Sigmund Freud's Psychoanalytic Theory in the Application of Students' Moral Habits

Teori Psikoanalisis Sigmund Freud Dalam Penerapan Pembiasaan Akhlak Peserta Didik

Abstract View: 310, PDF Download: 813

Authors

  • Sani Nisfia Nursiyam Sani STAI Al-Musaddadiyah Garut
  • Evita Yuliatul Wahidah

DOI:

https://doi.org/10.32665/alaufa.v6i01.2462

Keywords:

Teori Psikoanalisis, Sigmund Freud, Pembinaan Akhlak

Abstract

Artikel ini mengkaji tentang Teori Psikoanalisis Sigmund Freud dalam Penerapan Pembinaan Akhlak Peserta didik. Psioanalisi adalah cabang ilmu yang dikembangkan oleh Sigmun Freud dan para pengikutnya, sebagai studi fungsi dan perilaku psikologis manusia. Di dalam Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan deskripsi analitis pendekatan, yaitu dengan memaparkan hasil penelitian yang diperoleh melalui wawancara terstruktur pada sumber penelitian. Upaya untuk mengembangkan akhlak sebagai penunjang pembelajaran guna mencapai pembelajaran tujuan itu sendiri, berbagai upaya dilakukan dalam membina akhlak peserta didik agar menjadi manusia yang mengamalkan ajaran agamanya yaitu dengan menanamkan nilai-nilai agama dan akhlak. Tujuan konseling psikoanalisis adalah membentuk kembali struktur karakter individu dengan membuat yang tidak sadar menjadi sadar dalam diri klien.

 

References

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, . Jakarta :PT Rineka Cipta.

Fajriyah, K. M. (2017). Kepribadian tokoh utama wanita dalam novel alisya karya muhammad makhdlori : kajian psikologi sastra. Journal of culture, art, literature and linguistic, 1-14.

Farida, S. (KABILAH : Journal of Social Community). 2016. Pendidikan Karakter dalam Perspektif Islam, 198-207.

Ghony, M. D. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif,. Djogjakarta : Ar-Ruzz Media.

Junaedi, I. (2019). Peoses Pembelajaran yang efektif JISAMAR. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, 19-25.

Maftuhah, M. (2019). Kepribadian Tokoh Utama dalam novel Rembulan Tenggelam di wajahmu Karya Tereliye (Kajian Psikoanalisis Digmund Freud). EDU-KATA, 121- 128.

Moleong, L. J. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif . Bandung : Remaja Rosdakarya.

Nabila, L. &. (2023). Psikoanalisis Sigmund Freud Dalam Penerapan Pembinaan Akhlak Siswa di Kelas VII MTsN 1 Langkat . Cybernetics : Journal Education research and Social Studies,, 206-207.

Syahrul Sawal, H. (2017). Problematika Sigmund Freud dan Implikasinya dalam Pendidikan.

Sylviyanah, S. (2012). Pembinaan Akhlak Mulia Pada Sekolah Dasar. Jurnal Tarbawi Vol, 1(3), 191.

Downloads

Published

2024-06-22

Issue

Section

Articles
Abstract View: 310, PDF Download: 813