Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Etnomatematika pada Masjid Jamik Sumenep

Abstract View: 234, PDF Download: 163

Authors

  • Vira Salsabila Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Jember
  • Erfan Yudianto Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Jember
  • Reza Ambarwati Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Jember
  • Toto Bara Setiawan Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Jember
  • Edy Wihardjo Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Jember

DOI:

https://doi.org/10.32665/james.v6i1.1390

Keywords:

Ethmomathematics, Masjid Jamik Sumenep, Etnomatematika

Abstract

Matematika adalah salah satu mata pelajaran yang sulit dipahami oleh siswa karena kurangnya pemahaman siswa dalam menyelesaikan masalah matematika. Dengan menerapkan etnomatematika, diharapkan dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam belajar matematika menjadi lebih maksimal. Keterkaitan antara Matematika dengan kehidupan sehari hari digunakan oleh pendidik untuk menyampaikan materi pembelajaran sehingga siswa dapat dengan mudah menemukan adanya matematika pada kehidupan nyata. Penelitian ini betujuan untuk mengembangkan lembar kerja peserta didik berbasis etnomatematika pada Masjid Jamik Sumenep. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah research and development (R&D) dengan model 4D. Hasil penelitian menujukkan lembar kerja peserta didik yang sudah dikembangkan memenuhi kriteria valid, praktis dengan persentase 82,02% dengan ketegori baik, dan efektif dengan 25 siswa memenuhi kriteria tuntas dan jumlah keseluruhan siswa yang telah tuntas lebih dari  sehingga dapat dikategorikan dalam tuntas secara klasikal. Selain itu, Persentase hasil angket siswa yang memilih pilihan setuju dan sangat setuju sebanyak lebih dari 75% pada setiap indikator, maka lembar kerja peserta didik berbasis etnomatematika di Masjid Jamik Sumenep mendapatkan respon positif.

References

A. A. Kurniawan, “Strategi pengembangan sektor unggulan dan ekonomi wilayah di kabupaten sumenep,” 2014.

A. Y. Widiatami, “Akulturasi Budaya dalam Makna dan Fungsi di Masjid Agung Sumenep,” no. 1991, pp. A095-A102, 2017, doi: 10.32315/sem.1.a095.

A. W. Hujairi, “Perancangan Film Dokumenter Expository Untuk Meningkatkan Pemahaman Masyarakat Terhadap Situs Peninggalan Bersejarah,” J. Teknol. Inf. dan Terap., vol. 8, no. 2, pp. 113–120, 2021.

S. W. Danoebroto, “Kaitan antara Etnomatematika dan Matematika Sekolah: Sebuah Kajian Konseptual,” Idealmathedu Indones. Digit. J. Math. Educ., vol. 7, no. 1, pp. 37–48, 2020, doi: 10.53717/idealmathedu.v7i1.171.

M. A. Hanafi, “Deskripsi Kesulitan Belajar Geometri Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Cokroaminoto Palopo,” Pros. Semin. Nas., vol. 03, no. 1, pp. 273–283, 2009.

I. L. Nur’aini, E. Harahap, F. H. Badruzzaman, and D. Darmawan, “Pembelajaran Matematika Geometri Secara Realistis Dengan GeoGebra,” Matematika, vol. 16, no. 2, pp. 1–6, 2017, doi: 10.29313/jmtm.v16i2.3900.

N. Marliani and A. R. Hakim, “Pengaruh metode belajar dan kecemasan diri terhadap hasil belajar matematika peserta didik,” JKPM (Jurnal Kaji. Pendidik. Mat., vol. 01, no. 01, pp. 136–150, 2015.

P. D. R. Becik, E. Yudianto, R. Ambarwati, and L. Nur, “Design development of Batik Tulis Daun Singkong Bondowoso motifs with combination of fractal objects as material for student worksheets with ethnomathematical-based,” vol. 030034, 2022.

N. Atikah, V. Karjiyati, and F. Noperman, “Pengaruh Model Realistic Mathematics Education Berbasis Etnomatematika Tabut terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Kelas IV SDN di Kota Bengkulu Nur Atikah,” Juridikdas J. Ris. Pendidik. Dasar, vol. 3, no. 1, pp. 25–32, 2020.

Sarwoedi, D. O. Marinka, P. Febriani, and I. N. Wirne, “Efektifitas etnomatematika dalam meningkatkan kemampuan pemahaman matematika siswa,” J. Pendidik. Mat. Raflesia, vol. 03, no. 02, pp. 171–176, 2018, [Online]. Available: https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr/article/view/7521

G. Kencanawaty and A. Irawan, “Penerapan Etnomatematika Dalam Pembelajaran Matematika Di Sekolah Berbasis Budaya,” pp. 169–175, 2017.

A. A. Musyarofah, “Etnomatematika Pada Ornamen Masjid Rhoudotul Muchlisin Sebagai Lembar Kerja Siswa,” Digit. Repos. Univ. Jember, no. September 2019, pp. 2019–2022, 2021.

R. P. Hartindya, Sunardi, and N. Yuliati, “ETNOMATEMATIKA BATIK NUSANTARA MATERI TRANSFORMASI GEOMETRI TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI Universitas Jember , Jember , Indonesia E-mail : Abstrak PENDAHULUAN Geometri merupakan salah satu cabang matematika yang sangat penting dipelajari k,” vol. 11, no. 3, pp. 2257–2268, 2022.

I. Sasmita, “Pengembangan Lkpd Berbasis Kearifan Lokal Kerajinan Anyaman Bambu Untuk Pembelajaran Matematika Materi Volume Kubus Dan Balok Pada Siswa Kelas V Di Sdn Kunir Kidul 01 Lumajang,” 2022.

D. P. Rahayu, S. Setiawani, and R. P. Murtikusuma, “Etnomatematika Pada Ativitas Pasca Panen Tembakau Masyarakat Pendalungan dan Penerapan Sebagai Lembar Kerja Peserta Didik,” vol. 9, 2018.

A. C. Pujangga, “Etnomatematika Pada Masjid Muhammad Cheng Hoo Jember Sebagai Bahan Pembelajaran Matematika",” Skripsi, Univ. Jember, 2019.

Downloads

Published

2023-04-28

How to Cite

[1]
V. Salsabila, E. Yudianto, R. Ambarwati, T. B. Setiawan, and E. Wihardjo, “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Etnomatematika pada Masjid Jamik Sumenep”, JaMES, vol. 6, no. 1, pp. 67–74, Apr. 2023.
Abstract View: 234, PDF Download: 163