PENGARUH KEGIATAN PAPERCRAFT TERHADAP MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI

Abstract View: 0, pdf Download: 0

Authors

  • Maulidiyah Rabbani Universitas Jambi
  • Kasmiati Universitas Jambi
  • Akhmad Fikri Rosyadi Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.32665/abata.v5i2.4768

Keywords:

papercraft; motorik halus; anak usia dini; media pembelajaran; kreativitas.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil pengamatan yang menunjukkan bahwa perkembangan motorik halus anak usia 5–6 tahun di TK Negeri Sungai Rengas Kabupaten Batang Hari masih belum berkembang secara optimal. Hal tersebut terlihat ketika anak-anak di kelompok B3 mengalami kesulitan dalam menggerakkan jari-jemari saat melakukan kegiatan menempel, menggunting, menggambar, menarik garis, maupun melipat mengikuti pola, sehingga hasilnya kurang rapi, keluar dari garis, dan kurang fokus karena terdistraksi saat berinteraksi dengan teman sebaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kegiatan papercraft terhadap perkembangan motorik halus anak usia dini. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen menggunakan desain Quasi Experimental Design berbentuk Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian berjumlah 68 anak, dengan sampel 36 anak yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian berupa lembar observasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai t hitung (41,105) lebih besar dibandingkan t tabel (2,101) pada taraf signifikan α = 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan kegiatan papercraft terhadap perkembangan motorik halus anak usia dini. Dengan demikian, kegiatan papercraft dapat dijadikan alternatif media pembelajaran dalam meningkatkan perkembangan motorik halus anak usia dini.

References

Anggraeni, D. (2015). Penggunaan media papan flanel untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(1), 23–30.

Damayanti, A., & Aini, H. (2020). Meningkatkan kemampuan motorik halus anak usia 4–5 tahun melalui permainan melipat kertas bekas. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 67–68.

Darma, Y. (2021). Pengaruh kegiatan cooking class terhadap kemampuan mengenal warna anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 45–53.

Dwi Endah, & Fitri, N. (2016). Pengenalan konsep warna pada anak usia dini. Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 112–120.

Dwi Hastuti, E. (2022). Papercraft untuk meningkatkan pemahaman descriptive text pada peserta didik kelas X SMALB/B. Edudikara: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 6(4), 262–271. https://doi.org/10.32585/edudikara.v6i4.269

Fadhli, H., Fellysya, N. S., Alfayutia, W., Putri, R., & Arsaf, M. A. (2024). Meningkatkan potensi kreatif dan motorik halus anak usia dini dengan kolase bahan alam. Jurnal Anugerah, 6(2), 191–200. https://doi.org/10.31629/anugerah.v6i2.7006

Garmarini, R., & Jannah, M. (2021). Pengaruh cooking class terhadap kemampuan motorik halus dan mengenal ukuran benda. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 87–95.

Gigih, T. S. (2024). Upaya meningkatkan gemar makan buah melalui model pembelajaran cooking class membuat sate buah di Pos Paud Mekasar. Jurnal Golden Age, 8(1), 55–63.

Hofiyah, L. (2023). Meningkatkan kemampuan motorik halus anak usia dini. Abata: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini.

Hosnan, M. (2016). Pendekatan saintifik dan kontekstual dalam pembelajaran abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Kasmiati, K. (2023). Meningkatkan motivasi anak usia dini di era digital melalui komik. JIIP – Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(4), 2734–2742. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i4.1936

King, A. (2018). Doing research in education: Theory and practice. London: Sage Publications.

Manisa, S., & Masturoh, N. (2024). Penerapan kegiatan cooking class “Membuat donat geometri” terhadap perkembangan motorik halus anak TK A di TK Cendika Driyorejo Gresik. Jurnal PAUD Teratai, 7(2), 77–85.

Meriyati, M., Kuswanto, C. W., Pratiwi, D. D., & Apriyanti, E. (2020). Kegiatan menganyam dengan bahan alam untuk mengembangkan kemampuan motorik halus anak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 729. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.667

Musfah, J. (2018). Pendidikan abad 21: Teori dan praktik. Jakarta: Kencana.

Nisak, C. (2017). Metodologi pengembangan motorik halus anak usia dini. (B. Septi & M. Fika, Eds.). Sidoarjo: UMSIDA Press.

Nurapriani, D., Rahmawati, I., & Fauziah, S. (2021). Cooking class sebagai upaya meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan motivasi anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak, 10(1), 65–74.

Padilah, & Novianti, R. (2019). Permainan papercraft untuk anak usia dini. (A. Nyimas, Ed.). Palembang: NoerFikri Offset.

Rasid, M., Hidayati, A., & Kurniawan, F. (2020). Kajian tentang kegiatan cooking class dalam meningkatkan keterampilan motorik halus anak usia 5–6 tahun. Jurnal Anak Usia Dini, 5(2), 101–110.

R. R. Tjandrawinata. (2016). Ilmu pendidikan dan pembelajaran. Jakarta: PT Indeks.

Sari, M. M., Sariah, & Heldanita. (2020). Kegiatan finger painting dalam mengembangkan motorik halus anak usia dini. Kindergarten: Journal of Islamic Early Childhood Education, 3(2), 136–145.

Sri Handayana, & Zuhairi, N. H. (2019). Upaya peningkatan keterampilan motorik halus anak usia dini di Pekon Negeri Ratu 2 Pesisir Barat melalui lukisan teknik kolase. Dedikasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 56–63.

Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D (Kedua). Bandung: Alfabeta.

Sulyandari, A. K., Rosadah, E., & Wasilah Wati, D. (2022). Pengembangan pembelajaran motorik halus anak TK A melalui media figure ground metal insets di RA Syihabuddin Malang. Abata: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 163–173. https://doi.org/10.32665/abata.v1i1.353

Widiyaningrum, N., Masturoh, U., & Wulandari, F. (2024). Upaya dalam meningkatkan motorik halus anak melalui kegiatan kolase dari bahan daun. Abata: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(1), 17–30. https://doi.org/10.32665/abata.v4i1.2709

Wati, E. W. (2023). Analisis keterampilan motorik halus pada anak usia 4–5 tahun di TK Tunas Bangsa Kabupaten Ciamis. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1).

Wiwik Pratiwi. (2017). Konsep bermain pada anak usia dini. Manajemen Pendidikan Islam, 5, 106–117.

Downloads

Published

2025-09-24

How to Cite

Maulidiyah Rabbani, Kasmiati, & Akhmad Fikri Rosyadi. (2025). PENGARUH KEGIATAN PAPERCRAFT TERHADAP MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI. Abata : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(2), 137–148. https://doi.org/10.32665/abata.v5i2.4768

Issue

Section

Articles
Abstract View: 0, pdf Download: 0