PENGARUH MEDIA PAPAN FLANEL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR SIMBOLIK ANAK USIA DINI


DOI:
https://doi.org/10.32665/abata.v5i2.4728Keywords:
Papan flannel; berpikir simbolik; anak usia dini; quasi experimental; PAUDAbstract
Hasil pengamatan di TK Negeri Sungai Rengas Kecamatan Maro Sebo Ulu Kabupaten Batang Hari menunjukkan bahwa kemampuan berpikir simbolik anak usia 5–6 tahun belum berkembang secara optimal. Sebagian besar anak masih kesulitan dalam menyebutkan lambang bilangan 1–10, membutuhkan waktu lama untuk berpikir ketika menyebutkan secara berurutan, serta belum mampu mencocokkan gambar dengan bilangan maupun mengenali huruf vokal dan konsonan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media papan flanel terhadap kemampuan berpikir simbolik anak usia dini. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen dan desain Quasi Experimental berbentuk Pretest Posttest Control Group Design. Populasi penelitian terdiri dari 32 anak dengan sampel 16 anak yang dipilih melalui purposive sampling. Instrumen penelitian berupa lembar observasi, sedangkan analisis data dilakukan melalui uji normalitas, homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh signifikan penggunaan papan flanel terhadap kemampuan berpikir simbolik anak usia 5–6 tahun. Kesimpulan penelitian ini menegaskan bahwa media papan flanel dapat dijadikan alternatif efektif dalam pembelajaran anak usia dini untuk meningkatkan kemampuan berpikir simbolik.
References
Agustina, Y. (2024). Pengembangan Media Papan Flanel dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Simbolik. Jurnal ABATA. [Detail publikasi: diterima 14/11/2024, disetujui 29/11/2024] Jurnal Mahasiswa IKIP Siliwangi
Aini, N. (2023). Pemanfaatan media papan flanel dalam meningkatkan kemampuan berhitung anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1), 45–53.
Aisyah, H. N. (2021). Identifikasi Kemampuan Berpikir Simbolik Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Anak, 10(1), 42–49. https://doi.org/10.21831/jpa.v10i1.38741
Anggraeni, R. (2015). Penggunaan media papan flanel untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2), 145–156.
Astuti, W. (2016). Peningkatan kemampuan penjumlahan menggunakan media papan flanel pada anak kelompok B1 TK ABA Gading Lumbung. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 11(1), 45–53.
Diana, A., Aprianti, E., & Azhar, A. F. (2024). Penggunaan Papan Flanel Angka sebagai Media Peningkatan Kecerdasan Logika Matematika Anak Usia 5-6 Tahun. Ceria (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 7(5), 500-507. Jurnal Mahasiswa IKIP Siliwangi
Filtri, H. (2018). Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di Tinjau dari Tingkat Pendidikan Ibu di Paud Kasih Ibu Kecamatan Rumbai. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 186–197. https://doi.org/10.31849/paudlectura.v1i2.1179
Hasibuan, S. C., Armayani, D., Simatupang, O. F., & Sari, J. (2021). Toilet Training Pada Anak Usia Dini 4-6 Tahun (Upaya Pembentukan Kemandirian di RA Nurul Islam). AUD Cendekia: Journal of Islamic Early Childhood Education, 01(01), 174–187.
Maghfiroh. (2021). Pembelajaran di pendidikan anak usia dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1561–1567.
Mulyati, C., Muiz, D. A., & Rahman, T. (2019). Pengembangan Media Papan Flanel Untuk Memfasilitasi Kemampuan Konsep Bilangan Anak Pada Kelompok B. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 1(1), 59–68. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i1.362
Mutiah, D. (2015). Psikologi Bermain Anak Usia Dini (3rd ed.). Jakarta: Prenada Media Group.
Nurul, R., & Mustafa, B. (2019). Penggunaan media papan flanel dalam meningkatkan kemampuan bahasa verbal anak autis dasar III di SLBN Somba Opu Kab. Gowa. Jurnal Pendidikan Khusus, 1(1), 33–40.
Permata, R., Sari, D., & Lestari, A. (2020). Pengaruh penggunaan papan flanel terhadap pengenalan simbol angka dan huruf pada anak TK. Jurnal Golden Age, 4(1), 23–32.
Permendikbud. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak (STPPA). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
R. Nurul, Mustafa, B. (2019). Penggunaan Media Papan Flanel dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Verbal Anak Autis Dasar III di SLBN Somba Opu Kab. Gowa. Duke Law Journal, 1(1).
Ridha Mardiyah, N., & Amal, M. (2024). Berpikir simbolik pada anak usia dini: Teori dan implementasi dalam pembelajaran. Jurnal Psikologi dan Pendidikan, 12(2), 77–88.
Sarina, Muhammad Akil Musi, S. R. A. (2024). Penggunaan Media Pembelajaran Papan Flanel Huruf Untuk Mengenalkan Huruf Abjad Pada Anak Usia 5-6 Tahun TK Melati Binaan PKK Kab Gowa, Jurnal Pendidikan Usia Dini Gowa, 5(4), 1-23.
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, R&D dan Penelitian Pendidikan (3rd ed.). Bandung: Alfabeta.
Utami, N. K., & Wahyuno, E. (n.d.). Pengaruh Penggunaan Media Papan Flanel Kata (Flankat) Terhadap Peningkatan Penguasaan Kosakata Siswa SMALB-B. Univ. Negeri Malang.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Abata : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

