PENERAPAN METODE AL-ASAS DALAM MEMPERCEPAT PENGUASAAN BACA KITAB KUNING: Studi Kasus Pesantren Progresif Wasilatul Huda
Abstract View: 124, PDF Download: 99DOI:
https://doi.org/10.32665/alaufa.v5i2.2660Abstract
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan penerapan Metode Al-Asas sebagai pendekatan pembelajaran dalam pembelajaran nahwu dan shorof, (2) mengetahui problematika penerapan metode Al-Asas dalam pembelajaran, (3) mengetahui solusi dari problematika tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini difokuskan pada Pesantren Progresif Wasilatul Huda dan dilakukan melalui serangkaian pengamatan, wawancara dengan pengajar dan santri, serta analisis data. Temuan dari penelitian ini mengindikasikan bahwa penerapan Metode Al-Asas berjalan dengan baik dan sesuai dengan target pembelajaran yang telah ditetapkan oleh tim Al-Asas pusat. Namun, dalam pelaksanaannya, muncul beberapa permasalahan yang perlu diatasi. Salah satunya adalah waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan hafalan kitab Al-Asas yang lebih lama dibandingkan dengan penerapan di Pesantren PP. Al-Mubarok Lanbulan. Hal ini disebabkan oleh keterbatasan waktu dan perhatian santri, karena mereka juga terlibat dalam kegiatan sekolah formal.
Kata Kunci: Al-Asas, Metode, Nahwu dan Sharaf, Kitab Kuning.
References
DAFTAR RUJUKAN
Afifurrohman. (2023, 10 Juni). “Penerapan Metode Al-Asas Dalam Mempercepat Penguasaan Baca Kitab Kuning Bagi Santri Pesantren Progresif Wasilatul Huda Dukohkidul Ngasem Bojonegoro”.
Al Fajri, Hamid. (2023, 12 Juni). “Penerapan Metode Al-Asas Dalam Mempercepat Penguasaan Baca Kitab Kuning Bagi Santri Pesantren Progresif Wasilatul Huda Dukohkidul Ngasem Bojonegoro”.
Ikrom, Moh. (2021). Sukses Kitab Kuning Dengan Metode Al-Asas. Surabaya: Global Aksara Pres.
Ismail, Muhammad. (2023, 02 Mei). “Penerapan Metode Al-Asas Dalam Mempercepat Penguasaan Baca Kitab Kuning Bagi Santri Pesantren Progresif Wasilatul Huda Dukohkidul Ngasem Bojonegoro”.
Kemenag. (2010). Peraturan menteri agama republik indonesia nomor 16 tahun 2010. [Dokumen online]. Tersedia di: https://simpuh.kemenag.go.id/regulasi/pp_55_07.pdf (Diakses pada 20 Juni 2023).
Kementerian Agama Republik Indonesia. (2014). Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2014 Tentang Pendidikan Keagamaan Islam. Indonesia.
Lanbulan, Tim Ta'lif Wa Nashr. (2019). Buku Metode Al-Asas Jilid 1. Sampang: PP Al-Mubarok Lanbulan.
Marzuqi, Imron. (2023, 08 Juni). “Penerapan Metode Al-Asas Dalam Mempercepat Penguasaan Baca Kitab Kuning Bagi Santri Pesantren Progresif Wasilatul Huda Dukohkidul Ngasem Bojonegoro”.
Muqoyidin, Andik Wahyun. (2012). Model-Model Pengembangan Kajian Kitab Kuning di Pondok Pesantren. Jurnal At-Tajdid. Vol. 1. No. 2.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, Nana Syaodih. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Suriyanto, Ahmad. (2023, 12 Juni). “Penerapan Metode Al-Asas Dalam Mempercepat Penguasaan Baca Kitab Kuning Bagi Santri Pesantren Progresif Wasilatul Huda Dukohkidul Ngasem Bojonegoro”. [Wawancara Langsung]. (M. Fahmi Arif).
Thariqussu'us, Muhammad. (2012). "Model-model Pengembangan Kajian Kitab Kuning di Pondok Pesantren." Jurnal At-Tajdid. Jurnal Ilmu Tarbiyah. Vol. 1, No. 2.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Fahru Rozi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.