Keefektifan dan Kepraktisan Modul Dasar Pemrograman
Abstract View: 321, PDF Download: 591DOI:
https://doi.org/10.32665/james.v6i1.1142Keywords:
keefektifan, kepraktisan, modul dasar pemrograman, effectiveness, practicality, ModuleAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat keefektifan serta kepraktisan modul dasar pemrograman. Untuk melihat keefektifan data yang digunakan adalah nilai pretest dan posttest, sedangkan untuk kepraktisan data yang digunakan adalah data validasi dari dosen praktisi. Untuk analisis data keefektifan peneliti menggunakan uji normalitas sebagai uji prasayarat karena data harus merupakan data normal, kemudian uji paired sample T-test untuk melihat ada tidaknya pengaruh penggunaan modul serta uji n-gain untuk melihat kategori keefektifan. Untuk analisis data kepraktisan menggunakan kriteria yang diadopsi dari Akbar. Penelitian menunjukkan hasil bahwa data hasil pretest dan posttest berdistribusi normal, dengan t hitung =22,514 2,145 (t tabel) yang memiliki signifikansi kurang dari 0,05 artinya modul memiliki pengaruh signifikan terhadap peningkatan nilai. Penelitian ini juga melihat kategori peningkatan nilai yaitu pada kategori sedang. Untuk kepraktisan, modul memenuhi kriteria sangat praktis dengan prosentase 88,35%. Dengan demikian penilitian ini menunjukkan bahwa modul memenuhi kriteria keefektifan dan kepraktisan.
References
D. Maryono, “Analisis Kesulitan Mahasiswa Prodi PTIK FKIP UNS dalam Penyelesaian Masalah dengan Pemrograman,” pp. 645–652, 2016.
G. G. Maulana, “Pembelajaran Dasar Algoritma dan Pemrograman Menggunakan El-Goritma Berbasis Web,” J. Tek. Mesin, vol. 06, pp. 69–72, 2017.
A. Yadav, C. Mayfield, N. Zhou, S. Hambrusch, and J. T. Korb, “Computational thinking in elementary and secondary teacher education,” ACM Trans. Comput. Educ., vol. 14, no. 1, pp. 1–16, 2014, doi: 10.1145/2576872.
C. I. Mufidah, “Pengembangan Modul Pembelajaran Pada Kompetensi Dasar Hubungan Masyarakat Kelas X Apk 2 Di Smkn 10 Surabaya,” J. Pendidik. Adm. Perkantoran, vol. 2, pp. 1–17, 2014.
E. N. Khabibah, “The Effectiveness of Module Based on Discovery Learning to Increase Generic Science Skills,” 2017, doi: 10.11591/edulearn.v11i2.6076.
U. R. Asep Sunantri, Agus Suyatna, “Pengembangan Modul Pembelajaran Menggunakan Learning Content Development System Materi Usaha Dan Energi,” J. Pembelajaran Fis., vol. 4, no. 1, pp. 107–117, 2016, [Online]. Available: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPF/article/view/10956.
Ratna, “Efektivitas Penggunaan Buku Ajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Aqidah AKhlak Siswa Kelas VII MTS Aisiyah Cab. Makassar,” Universitas Muhammadiyah Makassar, 2018.
M. A. R. H. Ardy Irawan, “Kepraktisan Media Pembelajaran Komik Matematika Pada Materi Himpunan Kelas Vii Smp/Mts,” vol. 10, no. April, pp. 91–100, 2021, [Online]. Available: https://www.journal.unrika.ac.id/index.php/jurnalphythagoras/article/view/2934.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA, 2012.
D. E. Meltzer, “The relationship between mathematics preparation and conceptual learning gains in physics : A possible ‘“ hidden variable ”’ in diagnostic pretest scores,” pp. 1259–1268, 2002, doi: 10.1119/1.1514215.
S. Akbar, Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset, 2013.
I. Laili, Ganefri, and Usmeldi, “Efektivitas Pengembangan E-Modul Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Instalasi,” J. Imiah Pendidik. dan Pembelajaran, vol. 3, no. 3, pp. 306–315, 2019, [Online]. Available: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPP/article/download/21840/13513.
A. H. Nisa, M. Mujib, and R. W. Y. Putra, “Efektivitas E-Modul dengan Flip Pdf Professional Berbasis Gamifikasi Terhadap Siswa SMP,” J. Pendidik. Mat. Raflesia, vol. 05, no. 02, pp. 14–25, 2020, [Online]. Available: https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr.
M. Mutmainah, A. Aunurrahman, and W. Waneri, “Efektivitas Penggunaan E-Modul Terhadap Hasil Belajar Kognitif Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Di Madrasah Tsanawiyah,” J. Basicedu, vol. 5, no. 3, pp. 1625–1631, 2021.
R. Fauziyah, “Efektivitas Penggunaan Modul untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Boga Dasar Kelas X di SMK Negeri 1 Kalasan Yogyakarta,” Universitas Negeri Yogyakarta, 2016.
Trianto, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif Prosedur. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2013.
Anak Agung Meka Maharcika, Ni Ketut Suarni, and I Made Gunamantha, “Pengembangan Modul Elektronik (E-Modul) Berbasis Flipbook Maker Untuk Subtema Pekerjaan Di Sekitarku Kelas Iv Sd/Mi,” PENDASI J. Pendidik. Dasar Indones., vol. 5, no. 2, pp. 165–174, 2021, doi: 10.23887/jurnal_pendas.v5i2.240.
F. Istiqomah, A. Widiyatmoko, and I. U. Wusqo, “Pengaruh Media Kokami Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif dan Aktivitas Belajar Tema Bahan Kimia,” Unnes Sci. Educ. J., vol. 5, no. 2, p. 1220, 2016, [Online]. Available: http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/usej.
N. Putu and D. Yanti, “Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia Pengembangan Modul Elektronik IPA SMP Kelas VIII Berbasis Inkuiri pada Materi Cahaya dan Alat Optik,” vol. 5, no. April, pp. 79–88, 2022.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Categories
License
Copyright (c) 2022 Journal of Mathematics Education and Science
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work