Upaya Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Melalui Problem Based Learning dengan Powerpoint di Sekolah Dasar

Authors

  • Suwartini Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo

Keywords:

motivasi, hasil belajar, problem based learning, powerpoint

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar belajar kelas IV Sekolah Dasar Negeri Kenokorejo 01. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV. Pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, observasi, angket dan tes. Validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi metode. Teknik analisis data kualitatif menggunakan model interaktif yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan data kuantitatif dianalisis secara deskripif. Hasil penelitian sebagai berikut: (1) Motivasi belajar siswa yang berkategori “tinggi” dari pada yang siklus I sebesar 41% atau 4 siswa dan pada kategori sedang 58% atau 7 siswa. Pada siklus II kategori tinggi menjadi 83% atau 10 siswa dan kategori sedang 17% atau 2 siswa. 2) Hasil belajar siswa sebelum tindakan hanya mencapai 28% atau 3 siswa yang tuntas. Setelah tindakan pada siklus I, sebanyak 7 siswa atau sebesar 64% telah tuntas. Siklus II 11 siswa atau sebesar 91% telah tuntas.

Downloads

Published

02-08-2021

How to Cite

Suwartini. (2021). Upaya Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Melalui Problem Based Learning dengan Powerpoint di Sekolah Dasar. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA), 1(1), 65–72. Retrieved from http://journal.unugiri.ac.id/index.php/jurmia/article/view/203