Peran Pendidikan Kepramukaan sebagai Media Pembentukan Karakter Kepemimpinan Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Alfi Nur Hidayati SDN Mendalem Tuban

DOI:

https://doi.org/10.32665/jurmia.v1i1.191

Keywords:

Pramuka, Media, Karakter Kepemimpinan

Abstract

Mendalamkan karakter kepemimpinan pada kegiatan ekstrakulikuler pramuka yang dilakukan oleh Pembina pramuka SDN Medalem I dengan tujuan agar siswa SDN Medalem I benar-benar memiliki karakter kepemimpinan yang baik dan penuh rasa tanggungjawab. Selain itu penerapan karakter kepemimpinan siswa pada ekstrakulikuler pramuka di SDN Medalem I dilakukan sejak dini agar mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari dan yang akan datang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses implementasi dan manfaat pendidikan kepramukaan sebagai media pembentukan karakter kepemimpinan siswa di SDN Medalem I. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskritif yakni melihat fenomena yang terjadi dilapangan untuk memperoleh data dan penguraiannya secara sistematik sehingga mudah untuk dipahami. Dan teknik yang digunakan adalah observasi, komunikasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan proses implementasi dan manfaat pendidikan kepramukaan sebagai media pembentukan karaker kepemimpinan siswa pembina menggunakan metode belajar sambil melakukan learning by doing  tahap transinternalisasi nilai dengan memberikan contoh terlebih dahulu kemudian peserta Pramuka mengikutinya. Penerapan jelajah alam yang dilakukan setia tiga bulan sekali yang dilakukan diakhir pertemuan. Dan penerapan pada kegiatan-kegiatan dalam ekstrakuler pramuka.

References

Arsyad, Azhar. (2017). Media pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Aunillah. Nurla Isna. (2015). Membentuk Karakter Anak Sejak Janin. Yokyakarta: flashBooks.

Bungin, Burhan. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Departemen Agama RI. (2010). Al-Qur’an dan terjemahnya. Bandung: Diponegoro.

Karo-Karo S, Isran Rasyid. (2018). Manfaat media dalam pembelajaran. Dosen Tetap Jurusan Pendidikan Matematika FITK UIN-SU Medan, Vol. VII, No. 1, Januari – Juni 2018.

Kwartir Nasional. (2011). Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar, Jakarta: Penerbit Kwartir Nasional.

Mahnun, Nunu. (2012). Media Pembelajaran. Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya. Jurnal Pemikiran Islam; Vol. 37, No. I.

Marzuki dan Hapsari, Lysa. (2015). Pembentukan karakter siswa melalui kegiatan kepramukaan. Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta, Nomer V.

Mbulu, Joseph, dkk. (2005). Pengantar Pendidikan. Malang: Laboratorium Teknologi Pendidikan.

Minarti, Sri. (2016). Manajemen Diri Islami. Yokyakarta; Interpena.

Moleong, Lexy. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Muhlisin, Moh imam. (2016). implementasi kegiatan pramuka dalam membentuk karakter disiplin siswa anggota gerakan pramuka di sekolah dasar negri sukun tiga malang. Universitas Negri Malang.

Salim, Man. (2017). Pedoman Lengkap Pramuka. Semarang: Syalmahat Publishing.

Suardi , Reza hafikar. (2017). Peran Pemimpin dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai (Studi Kasus Pkp2a II Lembaga Administrasi Negara (LAN) Kota Makassar), Universitas Hasanuddin, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik departemen Ilmu Administrasi Program Studi Administrasi Negara.

Sugiyono, (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfa Beta.

Sujarwin , Wirata. (2014). Metodologi penelitian. Yogyakarta; PUSTAKABARUPRES.

Sukardi, (2017). Metodelogi penelitian pendidikan. Jakarta: bumi aksara.

Suttrisno, S. (2021). Pengaruh Pemanfaatan Alat Peraga Ips Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8 (1), 77-90.

Syafar, Djunawir. (2017). Teori Kepemimpinan dalam Lembaga Pendidikan Islam, Volume 5, Nomor I.

Tombo ati online. (2016). Pengertian dan tujuan tentang leraning by doing. Moeloes.blogspot.com

Downloads

Published

02-08-2021

How to Cite

Alfi Nur Hidayati. (2021). Peran Pendidikan Kepramukaan sebagai Media Pembentukan Karakter Kepemimpinan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA), 1(1), 11–20. https://doi.org/10.32665/jurmia.v1i1.191