Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Alternatif Media Pembelajaran untuk Menciptakan Pembelajaran Aktif dan Inovatif

Abstract View: 194, PDF Download: 148

Authors

  • Anisa Fitri Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri
  • M. Ivan Ariful Fathoni Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri
  • Astrid Chandra Sari Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri

DOI:

https://doi.org/10.32665/jarcoms.v3i1.2815

Keywords:

program komputer, CANVA, media pembelajaran, pembelajaran aktif dan inovatif

Abstract

Hasil analisis situasi Pondok Pesantren Darul Istiqomah menunjukkan minimnya inovasi dalam pembelajaran Matematika dengan menggunakan aplikasi komputer. Selama ini siswa hanya mampu menggunakan media PowerPoint sebagai media presentasi. Aplikasi komputer dapat membantu peserta didik dalam membuat media presentasi yang inovatif. Salah satu aplikasi yang dapat dimanfaatkan yaitu Canva. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan dan pendampingan Program Aplikasi Komputer (Canva) sebagai alternatif media pembelajaran bagi guru. Mitra kegiatan pengabdian kepada masyarakat adalah Guru dan Peserta Didik di MTs S SA Al-Istiqomah, Kec. Kepoh Baru, Kabupaten Bojonegoro. Dalam pelaksanaan kegiatan pelatihan ditunjang dengan metode ceramah, tanya jawab dan praktek langsung penggunaan aplikasi komputer Program Aplikasi Komputer (Canva). Pendampingan yang diberikan kepada mitra untuk peningkatan pengetahuan dan keterampilan dalam pembuatan slide presentasi. Selain itu, kegiatan ini dapat menumbuhkan nilai-nilai pendidikan pada diri Guru, yaitu rasa ingin tahu, kreatif, kerja keras, dan komunikatif. Kegiatan diawali dengan pelatihan, kemudian dilanjutkan pendampingan selama satu bulan, penerapan teknologi, serta evaluasi dan tindak lanjuut. Hasil evaluasi berupa peningkatan pengetahuan dan keterampilan guru dalam memanfaatkan Canva untuk pembuatan slide presentasi dalam kegiatan pembelajaran.

References

Adriani, A., Sasmayunita, S., & Salewangeng, A. (2023). Pelatihan dan Pendampingan Media Pembelajaran Canva For Education Bagi Guru Bahasa SMA Se-kecamatan Ternate Utara. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(4), 3173–3177. https://doi.org/10.31949/JB.V4I4.6632

Atsani, K. H. L. G. M. Z. (2020). Transformasi media pembelajaran pada masa Pandemi COVID-19. Al-Hikmah: Jurnal Studi Islam, 1(1), 82–93.

Budiman, H. (2017). Peran teknologi informasi dan komunikasi dalam pendidikan. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 31–43.

Dharomesz, V. Y., Adyantari, A., Sasmita, R. P. H., & Noventa, O. C. (2023). PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PEMBUATAN KONTEN PROMOSI DI MEDIA SOSIAL MENGGUNAKAN APLIKASI CANVA. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sabangka, 2(06 November), 469–475.

Iramaynti, I., Nurjannah, N., Nurjannah, N., Heriyanti, A., Mirna, M., & Sari, F. (2023). Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Canva Education di MTs Nurul Izzah. AKM: Aksi Kepada Masyarakat, 4(1), 73–82. https://doi.org/10.36908/AKM.V4I1.734

Mustaji, M. (2010). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Pola Belajar Kolaborasi (Model PBMPK). Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Universitas Negeri Malang, 17(2), 187–200.

Rahman, N. E., & others. (2018). Pengaruh Potret Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Aset Lokal pada Kelompok Budidaya Ikan Koi di Desa Banyuglugur Kecamatan Banyuglugur Situbondo. Jurnal Penelitian Kesejahteraan Sosial, 17(3), 207–216.

Resmini, S., Satriani, I., & Rafi, D. M. (2021). PELATIHAN PENGGUNAAN APLIKASI CANVA SEBAGAI MEDIA PEMBUATAN BAHAN AJAR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS. Abdimas Siliwangi, 4(2), 335–343. https://doi.org/10.22460/AS.V4I2P

Sahri, B., Ni’mah, R., & Zayn, A. R. (2023). Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Bahan Ajar Interaktif Berbasis Canva Bagi Guru-Guru MTs di Kalitidu Kabupaten Bojonegoro. I-Com: Indonesian Community Journal, 3(3), 999–1007. https://doi.org/10.33379/ICOM.V3I3.2902

Siwi Satiti, W., Umardiyah, F., Hidayatulloh, F., Fikri Munfarida, N., Fatmawati, M., Hanafi, A., Matematika, P., & A Wahab Hasbullah, U. K. (2022). Pelatihan Desain Grafis Menggunakan Aplikasi Canva untuk Remaja di Desa Kalikejambon. Jumat Informatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 105–109. https://doi.org/10.32764/ABDIMASIF.V3I3.3260

Widjajanti, K. (2011). Model pemberdayaan masyarakat.

Wijayanti, L., Sukwadi, R., Prasetya, W., Azels, W. A., & others. (2022). Pelatihan membuat desain iklan digital menggunakan aplikasi Canva bagi UMKM binaan ASPPUK. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 5(1).

Downloads

Published

2024-03-31

How to Cite

Fitri, A., Fathoni, M. I. A., & Sari, A. C. (2024). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Alternatif Media Pembelajaran untuk Menciptakan Pembelajaran Aktif dan Inovatif. Journal of Research Applications in Community Service, 3(1), 33–38. https://doi.org/10.32665/jarcoms.v3i1.2815
Abstract View: 194, PDF Download: 148