LANGKAH STRATEGIS MENJADI GURU PROFESIONAL DI ERA PENDIDIKAN ABAD 21

1. Karakteristik guru professional 2. Tantangan guru pada abad 21 3. Pengembangan kualitas profesionalisme guru 4. Langkah strategis menjadi guru professional

Abstract View: 53, PDF Download: 11

Authors

  • Rizqi Maulida Nafisah UIN Raden Mas Said Surakarta
  • Zulaikha Rahmawati UIN Raden Mas Said Surakarta
  • Laila Alfiatul Ummah UIN Raden Mas Said Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.32665/alaufa.v7i01.4657

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi langkah-langkah strategis yang dapat ditempuh guru dalam mengembangkan profesionalismenya agar mampu menjawab kebutuhan pendidikan masa kini. Dengan pendekatan kualitatif dan metode studi pustaka, penelitian ini mengkaji berbagai literatur terkait karakteristik guru profesional, tantangan yang dihadapi di era digital, serta model pelatihan dan pendidikan berkelanjutan. Hasil kajian menunjukkan bahwa guru profesional abad ke-21 harus menguasai empat kompetensi dasar (pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional), keterampilan abad 21 (4C dan literasi digital), serta menunjukkan integritas dan keteladanan moral. Untuk mendukung pengembangan diri, guru perlu mengikuti pelatihan berjenjang, sertifikasi, pendidikan profesi, dan aktif dalam komunitas pembelajaran. Oleh karena itu, profesionalisme guru tidak dapat dicapai secara instan, tetapi memerlukan komitmen, pembelajaran sepanjang hayat, serta adaptasi terhadap perubahan zaman.

References

Daftar Rujukan

Abdussamad, Zuchri, Metode Penelitian Kualitatif, ed. by Patta Rapanna, Syakir Media Press, 1st edn (CV. syakir Media Press, 2021)

Abidah, Abidah, Aklima Aklima, and Abdul Razak. “Tantangan Guru Sekolah Dasar Dalam Menghadapi Era Society 5.0.” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 7, no. 2c (2022): 769–76. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2c.498.

Akbar, A. (2021). Pentingnya Kompetensi Pedagogik Guru. Jurnal Pendidikan Guru, 24-25.

Ashsiddiqi, M. H. (2012). Kompetensi Sosial Guru Dalam Pembelajaran Dan pengembangannya. Ta'dib, 62.

Bele, Ferdinandus, and Desak Made. “Inovasi Pembelajaran Elektronik Dan Tantangan Guru Abad 21.” Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika 2, no. 1 (2018):

–18. https://doi.org/10.36312/e-saintika.v2i1.79.

Eliza, D., Sriandila, R., Fitri, D., & Yenti , S. (2022). Membangun Guru yang Profesional melalui Pengembangan Profesionalisme Guru dalam Penerapan Profesinya. Jurnal Basicedu, 2.

Geerhand, Andi, and A Fatma Hartini, ‘Konsep Karakteristik Profesional Guru Di Abad 21’,

JPNM (Jurnal Pustaka Nusantara Multidisplin), 2.2 (2024), pp. 1–6

Giantara, F. (2019). Model Pengembangan Kompetensi Guru Abad 21. Al-Mutharahah, 71.

Hardani, Nur Hikmatul Auliya, Helmina Andriani, Roushandy Asri Fardani, Jumari Ustiawaty, Evi Fatmi Utami, and others, Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif, ed. by Husnu Abadi, 1st edn (CV. Pustaka Ilmu Group Yogyakarta, 2020)

<https://www.researchgate.net/profile/Assoc-Prof- Msi/publication/340021548_Buku_Metode_Penelitian_Kualitatif_Kuantitatif/links/5e7 2e011299bf1571848ba20/Buku-Metode-Penelitian-Kualitatif-Kuantitatif.pdf>

Kependidikan, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga. Pedoman Umum Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Melalui Pendidikan Dan Pelatihan Guru (Program Diklat Guru), 2018.

Kurnia, Wita, Mohammad Ali, and Dinn Wahyudin, ‘ Certification and Competence of Professionalism Teachers 21 St Century ’, Proceedings of the 1st Paris Van Java International Seminar on Health, Economics, Social Science and Humanities (PVJ-ISHESSH 2020), 535 (2021), pp. 198–201, doi:10.2991/assehr.k.210304.041

Ledoh, Cantika cartica dkk. PENDIDIKAN ABAD 21 (Menyambut Transformasi Pendidikan Di Era 5.0 Society). Edited by Efitra. 1st ed. PT. Sonpedia Publishing Indonesia, 2025.

Manik, Wagiman, Miftahul Jannah, Humaidah Farisa, and Aina Nuha, ‘TUNTUTAN KOMPETENSI GURU ABAD KE-21’, Jurnal Ilmiah Multidisiplin Terpadu, 8.12 (2024), pp. 247–56

Mardhatillah, Olivia, and Jun Surjanti. “Peningkatan Kompetensi Pedagogik Dan Profesionalitas Guru Di Indonesia Melalui Pendidikan Profesi Guru (PPG).” Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha 15, no. 1 (2023): 102–11. https://doi.org/10.23887/jjpe.v15i1.65200.

Nababan, Tota, Sahara Ardani, and Sukarman Purba, ‘Educational Supervision to Increase Teacher Professionalism in The 21st Century Learning Era’, 2020, doi: 10.4108/eai.17-12- 2019.2296009

Nursyamsi. (2014). Pengembangan Kepribadian Guru. Jurnal Al-Ta'lim, 38

Pangestika, Ratna Rosita, and Alfarisa Fitri. “Pendidikan Profesi Guru (PPG): Strategi Pengembangan Guru Dan Peningkatan Mutu Pendidikan Indonesia.” Jurnal Pendidikan, no. 1995 (2015): 671–83.

Rahmadi, S.Ag., M.Pd.I, Pengantar Metodologi Penelitiaan, ed. by Syahrani, Journal of Physics A: Mathematical and Theoretical, 1st edn (Antasari Press, 2011), XLIV <https://idr.uin- antasari.ac.id/10670/1/PENGANTAR METODOLOGI PENELITIAN.pdf>

Republik Indonesia. (2005). Undang-Undang Nomor 14 tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen.

Jakarta: Sekretariat Negara.

Rifma. (2016). Optimalisasi Pembinaan Kompetensi Pedagogik Guru. Jakarta: Kencana.

Rusdin. “Pendidikan Dan Pelatihan Sebagai Sarana Peningkatan Kompetensi Guru.” Jurnal Administrative Reform Vol. 5, No (2017): 202. file:///D:/jurnal skripsi/skripsi/program guru Ditjen Dikdasmen Departemen Pendidikan Nasional.pdf.

Sabon, Simon Sili. “Efektivitas Pelatihan Guru Melalui Pendidikan Dan Latihan Profesi Guru.” Jurnal Penelitian Kebijakan Pendidikan 11, no. 3 (2019): 159–82. https://doi.org/10.24832/jpkp.v11i3.210.

Saifurrahman, ‘Karakteristik Guru Profesional Di Era Digital’, 2023, pp. 1–16 http://dx.doi.org/10.31219/osf.io/gbqhr.

Ulandari, Wiwu, and Rustan Santaria. “Strategi Pengembangan Profesionalitas Guru Melalui Pendidikan Dan Pelatihan.” Kelola: Journal of Islamic Education Management 5, no. 1 (2020): 57–68. https://doi.org/10.24256/kelola.v5i1.1412.

Downloads

Published

2025-06-22

Issue

Section

Articles
Abstract View: 53, PDF Download: 11