PENDIDIKAN AKIDAH DAN AKHLAK DALAM PERSPEKTIF PROFETIK

Abstract View: 20, PDF Download: 16

Authors

  • Fata Mu'min Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN SAIZU Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.32665/alaufa.v6i02.2398

Keywords:

Pendidikan Akidah, Pendidikan Akhlak, Perspektif Profetik

Abstract

Tulisan ini mengulas tentang pendidikan akidah dan akhlak dalam perspektif profetik. Pendidikan akidah merupakan komponen yang penting dalam agama Islam karena berkaitan langsung dengan keyakinan, di mana agama Islam sangat erat hubungannya dengan komponen keyakinan sampai-sampai terbagi ke dalam rukun iman yang enam. Agama Islam juga memandang dengan serius tentang bagaimana etika-etika dalam berkehidupan yang tentunya tidak akan terlepas dari tiga hal, yakni cara beretika kepada Allah Swt., kepada sesama manusia, dan kepada alam sekitar. Melalui agama ini, Allah Swt. telah menjadikan Rasulullah saw. sebagai contoh yang baik bagi seluruh umat manusia dalam merespon ketiga hal tersebut. Dan dengan seiring berkembangnya bidang keilmuan, muncullah sebuah konsep pendidikan dalam perspektif profetik atau kenabian yang mengajarkan peserta didik bukan hanya berorientasi kepada transformasi diri menuju yang lebih baik, namun juga bagaimana mereka mampu menjadi manusia yang seutuhnya secara jasmani dan rohani yang terintegrasi dengan selalu mengambil inspirasi dari cara bagaimana Rasulullah saw. mengajari.

References

Daftar Rujukan

Amin, H Samsul Munir. Ilmu Akhlak. Amzah, 2022.

Arifuddin, Arifuddin. “KONSEP PENDIDIKAN PROFETIK (MELACAK VISI KENABIAN DALAM PENDIDIKAN).” Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam 9, no. 2 (December 31, 2019): 319. https://doi.org/10.22373/jm.v9i2.4782.

Habibah, Syarifah. “Akhlak Dan Etika Dalam Islam.” Jurnal Pesona Dasar 1, no. 4 (2015).

Hermawan, Dean. “Efektivitas Metode Tilawati dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa di SDIT Bintang Tangerang Selatan” 2, no. 1 (2021).

Irfani, Ranu Nada. “Formulasi Kajian Psikologis Tentang Teori-Teori Belajar dalam Al-Quran dan Hadits.” Ta dib : Jurnal Pendidikan Islam 6, no. 1 (July 20, 2017): 212–23. https://doi.org/10.29313/tjpi.v6i1.2319.

Kholish, Muhammad Jauhar. “Etika dan Moral dalam Pandangan Hadis Nabi Saw.” Jurnal Riset Agama 1, no. 1 (April 15, 2021): 83–96. https://doi.org/10.15575/jra.v1i1.14259.

Lutfi, Muhammad. “Urgensi Pendidikan Profetik bagi Pendidik.” Jurnal Kependidikan 5, no. 2 (November 24, 2017): 261–78. https://doi.org/10.24090/jk.v5i2.1934.

Rahman, Nur Risqi Amalia, Fauzan Aufa Algiffari, Naila Ashilah, and Muhammad Arsyam. “PENGERTIAN AKIDAH ISLAM.” Preprint. Open Science Framework, November 1, 2022. https://doi.org/10.31219/osf.io/avfdq.

Ridwan, Muhammad. “Konsep Tarbiyah, Ta’lim Dan Ta’dib Dalam Al-Qur’an.” Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam 1, no. 1 (2018): 37–60.

Riska Astyani, Agus Halimi, and Aep Saepudin. “Nilai-nilai Pendidikan dari Q.S. Fushshilat Ayat 30-32 tentang Iman dan Istiqomah terhadap Pendidikan Akidah.” Jurnal Riset Pendidikan Agama Islam 1, no. 1 (July 6, 2021): 21–26. https://doi.org/10.29313/jrpai.v1i1.40.

Rohayati, Neni. “PERANAN MUHAMMADIYAH DALAM MEMBINA GENERASI MUDA MELALUI PENDIDIKAN KARAKTER DI SUKAJADI KOTA BANDUNG” 2, no. 2252 (2013).

Suryani, Ira, Hasan Ma’tsum, Nora Santi, and Murali Manik. “Rukun Iman dalam Pembelajaran Aqidah Akhlak.” Islam & Contemporary Issues 1, no. 1 (February 21, 2021): 45–52. https://doi.org/10.57251/ici.v1i1.7.

Syarif, Zainuddin. “PENDIDIKAN PROFETIK DALAM MEMBENTUK BANGSA RELIGIUS” 9 (2014).

Wahyudi, Dedi, and Lilis Marwiyanti. “Penerapan Model Pembelajaran Inside Outside Circle Dalam Mata Pelajaran Akidah Akhlak.” Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam 7, no. 2 (2017): 267–92.

Downloads

Published

2024-01-01
Abstract View: 20, PDF Download: 16