Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Etnomatematika pada Masjid Jamik Sumenep
Abstract View: 367, PDF Download: 266DOI:
https://doi.org/10.32665/james.v6i1.1390Keywords:
Ethmomathematics, Masjid Jamik Sumenep, EtnomatematikaAbstract
Matematika adalah salah satu mata pelajaran yang sulit dipahami oleh siswa karena kurangnya pemahaman siswa dalam menyelesaikan masalah matematika. Dengan menerapkan etnomatematika, diharapkan dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam belajar matematika menjadi lebih maksimal. Keterkaitan antara Matematika dengan kehidupan sehari hari digunakan oleh pendidik untuk menyampaikan materi pembelajaran sehingga siswa dapat dengan mudah menemukan adanya matematika pada kehidupan nyata. Penelitian ini betujuan untuk mengembangkan lembar kerja peserta didik berbasis etnomatematika pada Masjid Jamik Sumenep. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah research and development (R&D) dengan model 4D. Hasil penelitian menujukkan lembar kerja peserta didik yang sudah dikembangkan memenuhi kriteria valid, praktis dengan persentase 82,02% dengan ketegori baik, dan efektif dengan 25 siswa memenuhi kriteria tuntas dan jumlah keseluruhan siswa yang telah tuntas lebih dari sehingga dapat dikategorikan dalam tuntas secara klasikal. Selain itu, Persentase hasil angket siswa yang memilih pilihan setuju dan sangat setuju sebanyak lebih dari 75% pada setiap indikator, maka lembar kerja peserta didik berbasis etnomatematika di Masjid Jamik Sumenep mendapatkan respon positif.
References
A. A. Kurniawan, “Strategi pengembangan sektor unggulan dan ekonomi wilayah di kabupaten sumenep,” 2014.
A. Y. Widiatami, “Akulturasi Budaya dalam Makna dan Fungsi di Masjid Agung Sumenep,” no. 1991, pp. A095-A102, 2017, doi: 10.32315/sem.1.a095.
A. W. Hujairi, “Perancangan Film Dokumenter Expository Untuk Meningkatkan Pemahaman Masyarakat Terhadap Situs Peninggalan Bersejarah,” J. Teknol. Inf. dan Terap., vol. 8, no. 2, pp. 113–120, 2021.
S. W. Danoebroto, “Kaitan antara Etnomatematika dan Matematika Sekolah: Sebuah Kajian Konseptual,” Idealmathedu Indones. Digit. J. Math. Educ., vol. 7, no. 1, pp. 37–48, 2020, doi: 10.53717/idealmathedu.v7i1.171.
M. A. Hanafi, “Deskripsi Kesulitan Belajar Geometri Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Cokroaminoto Palopo,” Pros. Semin. Nas., vol. 03, no. 1, pp. 273–283, 2009.
I. L. Nur’aini, E. Harahap, F. H. Badruzzaman, and D. Darmawan, “Pembelajaran Matematika Geometri Secara Realistis Dengan GeoGebra,” Matematika, vol. 16, no. 2, pp. 1–6, 2017, doi: 10.29313/jmtm.v16i2.3900.
N. Marliani and A. R. Hakim, “Pengaruh metode belajar dan kecemasan diri terhadap hasil belajar matematika peserta didik,” JKPM (Jurnal Kaji. Pendidik. Mat., vol. 01, no. 01, pp. 136–150, 2015.
P. D. R. Becik, E. Yudianto, R. Ambarwati, and L. Nur, “Design development of Batik Tulis Daun Singkong Bondowoso motifs with combination of fractal objects as material for student worksheets with ethnomathematical-based,” vol. 030034, 2022.
N. Atikah, V. Karjiyati, and F. Noperman, “Pengaruh Model Realistic Mathematics Education Berbasis Etnomatematika Tabut terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Kelas IV SDN di Kota Bengkulu Nur Atikah,” Juridikdas J. Ris. Pendidik. Dasar, vol. 3, no. 1, pp. 25–32, 2020.
Sarwoedi, D. O. Marinka, P. Febriani, and I. N. Wirne, “Efektifitas etnomatematika dalam meningkatkan kemampuan pemahaman matematika siswa,” J. Pendidik. Mat. Raflesia, vol. 03, no. 02, pp. 171–176, 2018, [Online]. Available: https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr/article/view/7521
G. Kencanawaty and A. Irawan, “Penerapan Etnomatematika Dalam Pembelajaran Matematika Di Sekolah Berbasis Budaya,” pp. 169–175, 2017.
A. A. Musyarofah, “Etnomatematika Pada Ornamen Masjid Rhoudotul Muchlisin Sebagai Lembar Kerja Siswa,” Digit. Repos. Univ. Jember, no. September 2019, pp. 2019–2022, 2021.
R. P. Hartindya, Sunardi, and N. Yuliati, “ETNOMATEMATIKA BATIK NUSANTARA MATERI TRANSFORMASI GEOMETRI TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI Universitas Jember , Jember , Indonesia E-mail : Abstrak PENDAHULUAN Geometri merupakan salah satu cabang matematika yang sangat penting dipelajari k,” vol. 11, no. 3, pp. 2257–2268, 2022.
I. Sasmita, “Pengembangan Lkpd Berbasis Kearifan Lokal Kerajinan Anyaman Bambu Untuk Pembelajaran Matematika Materi Volume Kubus Dan Balok Pada Siswa Kelas V Di Sdn Kunir Kidul 01 Lumajang,” 2022.
D. P. Rahayu, S. Setiawani, and R. P. Murtikusuma, “Etnomatematika Pada Ativitas Pasca Panen Tembakau Masyarakat Pendalungan dan Penerapan Sebagai Lembar Kerja Peserta Didik,” vol. 9, 2018.
A. C. Pujangga, “Etnomatematika Pada Masjid Muhammad Cheng Hoo Jember Sebagai Bahan Pembelajaran Matematika",” Skripsi, Univ. Jember, 2019.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Categories
License
Copyright (c) 2022 Journal of Mathematics Education and Science
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work