2.1613.
A. Pradiptya, C. A. Kusumawati, and T. Ariefiantoro, “Pelatihan Digital Marketing Dan Pemasaran Produk Pada Kelompok UMKM,” Jurnal Implementasi Ilmu Ekonomi, vol. 1, no. 2. Universitas Semarang, p. 75, 2024. doi: 10.26623/ji2e.v1i2.9415.
L. S. D. Lati and A. S. Falah, “Pelatihan Kewirausahaan Dengan Fokus Pemasaran Digital,” Multidisciplinary Indonesian Center Journal (MICJO), vol. 1, no. 3. PT. Jurnal Center Indonesia Publisher, pp. 1402–1410, 2024. doi: 10.62567/micjo.v1i3.169.
E. Hariadi, A. Rosyidi, and M. Mursid, “Pelatihan Pemanfaatan Digital Marketing Kewirausahaan Berbasis Website,” SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 3, no. 2. LPPM Institut Pendidikan Nusantara Global, pp. 171–174, 2024. doi: 10.55681/swarna.v3i2.1184.
R. A. Febriani, “Pelatihan Digital Marketing untuk Meningkatkan Daya Saing Produk Lokal,” Jurnal Karya Nyata Pengabdian, vol. 1, no. 1. Utami Publisher, pp. 23–26, 2024. doi: 10.70963/jknp.v1i1.72.
E. Glebova, “Sport Tourism Digital Marketing,” Encyclopedia of Tourism Management and Marketing. Edward Elgar Publishing, pp. 212–215, 2022. doi: 10.4337/9781800377486.sport.tourism.digital.
Downloads
Published
Issue
Section

