Efektivitas Pembelajaran CPS (Creative Problem Solving) terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Madrasah Tsanawiyah Plus Nabawi Kedungadem Pada Mata Pelajaran Fiqih
Abstract View: 199, PDF Download: 241DOI:
https://doi.org/10.32665/alaufa.v5i1.1844Keywords:
Creative Problem Solving, Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS), FikihAbstract
Latar belakang penelitian ini adalah rasa bosan siswa dalam pembelajaran Fiqih serta kemampuan peserta didik dalam pemecahan masalah (problem solving) yang tergolong masih rendah. Adapun kemampuan berpikir siswa dapat meningkat dengan adanya penggunaan suatu model pembelajaran. Variabel bebas (independent) dan terikat (dependent) dalam penelitian kuantitatif ini ialah model pembelajaran Creative Problem Solving dan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS). Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk mengetahui Efektif atau tidaknya model pembelajaran Creative Problem Solving (CBS) terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) siswa kelas VIII MTs Plus Nabawi Kedungadem.
Pendekatan kuantitatif pre-eksperimen pada penelitian ini menggunakan desain the one group pre-test post-test design. Yang menjadi sampel dalam penelitian ini ialah siswa kelas VIII MTs Plus Nabawi Kedungadem dengan junlah siswasebanyak 20. Pengukuran Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa (HOTS) siswa menggunakan Teknik pengumpulan data berupa pre test serta untuk mengukur efektivitas model pembelajaran Creative Problem Solving terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) siswa, peneliti menggunakan teknik pengumpulan data berupa prettets dan post test. Analisis data berupa uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji linieritas, uji hipotesis yaitu Teknik analisis uji t sampel berpasangan.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan, penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Creative Problem Solving efektif terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) siswa kelas VIII, hasilnya diperoleh pada pengujian korelasi yaitu thitung > ttabel atau -7,350 > 2,093. Berdasarkan hal tersebut maka disimpulkan bahwa (Ha) diterima dan (Ho) ditolak.
References
Daftar Rujukan
Arifin, Z. (2008). Metodologi Penelitian Pendidikan Filosofi, Teori dan Aplikasi. Surabaya: Lentera Cendekia.
Duron, R., Limbach, B., & Waught, W. (2006). Critical Thingking Framework For Any Discipline. International Journal of Teaching and Learning in Higher Education, 17, 160-166. Retrieved from http://www.isetl.org/ijtlhe/
Ennis, R. H. (1985). A Logical Basic for Measuring Critical Thinking Skills. Educational Leadership.
Helmiati. (2012). Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Joyce, B., Weil, M., & Calhoun, E. (2009). Model Weil. Boston: Allyn & Bacon.
Krathwohl, D. R. (2002). A Revision of Bloom's Taxonomy : An Overview. Theory Into Practice, 41, 4. Retrieved from
https://doi.org/101207/s15430421tip4104 2
Kriyantono, R. (2006). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Malnutrision in Indonesia. (2008). Retrieved from Church World Service: https://www.churchworldservice.org/PDF/media/CWSIndonesiaMalnutrisionFacts.pdf.
Minarti, S. (2018). Ilmu Pendidikan Islam : Pengertian Pendidikan Islam. Jakarta: Amzah.
Preparing 21st Century Study for a Global Society. (2002). Retrieved Juny 15th 2019, from National Education
Association: https://www.nea.org/assets/docs/AGuide-to-Four-Cs.Pdf
Priyatno, D. (2009). Belajar Cepat Olah Data Statistik dengan SPSS. Yogyakarta: Andi.
Rotherham, A. J., & Willingham, D. (2009). 21st Century Skills : The Challages ahead. Educational Leadership, 67, 1.
Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran : Mengembangkan ProfesionalismeGuru. Jakarta: RajaGrafindo
Persada.
Sani, R. A. (2019). Pembelajaran Berbasis HOTS. Tanggerang: Tira Smart.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.
Sujarweni, W. (2012). SPSS untuk Paramedis. Yogyakarta: Gava Media.
Suprijono, A. (2010). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Media.
Suprijono, A. (2012). cooperative Learning : Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Wibowo, A. E. (2012). Aplikasi Praktis SPSS dalam Penelitian . Yogyakarta: Gava Media.
Winarso, W. (2014). Problem Solving, Creativity dan Desicion Making Dalam Pembelajaran Matematika. Eduma, 3, 1-16.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ahmad Shofiyudin, Zumrotul Fauziah, Yulya Iswati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.