Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Inside Outside Circle (IOC) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII MTs Mathla’ul Anwar Panjang

Authors

  • Dewi Robbi Anti UIN Raden Intan Lampung
  • Siska Andriani UIN Raden Intan Lampung
  • Haris Budiman UIN Raden Intan Lampung

DOI:

https://doi.org/10.32665/james.v5i2.301

Keywords:

Inside Outside Circle (IOC), Motivasi Belajar, Pemahaman Konsep, Motivation Learning, Concept Understanding

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Inside Outside Circle (IOC) terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa ditinjau dari motivasi belajar siswa kelas VIII MTs Mathla’ul Anwar Panjang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis eksperimen, menggunakan metode quasy experimental design dengan penelitian factorial 2 x 3. Sampel yang digunakan sebanyak 34 peserta didik yang diambil dengan teknik acak kelas. Teknik dalam pengumpulan data yang digunakan adalah tes kemampuan pemahaman konsep siswa dan angket motivasi belajar siswa. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dengan uji liliefors dan uji homogenitas dengan uji barlett. Uji hipotesis menggunakan uji analisis variansi dua jalan sel tak sama. Menurut hasil penelitian dan pembahasan perhitungan uji analisi variansi dua jalan sel tak sama diperoleh  ditolak dan  ditolak dan  diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe IOC terhadap kemampuan pemahaman konsep, (2) terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap kemampuan pemahaman konsep, (3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran kooperatif tipe Inside Outside Circle (IOC) dengan motivasi belajar terhadap kemampuan pemahaman konsep.

References

S. Andriani, “Evaluasi CSE-UCLA pada Studi Proses Pembelajaran Matematika,” Al-Jabar J. Pendidik. Mat., vol. 6, no. 2, pp. 167–175, 2015.

D. Destiniar, J. Jumroh, and D. M. Sari, “Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau Dari Self Efficacy Siswa Dan Model Pembelajaran Think Pair Share (Tps) Di Smp Negeri 20 Palembang,” J. Penelit. dan Pembelajaran Mat., vol. 12, no. 1, 2019, doi: 10.30870/jppm.v12i1.4859.

S. Ningsih, S. Andriani, “Penerapan Model Pembelajaran Inside Outside Circle Terhadap Pemahaman Konsep Siswa,” Mat. Educ. Sci., vol. 2, no. 2, pp. 88–94, 2017.

A. Shoimin, 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-Ruzz Media, 2014.

N. Rahmah and Rafika, “Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Inside-Outside Circle,” Kelola J. Islam. Educ. Manag., vol. 2, no. 1, pp. 1–14, 2017.

A. M. Tama, A. Rinaldi, and S. Andriani, “Pemahaman Konsep Peserta Didik dengan Menggunakan Graded Response Models (GRM),” Desimal J. Mat., vol. 1, no. 1, p. 91, 2018, doi: 10.24042/djm.v1i1.2041.

D. D. Pratiwi, “Pembelajaran Learning Cycle 5e berbantuan GeoGebra terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis,” Al-Jabar J. Pendidik. Mat., vol. 7, no. 9, pp. 191–202, 2016.

M. Wati, “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Inside Outside Circle Pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 9 Pariaman,” Karmapati, vol. 2, no. 6, pp. 1–5, 2016, [Online]. Available: http://pti.undiksha.ac.id/karmapati/files/Vol2no6/6.pdf.

N. K. Ekayuni1, Netriwati, and D. Anggraini, “Model Picture And Picture dengan Index Card Match terhadap Penguasaan Konsep Matematis Nur Khasanah Ekayuni , Netriwati , Dian Anggraini PENDAHULUAN Model pembelajaran Picture And Picture adalah suatu model pembelajaran yang menggunakan gambar dan dipasan,” Desimal J. Mat., vol. 1, no. 1, pp. 107–112, 2018.

Downloads

Published

2022-08-23

How to Cite

[1]
D. R. Anti, S. Andriani, and H. Budiman, “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Inside Outside Circle (IOC) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII MTs Mathla’ul Anwar Panjang”, JaMES, vol. 5, no. 2, pp. 87–92, Aug. 2022.