Pengaruh Keahlian Berpikir Kritis Siswa SMP Terhadap Literasi Lingkungan dan Literasi Digital
Abstract View: 111, PDF Download: 109DOI:
https://doi.org/10.32665/james.v7i2.2728Keywords:
Literasi Lingkungan, Digital, Berpikir Kritis , Environmental Literacy, Critical ThinkingAbstract
Tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengetahuiagaimana literasi lingkungan dan literasi digital mempengaruhi kemampuan berpikir kritis matematika di SMP Negeri Kecamatan Jati Agung. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dengan taraf signifikansi = 0,05. Analisis ini menggunakan tiga uji, yaitu; uji t, uji F, dan uji koefisien determinasi (R2). Hasil uji t didapat nilai p-value = 0,018 pada tes literasi lingkungan, sehingga dapat dinyatakan H0 ditolak, yang artinya terdapat pengaruh dari litarisi lingkungan terhadap kemampuan berpikir kritis, selanjutnya antara kemampuan literasi digital dengan berpikir kritis matematis mempunyai nilai p-value yakni 0,021 sehingga H0 ditolak yang berarti terdapat dampak yang drastis. H0 ditolak . Hasil dari uji F dengan taraf signifikansi a = 0,05 dan p-value 0,005 memperlihatkan jika literasi lingkungan dan literasi digital mempunyai hubungan terhadap kemampuan berpikir kritis matematis murid. Hasil pada koefisen determinasi diperoleh nilai R square sebesar 0,042, artinya pengaruh dari variabel independen terhadap variabel dependen sebesar 4,2%.
References
R. Prajono, D. Y. Gunarti, and M. Anggo, “Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta Didik SMP Ditinjau dari Self Efficacy,” Mosharafa J. Pendidik. Mat., vol. 11, no. 1, pp. 143–154, 2022, doi: 10.31980/mosharafa.v11i1.1072.
N. Rahayu and F. Alyani, “Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Ditinjau Dari Adversity Quotient,” Prima J. Pendidik. Mat., vol. 4, no. 2, p. 121, 2020, doi: 10.31000/prima.v4i2.2668.
Nurdyansyah and N. Mutala’liah, “Pengembangan Bahan Ajar Modul Ilmu Pengetahuan Alambagi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar,” Progr. Stud. Pendidik. Guru Madrasa Ibtida’iyah Fak. Agama Islam Univ. Muhammadiyah Sidoarjo, vol. 41, no. 20, pp. 1–15, 2015.
I. H. Abdullah, “Berpikir Kritis Matematik,” Delta-Pi J. Mat. dan Pendidik. Mat., vol. 2, no. 1, pp. 66–75, 2016, doi: 10.33387/dpi.v2i1.100.
D. Ahmatika, “Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dengan Pendekatan Inquiry/Discovery,” Euclid, vol. 3, no. 1, pp. 394–403, 2017, doi: 10.33603/e.v3i1.324.
R. A. Fitri and H. Hadiyanto, “Kepedulian Lingkungan melalui Literasi Lingkungan pada Anak Usia Dini,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 6, no. 6, pp. 6690–6700, 2022, doi: 10.31004/obsesi.v6i6.3485.
N. Aini, M. H. I. Al Muhdhar, F. Rochman, I. W. Sumberartha, L. Mardiyanti, and W. Wardhani, “Analisis Tingkat Literasi Lingkungan Siswa Pada Muatan Lokal Pendidikan Linkungan Hidup,” J. Pendidik. Biol., vol. 12, no. 1, pp. 40–44, 2020.
N. Nurwidodo, S. W. Romdaniyah, S. Sudarmanto, D. Rosanti, K. Kurniawati, and Z. Abidin, “Analisis Profil Berpikir Kritis, Kreatif, Keterampilan Kolaboratif, dan Literasi Lingkungan Siswa Kelas 8 SMP Muhammadiyah sebagai Impak Pembelajaran Modern,” Biosci. J. Ilm. Biol., vol. 9, no. 2, p. 605, 2021, doi: 10.33394/bioscientist.v9i2.4642.
R. Farwati, A. Permanasari, H. Firman, and T. Suhery, “Integrasi problem based learning dalam stem education berorientasi pada aktualisasi literasi lingkungan dan kreativitas,” Semin. Nas. Pendidik. IPA Tahun 2021, vol. 1, no. 1, pp. 198–206, 2018, [Online]. Available: http://conference.unsri.ac.id/index.php/semnasipa/article/view/688
A. Sujana and D. Rachmatin, “Literasi Digital Abad 21 Bagi Mahasiswa PGSD: Apa, Mengapa, dan Bagaimana,” Conf. Ser. J., vol. 1, no. 1, pp. 1–7, 2019, [Online]. Available: https://ejournal.upi.edu/index.php/crecs/article/view/14284
M. W. Sahidillah and P. Miftahurrisqi, “Whatsapp sebagai Media Literasi Digital Siswa,” J. VARIDIKA, vol. 31, no. 1, pp. 52–57, 2019, doi: 10.23917/varidika.v1i1.8904.
N. Tsaniyah and K. A. Juliana, “Literasi Digital Sebagai Upaya Menangkal Hoaks Di Era Disrupsi,” al-Balagh J. Dakwah dan Komun., vol. 4, no. 1, pp. 121–140, 2019, doi: 10.22515/balagh.v4i1.1555.
D. Setiawati, “Perbedaan Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa Smk Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning Dan Pembelajaran Konvensional,” NUSRA J. Penelit. dan Ilmu Pendidik., vol. 4, no. 3, pp. 630–646, 2023, doi: 10.55681/nusra.v4i3.1338.
C. Novtiar and U. Aripin, “Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Dan Kepercayaan Diri Siswa Smp Melalui Pendekatan Open Ended,” Prisma, vol. 6, no. 2, pp. 119–131, 2017, doi: 10.35194/jp.v6i2.122.
R. Mahmuzah, “Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Problem Posing,” J. Peluang, vol. 4, no. 1, pp. 64–72, 2015, doi: 10.35194/jp.v6i2.123.
K. Umam, “Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Reciprocal Teaching,” J. Pendidik. Mat. Indones., vol. 3, no. 2, pp. 57–61, 2018, doi: 10.33603/e.v6i2.2216.
A. Sianturi, T. N. Sipayung, and F. M. A. Simorangkir, “Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMPN 5 Sumbul,” UNION J. Pendidik. Mat., vol. 6, no. 1, pp. 29–42, 2018, doi: 10.55171/geomath.v2i2.868.
D. Ratnawati, I. Handayani, and W. Hadi, “Pengaruh Model Pembelajaran Pbl Berbantu Question Card Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Smp,” Edumatica J. Pendidik. Mat., vol. 10, no. 01, pp. 44–51, 2020, doi: 10.22437/edumatica.v10i01.7683.
M. S. A. Alqusyairi, S. Suherman, and F. Farida, “Hubungan Literasi Lingkungan Dan Literasi Matematis Terhadap Kemampuan Computer Self Efficacy,” J. Lebesgue J. Ilm. Pendidik. Mat. Mat. dan Stat., vol. 2, no. 2, pp. 153–165, 2021, doi: 10.46306/lb.v2i2.62.
A. Y. Pratama, R. R. T. Marpaung, B. Yolida, and Pendidikan, “Pengaruh Literasi Lingkungan Terhadap Environmental Responsibility Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Bandar Lampung,” J. Bioterdidik Wahana Ekspresi Ilm., vol. 8, no. 1, pp. 56–65, 2020, doi: 10.23960/jbt.v8.i1.07.
D. S. Harahap, P. Simbolon, R. Amelia, D. Siregar, P. Studi, and P. Biologi, “Efektivitas Penggunaan Perangkat Pembelajaran Biologi Berbasis Literasi Lingkungan Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas X Di Sma Negeri 1 Batang Onang,” J. Edugenesis-Institut Pendidik. Tapanuli Selatan, vol. 6, no. 2, pp. 23–28, 2023.
N. Pratiwi and N. Pritanova, “Pengaruh Literasi Digital Terhadap Psikologis Anak Dan Remaja,” Semantik, vol. 6, no. 1, pp. 11–24, 2017, doi: 10.22460/semantik.v6i1p11-24.250.
T. Terttiaavini and T. S. Saputra, “Literasi Digital Untuk Meningkatkan Etika Berdigital Bagi Pelajar Di Kota Palembang,” JMM (Jurnal Masy. Mandiri), vol. 6, no. 3, p. 2155, 2022, doi: 10.31764/jmm.v6i3.8203.
E. Yuliana, S. D. Nirmala, and L. S. Ardiasih, “Pengaruh Literasi Digital Guru dan Lingkungan Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar,” J. Basicedu, vol. 7, no. 1, pp. 28–37, 2023, doi: 10.31004/basicedu.v7i1.4196.
H. Salim, Penelitian Pendidikan: Metode, Pendekatan, Dan Jenis. Kencana, 2019.
A. Nurrahmah et al., Pengantar Statistika 1. Bandung: Media Sains Indonesia, 2021.
S. Amirullah, “Populasi Dan Sampel,” Malang Bayu Media Publ. Malang, 2015.
Sugiyono, Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
A. Z. Siregar and N. Harahap, Strategi Dan Teknik Penulisan Karya Tulis Ilmiah Dan Publikasi.
S. Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Yogyakarta: Rineka Cipta, 2010.
N. Herawati, K. Nisa, D. Azis, and S. U. Nabila, “Ridge Regression For Handling Different Levels Of Multicollinearity,” Sci. Int. Lahore, vol. 30, no. 4, pp. 597–600, 2018.
L. Kinanti, “Hubungan Literasi Digital Dan Kesadaran Lingkungan Terhadap Keahlian berpikir Kritis Siswa Kelas 10 Sma Negeri 1 Pandaan Pada Topik Global Warming Dengan Solusi Kimia Hijau / Lina Kinanti,” Universitas Negeri Malang, 2023.
B. R. Fayudha, “Pengaruh Model Alc Berbantuan Aplikasi Lingmat Terhadap Minat Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa,” ANARGYA J. Ilm. Pendidik. Mat., vol. 4, no. 2, 2021, doi: 10.24176/anargya.v4i2.6560.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Categories
License
Copyright (c) 2024 Journal of Mathematics Education and Science
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work