Pendampingan Program Aplikasi Komputer (MAPLE) Sebagai Media dalam Membantu Perhitungan dan Visualisasi Matematis
Abstract View: 135, PDF Download: 128DOI:
https://doi.org/10.32665/jarcoms.v3i1.2792Keywords:
Program Komputer, MAPLE, perhitungan, visualisasi, mediaAbstract
Hasil analisis situasi di MTs SA Al Istiqomah menunjukkan minimnya inovasi dalam pengembangan media pembelajaran Matematika dengan menggunakan Program Komputer. Program Komputer dapat membantu peserta didik dalam memahami proses perhitungan matematis. Salah satu program yang dibutuhkan yaitu MAPLE. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pendampingan program aplikasi komputer (MAPLE) sebagai media dalam membantu perhitungan dan visualisasi matematis bagi peserta didik. Subjek kegiatan pengabdian kepada masyarakat adalah guru matematika di MTs SA Al Istiqomah, Ds. Mojosari, Kec.Kepohbaru, Kabupaten Bojonegoro. Dalam pelaksanaan kegiatan pelatihan ditunjang dengan metode ceramah, tanya jawab dan praktek langsung penggunaan aplikasi komputer dengan bantuan Modul Program Aplikasi Komputer (MAPLE). Tujuan lain dari kegiatan ini adalah menumbuhkan nilai-nilai pendidikan pada diri Guru. Nilai-nilai tersebut diantaranya berupa rasa ingin tahu, kreatif, kerja keras, dan komunikatif. Waktu kegiatan adalah tiga kali dalam kurun waktu satu bulan. Kegiatan pertama yaitu pembukaan, sosialisasi, dan pelatihan aplikasi MAPLE. Kegiatan kedua adalah tindak lanjut dari kegiata pertama, yaitu pendampingan pengoperasian aplikasi MAPLE dalam perhitungan dan visualisasi soal-soal matematika. Kegiatan ketiga yaitu evaluasi dan rencana tindak lanjut, serta penutupan kegiatan. Setelah evaluasi diperoleh hasil peningkatan pengetahuan dan keterampilan guru dalam memanfaatkan MAPLE dalam kegiatan pembelajaran.
References
Mustaji, M. (2010). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Pola Belajar Kolaborasi (Model PBMPK). Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Universitas Negeri Malang, 17(2), 187–200.
Pujiastuti, C. E., Supriyadi, S., Riyono, J., & Syaifudin, S. (2024). Pelatihan Aplikasi Matematik MAPLE Untuk Kalkulus Satu Peubah Bagi Guru Matematika. Jurnal Pengabdian Sosial, 1(5), 290–297.
Rahmalina, W., Jusman, Y., & Salamun, S. (2018). Pelatihan aplikasi MAPLE pada mata pelajaran matematika. Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin, 1(3), 243–253.
Rahman, N. E., & others. (2018). Pengaruh Potret Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Aset Lokal pada Kelompok Budidaya Ikan Koi di Desa Banyuglugur Kecamatan Banyuglugur Situbondo. Jurnal Penelitian Kesejahteraan Sosial, 17(3), 207–216.
Rosenberg, M. J. (2001). E-learning: strategies for delivering knowledge in the digital age. McGrow-Hill.
Siswanah, E. (2017). Penguatan Kompetensi Profesional dan Pedagogis bagi Guru Matematika SMA/MA/SMK se Kecamatan Ngaliyan Melalui Pemanfaatan Software MAPLE dalam Pembelajaran Matematika. Dimas: Jurnal Pemikiran Agama Untuk Pemberdayaan, 15(2), 175–190.
Sudjana, N. (2009). Media pengajaran.
TungY, K. (2003). Visualisasidan Simulasi Fisika dengan Aplikasi Program MAPLE. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.
Widjajanti, K. (2011). Model pemberdayaan masyarakat.
Zayyadi, M., Lanya, H., & Irawati, S. (2019). Geogebra dan MAPLE sebagai media pembelajaran matematika untuk meningkatkan kualitas guru matematika. Abdimas Dewantara, 2(1), 53–61.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Journal of Research Applications in Community Service
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan