REFORMASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI INDONESIA PADA ERA MILLENNIAL
Abstract View: 541, PDF Download: 342DOI:
https://doi.org/10.32665/alaufa.v5i2.1689Abstract
Sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar, Pendidikan agama Islam itu penting di Indonesia. Akan tetapi, pelaksanaan pendidikan agama Islam pada Indonesia masih menghadapi banyak hambatan di era generasi milenial ini. Reformasi pendidikan agama Islam pada Indonesia perlu dilaksanakan. Pada awal abad ke-20 muncul ide-inspirasi pembaruan atau reformasi pendidikan Islam pada Indonesia. inspirasi ini ada karena semakin banyak yang tidak puas menggunakan sistem pendidikan yang ada ketika itu. Maka, terdapat hal yang harus dibenahi yakni dari atau materi, metode, dan manajemen pendidikan. Reformasi Pendidikan kepercayaan Islam pada Indonesia di Era Generasi Millennial sudah menjadi topik diskusi yang hangat akhir-akhir ini. Artikel ini bertujuan untuk mendiskusikan tantangan serta peluang yang dihadapi pada merespon kebutuhan pendidikan agama Islam bagi generasi milenial yg semakin kompleks serta beragam. Pendidikan agama Islam pada Indonesia berperanan sangat krusial guna membuat karakter remaja zaman kini disamping menumbuhkan keterampilan ilmu pengetahuan. Reformasi Pendidikan kepercayaan Islam di Indonesia pada era generasi milenial dibutuhkan dapat membangun generasi yang berakhlakul karimah dan berkarakter Islam. Oleh sebab itu, pendidikan agama Islam di Indonesia wajib dijadikan prioritas primer. Pendidikan agama Islam diharapkan bisa membentuk para pelajar yang terdidik menggunakan baik pada ajaran agama Islam, mampu menerapkannya pada kehidupan sehari-hari, dan berkontribusi pada membentuk masyarakat yang lebih bermoral dan membentuk ketahanan umat Islam pada zaman yang semakin kompleks.
References
DAFTAR PUSTAKA
Aziz, A., Iswantir, I., & Zulmuqim, Z. (2022). Reformasi Pendidikan Agama Islam di Madrasah. Journal on Teacher Education, 3(3), 466–473.
Elihami, E., & Syahid, A. (2018). Penerapan pembelajaran pendidikan agama islam dalam membentuk karakter pribadi yang islami. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 2(1), 79–96.
Idris, S. (2015). pembaruan pendidikan Islam di Indonesia. KREATIF: Jurnal Pemikiran Pendidikan Agama Islam, 13(2), 148–165.
Indriani, W., & Firdian, F. (2021). Tantangan Pendidikan Islam Di Era Milenial. ANWARUL, 1(1), 89–101.
JULIANSYAH, J. (2018). PEMBAHARUAN SISTEM PENDIDIKAN MA’ARIF NAHDLATUL ULAMA (NU) DALAM ERA GLOBALISASI DI PROVINSI BENGKULU. UIN REDEN FATAH PALEMBANG.
Miftah, Z. (2019). Warisan Metode Pendidikan Islam untuk Generasi Millennial. Al Ulya: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 72–94.
Nata, H. A. (2019). Pembaruan pendidikan islam di indonesia. Prenada Media.
Pratama, I. P., & Zulhijra, Z. (2019). Reformasi Pendidikan Islam Di Indonesia. Jurnal PAI Raden Fatah, 1(2), 117–127.
Samrin, S. (2015). Pendidikan agama islam dalam sistem pendidikan nasional di Indonesia. Al-TA’DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 8(1), 101–116.
Sukhoiri, S. (2022). SEKOLAH ISLAM TERPADU: REFORMASI BARU LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA. Jurnal Pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, Dan Inovasi, 2(5).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Raditya Wibowo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.