Revitalisasi Peran Sekolah Dalam Pembentukan Karakter Dan Kesadaran HAM: Studi Di Yogyakarta

Abstract View: 7, PDF Download: 3

Authors

  • Yacinta Vahrani Vrasetiya Universitas Negeri Yogyakarta
  • Ruelly Maretha Maylani Universitas Negeri Yogyakarta
  • Azzam Mustaqif Universitas Negeri Yogyakarta
  • Dimas Ichsan Wicaksono Universitas Negeri Yogyakarta
  • Lintang Bayu Kusuma Universitas Negeri Yogyakarta
  • Muhamad Autad Musadad Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.32665/alaufa.v7i01.4750

Abstract

Pembentukan karakter di lingkungan sekolah merupakan salah satu hal yang penting. PerPres No. 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) memuat mengenai tanggung jawab satuan pendidikan untuk memperkuat karakter peserta didik. Kebijakan tersebut mengisyaratkan satuan pendidikan atau sekolah memegang peran yang sangat penting dalam pembentukan dan penguatan karakter peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan Hak Asasi Manusia (HAM) dan karakter bangsa di SMP Negeri 6 Yogyakarta. Pendidikan karakter menjadi aspek penting dalam membentuk peserta didik yang tidak hanya unggul secara akademik, tetapi juga memiliki nilai moral, spiritual, sosial, dan kebangsaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sekolah mengintegrasikan pendidikan karakter melalui pembelajaran intrakurikuler, kegiatan ekstrakurikuler, serta pembiasaan harian. Nilai-nilai seperti religiusitas, kejujuran, semangat berprestasi, cinta budaya bangsa, dan peduli lingkungan diterapkan secara sistematis. Selain itu, sekolah juga melaksanakan program berbasis sosial, budaya, kesehatan, dan agama untuk memperkuat karakter siswa. Penanganan konflik dilakukan melalui pendekatan humanis seperti peran guru BK, Satgas PPKS, serta pemanfaatan CCTV. Temuan ini menunjukkan bahwa implementasi pendidikan HAM dan karakter bangsa di SMP N 6 Yogyakarta dilakukan secara menyeluruh dan kontekstual.

References

DAFTAR PUSTAKA

Agustin, nella. Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Siswa (Antologi Esai Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar). UAD press, 2021.

Dr. Zubaedi, M Ag. BUKU DESAIN PENDIDIKAN KARAKTER FIX. Edited by Rismanto. 3rd ed. Kencana, 2013.

Efendi, R, A R Ningsih, and M SS. Pendidikan Karakter Di Sekolah. Penerbit Qiara Media, 2022.

Febria, Anna Mepti, Cicyn Riantoni, and Emiwati Emiwati. “Analisis Hubungan Sikap Toleransi Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa.” Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi 7, no. 1 (February 10, 2020): 9–16. https://doi.org/10.21831/jppfa.v7i1.25224.

Handtke, V, W Bretschneider, B Elger, and T Wangmo. “The Collision of Care and Punishment: Ageing Prisoners’ View on Compassionate Release.” Punishment & Society 19, no. 1 (2017): 5–22. https://doi.org/10.1177/1462474516644679.

Hazyimara, Karunia, and Wenty Septria Darma Suwarni. “Peran Sentral Guru Dalam Pendidikan Karakter Di Era Digital.” SETYAKI : Jurnal Studi Keagamaan Islam 1, no. 3 (November 26, 2023): 50–57. https://doi.org/10.59966/setyaki.v1i3.595.

Lickona, T. Educating for Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. Bantam Books, 2009.

Mahfud, C. “Integrasi Pendidikan Karakter Dalam Kurikulum PPKn.” Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 26, no. 1 (2021): 37–49. https://doi.org/10.24832/jpnk.v26i1.382.

Salsabilah, A S, D A Dewi, and Y F Furnamasari. “Peran Guru Dalam Mewujudkan Pendidikan Karakter.” Jurnal Pendidikan Tambusai 5, no. 3 (2021): 7158–63.

Setyaningsih, Hayati. “Kearifan Lokal Di SMP Negeri 6 Yogyakarta: P5 Memasak Aneka Makanan Tradisional.” SATRIA TAMA, n.d. https://www.smpn6yogya.sch.id/galeri/berita/kearifan-lokal-di-smp-negeri-6-yogyakarta-p5-memasak-aneka-makanan-tradisi.

———. “Menumbuhkan Karakter Bangsa: Cerdas Cermat Budaya Dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5).” SATRIA TAMA, n.d. https://www.smpn6yogya.sch.id/galeri/berita/menumbuhkan-karakter-bangsa-cerdas-cermat-budaya-dalam-projek-penguatan-p.

———. “Sehat Dan Segar Dengan Buah Nusantara: Kampanye ‘Makan Buah Untuk Hidup Lebih Baik.’” SATRIA TAMA, n.d. https://www.smpn6yogya.sch.id/galeri/berita/sehat-dan-segar-dengan-buah-nusantara-kampanye-makan-buah-untuk-hidup.

Sinulingga, Neng Nurcahyati. “Membangun Karakter Sehat Dan Berakhlak Mulia Melalui 7 Kebiasaan Anak Indonesia Hebat.” Tarbiyatuna Kajian Pendidikan Islam 9, no. 1 (February 10, 2025): 109. https://doi.org/10.69552/tarbiyatuna.v9i1.2941.

Stanley. “Jürgen Habermas, The Structural Transformation of the Public Sphere: An Inquiry into a Category of Bourgeois Society.” In Cultural Policy Review of Books, 39–42. Routledge, 2014. https://doi.org/10.4324/9781315872193-16.

Sugiono, Sugiono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kulaitatif, Dan R&d. Bandung: Alfabeta, 2022.

Triyanto. Pendidikan Kewarganegaraan Dan Hak Asasi Manusia. Unair Press, 2013.

Widya Noventari, N, D Sari, and A Prabowo. “Pendidikan Hak Asasi Manusia Di Sekolah: Tantangan Dan Strategi Implementasi.” Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 2022.

Zuchdi, D. “Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran PPKn Di Sekolah.” Jurnal Pendidikan Karakter 9, no. 1 (2019): 1–13. https://doi.org/10.21831/jpk.v9i1.23456.

Downloads

Published

2024-06-21

Issue

Section

Articles
Abstract View: 7, PDF Download: 3