Self-Regulated Learning dalam Pembelajaran Matematika pada Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Literasi Numerasi
Abstract View: 319, PDF Download: 339DOI:
https://doi.org/10.32665/james.v6i2.1460Keywords:
self-regulated learning, literasi, literacy, mathematics, matematikaAbstract
Penelitian ini mendeskripiskan self-regulated learning peserta didik dalam menyelesaikan soal literasi numerasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode deskriptif kuantitatif. Penelitian ini bersubjekkan siswa kelas XI Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) sebanyak dua kelas di SMK Muhamamdiyah 03 Sukaraja yang dipilih secara random sampling. Subjek penelitian ini terdiri dari 56 orang peserta didik. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas XI pada sekolah yang dipilih. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan inventori yang telah divalidasi sebelumnya. Instrumen inventori yang dipilih yaitu inventori self-regulated learning yang valid dan reliabel. Pernyataan dalam inventori ini berisi 30 butir pernyataan dengan skala Likert. Hasil yang diperoleh dari inventori yang dibagikan menunjukkan bahwa pada tahap pertama yaitu perencanaan diperoleh rata-rata persentase peserta didik mampu merencanakan pemecahan maslaah sebesar 32%, kemudian pada tahap perencanaan memperoleh rata-rata sebesar 51%, selanjutnya pada tahap terakhir yaitu evaluasi memperoleh rata-rata sebesar 17% jauh dibawah rata-rata tahap lainnya. Sedangkan, secara keseluruhan rata-rata dari persentase hasil inventori self-regulated learning peserta didik adalah 23,06% yang menunjukkan kategori sedang.References
Depdiknas, Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi, Jakarta: Direktoral Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah, 2006.
E. Sulistiani and Masrukan, "Pentingnya Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika dalam Menghadapi Tantangan MEA," Prosiding Seminar Nasional Matematika, pp. 6-15-612, 2017.
I. F. Rahayu and I. N. Aini, "Analisis Kemnadirian Belajar dalam Pembelajaran Matematika pada Siswa SMP," Jurnal Pendidikan Matematika Inovatif (JPMI), pp. 789-798, 2021.
S. Nurfadilah and D. L. Hakim, "Kemandirian Belajar Siswa dalam Proses Pembelajaran Matematika," Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, pp. 1214-1223, 2019.
S. H. Riswandha and Sumardi, "Komunikasi Matematika, Persepsi pada Mata Pelajaran Matematika, dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar," Jurnal Mercumatika: Jurnal Penelitian Matematika, pp. 84-93, 2020.
A. Robiana and H. Handoko, "Pengaruh Penerapan Media UnoMath untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa," Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, vol. 9, no. 3, pp. 521-532, 2020.
Kusmaharti, "Self-Regulated Learning-Based digital Module Development to Improve Student's Critical Thinking Skills," Al-Jabar Jurnal Pendidikan Matematika, pp. 211-220, 2022.
A. A. Addawiyah and Basuki, "Kemampuan Representasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Himpunan dan Kemandirian Belajar," Jurnal Institut Pendidikan, vol. 2, no. 1, pp. 111-120, 2022.
B. J. Zimmerman, "A Social Cognitive View of Self-Regulated Academic Learning," Journal Of Educational Psychology, vol. 81, no. 3, pp. 329-339, 1989.
Y. M. Reni, D. Kuswandi and Sihkabuden, "Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Self Regulated Learning Terhadap Hasil Belajar," JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran): Kajian dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, vol. 4, no. 1, pp. 47-55, 2018.
N. Nurvicalesti, Walid and N. R. Dewi, "Mathematics Literacy Skill Seen from Self-Regulated Learning (SRL) in SQ4R Learning with Mathematics Realistic Approach," Unnes Journal of Matheaticd Education Research, vol. 10, no. A, pp. 68-74, 2021.
S. Handayani and N. Sholikhah, "Pengaruh Antara Self Efficacy Dan Self Regulated Learning Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Selama Pembelajaran Daring," EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, vol. 3, no. 4, pp. 1373-1382, 2021.
M. Fisher and D. Baird, "Online Learning Design that Fosters Student Support, Self-Regulation, and Retettion," Campus Wide Information System, vol. 2, no. 2, pp. 88-107, 2005.
U. Sumamrmo, "Kemandirian Belajar: Apa, Mengapa, dan Bagaimana dikembangkan pada Peserta Didik," in Seminar Nasional FPMIPA UNY, 2004.
R. Kholifasari, C. Utami and Mariyam, "Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Ditinjau Dari Karakter Kemandirian Belajar Materi Aljabar," Jurnal Derivat, vol. 7, no. 2, pp. 117-125, 2020.
S. Agustiani, N. Agustiani and N. A. Nurcahyono, "Analisis Berpikir Literasi Matematika Berdasarkan Kemandirian Belajar Siswa SMP," Equals: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, vol. 4, no. 2, pp. 67-78, 2021.
A. F. R. Fahmy and M. Wardono, "Kemampuan Literasi Matematika dan Kemandirian Belajar Siswa Pada Model Pembelajaran Rme Berbantuan Geogebra," in PRISMA, Prosiding Sminar Nasioanal Matematika, Semarang, 2018.
J. W. Santrock, Educational Psychology; Third Edition, New York: MCGraw Hill, 2008.
S. Azwar, Penggunaan Skala Psikologi, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2016.
D. Kusmaharti and V. Yustitia, "Self Regulated Learning Calon Guru Sekolah Dasar dalam Menyelesaikan Masalah," Union: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, vol. 10, no. 3, pp. 395-404, 2022.
I. Putra, N. W. Arini and S. I. Komang, "Pengaruh Model Self Regulated Learning terhadap Hasil Belajar IPA Siswa," International Journal of Elemntary Education, vol. 3, no. 3, pp. 258-266, 2019.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Categories
License
Copyright (c) 2023 Journal of Mathematics Education and Science
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work