Pengaruh Media PAPINKA terhadap Kemampuan Menghitung Penjumlahan dan Pengurangan dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar

Abstract View: 2385, PDF Download: 1732

Authors

  • Midya Yuli Amreta Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro
  • Ani Safa’ah SDN Kedungdowo II Bojonegoro

DOI:

https://doi.org/10.32665/jurmia.v1i1.192

Keywords:

Media Papan Pintar Angka (Papinka), Kemampuan Menghitung, Matematika

Abstract

Penelitian ini merupakan upaya untuk mengetahui pengaruh Media Papan Pintar Angka (Papinka) Terhadap Kemampuan Menghitung Penjumlahan dan Pengurangan dalam Pembelajaran Matematika di SDN Kedungdowo II, Balen, Bojonegoro. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan, hasil dan pengaruh media PAPINKA terhadap kemampuan menghitung penjumlahan dan pengurangan dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas I Sekolah Dasar Negeri Kedungdowo II, Balen, Bojonegoro. Penulis menggunakan metode wawancara (interview), dokumentasi dan angket untuk mendapatkan data yang jelas. Dalam menganalisa data penulis menggunakan teknik analisis kuantitatif meliputi uji validitas, uji reliabilitas dan uji korelasi product moment. Analisis ini didukung teknik-teknik pengumpulan data melalui penyebaran angket. Penelitian ini memperoleh hasil dengan nilai korelasi 0,750. Jika dikonsultasikan dengan taraf signifikasi 5% sebesar 0,468 maupun taraf signifikasi 1% sebesar 0,590 maka terdapat pengaruh Media Papan Pintar Angka (Papinka) Terhadap Kemampuan Menghitung Penjumlahan Dan Pengurangan Dalam Pembelajaran Matematika Di SDN Kedungdowo II, Balen, Bojonegoro.

References

Darmadi, Hamid. (2011). Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfabeta

Firmansyah, Dani. (2015). Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Minat Belajarterhadap hasil belajar Matematika, Jurnal Pendidikan,no.1

Gagari, M. Y., et al. (2010). Pengaruh penggunaan dan pemanfaatan sarana dan prasarana sekolah terhadap kinerja guru SD, SMP, SMA dan SMK. Universitas Negeri Hasanuddin.

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar, Bandung: CV Pustaka Alfabeta

Isnaeni Nur, Faizah. (2013). Penggunaan media kartu bilangan untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar materi Bilangan Romawi pada siswa kelas VI, Skripsi S1 Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang

Mirantika, Virda. Dkk. (2020). Permainan PAPINKA untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Usia 5-6 Tahun. Journal of Early Childhood Islamic Education. Al Fitrah. Vol. 3 No. 2 Januari 2020.

Mutho’I, Nur Habibah. (2018). Penggunaan Media Papi (Papan Pintar) untuk Meningktakan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas III pada Materi Bangun Datar SDN Tanjekwagir. Journal of Indonesian Education. Vol. 1 No. 1 Desember 2018.

Natawidjaya, Rochman. (1997). Alat Peraga dan Komunikasi Pendidikan. Jakarta: PT Bunda Karya.

Sahabuddin. (2007). Mengajar dan Belajar Makasar: UNM.

Slameto. (2007). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Susanto Ahmad. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini, Jakarta: Kencana.

Suttrisno, S. (2021). Pengaruh Pemanfaatan Alat Peraga Ips Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8 (1), 77-90.

Downloads

Published

02-08-2021

How to Cite

Midya Yuli Amreta, & Ani Safa’ah. (2021). Pengaruh Media PAPINKA terhadap Kemampuan Menghitung Penjumlahan dan Pengurangan dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 21–28. https://doi.org/10.32665/jurmia.v1i1.192
Abstract View: 2385, PDF Download: 1732