Pelatihan Strategi Marketing Bagi Masyarakat Desa Kanten Kecamatan Trucuk Kabupaten Bojonegoro
Abstract View: 176, PDF Download: 199DOI:
https://doi.org/10.32665/jarcoms.v1i1.565Keywords:
Pelatihan, Strategi Marketing, Digital Marketing, Ibu-Ibu PKK, Desa KantenAbstract
Marketing atau pemasaran merupakan suatu kegiatan untuk mengenalkan dan mempromosikan produk kepada konsumen atau khalayak umum. Teknologi, dunia digital dan internet yang berkembang pesat sangat berpengaruh pada dunia pemasaran, sehingga terciptalah paradigma baru dalam dunia usaha yakni digital marketing. Target pelatihan ini adalah Ibu-Ibu PKK Desa Kanten Kabupaten Bojonegoro. Sebagian besar mata pencaharian masyarakat Desa Kanten adalah bertani dan berdagang, sehingga sangat tepat untuk menerapkan strategi marketing yang baik untuk menjalankannya. Tujuan utama kegiatan pengabdian masyarakat ini yaitu menanamkan semangat wirausaha. Selama pelatihan, peserta memberikan respon yang positif terhadap program yang dilaksanakan. Dari instrumen kepuasan yang dibagikan diketahui bahwa program ini dapat memberi manfaat bagi bagi peserta. Pemateri dan keseluruhan program ini mendapatkan respon positip dari para peserta.
References
Arjang, A., Harwin, H., Hamid, W., & Jaya, A. R. (2019). Pelatihan Marketing Strategi Tenaga Pemasaran Guna Pencapaian Target Penjualan. BAKTIMAS: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(4), 212–217.
Aryani, D., & Fatmawati, F. (2021). Strategi marketing public relations butik Zaskia Sungkar dalam memasarkan busana muslim. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 3(2), 206–218.
Chandra, G., Tjiptono, F., & Chandra, Y. (2001). Pemasaran Global. Penerbit ANDI Yogyakarta.
Fathoni, M. I. A., Nisa, I. F., Huda, N., Wahyudhi, S., & Mahmudah, A. (2021). Pelatihan Pengolahan Bahan Alam (Ubi dan Daun Ketela) bersama Ibu-ibu PKK Desa Kanten. J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 5(1), 157–164.
Fitria, N. (2022). STRATEGI MARKETING POP HOTEL KEMANG KONSEP INSTAGRAMABLE JAKARTA PADA MASA COVID-19. Jurnal Akrab Juara, 7(2), 195–202.
Nurliyanti, N., Susanti, A. A., & Hadibrata, B. (2022). PENGARUH HARGA, PROMOSI DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (LITERATURE REVIEW STRATEGI MARKETING MANAJEMENT). Jurnal Ilmu Hukum, Humaniora Dan Politik, 2(2), 224–232.
Pinem, A., Christioko, V., & Gayuh, V. (2021). PELATIHAN STRATEGI CONTENT MARKETING PADA ANGGOTA KOPERASI DAN USAHA MIKRO KOTA SEMARANG. Join, 2(1), 15–21.
Purwana, D., Rahmi, R., & Aditya, S. (2017). Pemanfaatan digital marketing bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 1–17.
Riadi, M. (2020). Digital Marketing (Pengertian, Manfaat, Fungsi, Dimensi dan Strategi). Kajianpustaka.Com. https://www.kajianpustaka.com/2020/09/digital-marketing.html
Rinata, A. R., & Sariniati, M. (2020). Strategi Marketing Public Relations Jawa Timur Park Group dalam Menjalin Good Relations dengan Stakeholders. Jurnal Komunikasi Nusantara, 2(2), 20–30.
Rizana, D., & Syarifudin, A. (2020). Pelatihan Strategi Marketing Bagi Pengrajin Gerabah Desa Gebangsari Klirong Kebumen. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(3), 326–334.
Singh, H. (2018). Marketing Management. Essentials of Management for Healthcare Professionals, 211–220. https://doi.org/10.4324/9781315099200-17/MARKETING-MANAGEMENT-SINGH-HARI
Solikhah, F. N., Mursito, B., & Pawenang, S. (2020). ANALISIS PENGARUH STRATEGI MARKETING MIX TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI TOKO SUGENG. JURNAL ILMIAH EDUNOMIKA, 4(02).
Suhardi, A. R., Marinda, V. S., Rohendra, T., Putra, I. G. S., & Budiawan, A. (2021). Pelatihan Digital Marketing Pada Umkm Binaan Kadin Jawa Barat Dalam Menghadapi Era New Normal. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 3(2), 100–105.
Sulastri, K. (2019). Pelatihan Wirausaha dan Digital Marketing Bagi Perempuan Korban Kekerasan di Kota Singkawang. SNPMas: Seminar Nasional Pengabdian Pada Masyarakat, 125–132.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Journal of Research Applications in Community Service
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan