Implementasi Pembelajaran Matematika Materi Perkalian Kelas V pada Metode Lattice di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Ar-Rohmah Glagahwangi Sugihwaras Bojonegoro

Authors

  • Firda Zakiyatur Rofi’ah Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro
  • Zulfatul Azizah Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro

Keywords:

Pembelajaran Matematika, Perkalian, Metode Lattice

Abstract

Pemilihan metode yang tepat merupakan hal yang penting dalam proses pembelajaran. Untuk itu mempelajari dan memahami setiap metode pembelajaran secara teliti menjadi kewajiban setiap guru. Metode lattice adalah metode perkalian yang menggunakan kisi untuk mengalikan dua angka yang multi digit. Metode ini bisa menjadi alternatif dalam pembelajaran perkalian. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang di gunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dan teknik analisis data menggunakan Pengumpulan data , Reduksi data, display data, Verifikasi dan penegasan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini  menunjukkan bahwa dalam implementasi pembelajaran matematika materi perkalian kelas V pada metode lattice dilakukan melalui tiga tahapan yaitu: penanaman konsep dasar, pemahaman konsep, dan pembinaan keterampilan. Hambatan dalam pembelajaran yaitu: Kurangnya konsentrasi siswa dalam pembelajaran karena adanya siswa yang sering usil dan gaduh, Kurangnya siswa dalam menghafalkan perkalian. Serta solusinya yaitu guru memberikan pembiasaan kepada siswa dalam setiap pembelajaran matematika siswa harus menghafal perkalian satu persatu, agar siswa cepat dalam menghafal perkalian.

Downloads

Published

02-08-2021

How to Cite

Firda Zakiyatur Rofi’ah, & Zulfatul Azizah. (2021). Implementasi Pembelajaran Matematika Materi Perkalian Kelas V pada Metode Lattice di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Ar-Rohmah Glagahwangi Sugihwaras Bojonegoro. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA), 1(1), 73–80. Retrieved from http://journal.unugiri.ac.id/index.php/jurmia/article/view/205