Penggunaan Media Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi COVID-19
Abstract View: 5619, PDF Download: 2089DOI:
https://doi.org/10.32665/jurmia.v1i1.195Keywords:
Media pembelajaran, Pandemi , Covid-19, WhatsAppAbstract
Pandemi covid-19 telah telah mengubah tatanan hidup manusia dalam segala aspek kehidupan. Pemerintah melakukan pembatasan aktivitas masyarakat untuk mencegah kerumunan guna menghindari penyebaran covid-19. Berdasarkan Surat Edaran Nomor 15 Tahun 2020 tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar dari Rumah Dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19, pemerintah mengalihkan kegiatan belajar mengajar di kelas atau konvensional menjadi kelas daring atau virtual. Fenomena ini tentunya menjadi hal baru yang dialami pendidik dan peserta didik karena harus menggunakan media pembelajaran daring untuk menghubungkan satu sama lain. Penggunaan media pembelajaran daring selama pandemi covid-19 bisa menjadi alternatif pilihan untuk memberikan rasa aman dalam belajar mengajar. Banyak sekali media pembelajaran daring yang tersedia seperti Zoom, WhatsApp, Google Classroom, Google Meeting, Edmodo dan lainnya. Namun guru harus pintar dalam memilih media pembelajaran yang tepat sesuai peruntukannya dengan menimbang kesiapan dan kondisi siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti dapat menyimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran yang sering digunakan guru dan disukai oleh siswa yaitu WhatsApp Group dikarenakan mudah untuk diakses dan tidak membutuhkan banyak kuota untuk mengaksesnya. Namun kendala yang sering dialami siswa saat pembelajaran daring pada masa pandemi yaitu sulit memahami materi pelajaran, belum lagi tugas yang diberikan guru relatif banyak. Oleh karena itu pembelajaran daring ini membuat siswa tidak senang menjalaninya.
References
Adit, A. (2020). 12 Aplikasi Pembelajaran Daring Kerjasama Kemendikbud, Gratis! Kompas.Com. https://edukasi.kompas.com/read/2020/03/22/123204571/12- aplikasi-pembelajaran-daring-kerjasama-kemendikbud-gratis?page=all
Asmariani, A. (2016). KONSEP MEDIA PEMBELAJARAN PAUD. Al-Afkar : Jurnal Keislaman & Peradaban. https://doi.org/10.28944/afkar.v5i1.108
Ekayani, P. (2017). (2017). Pentingnya Penggunaan Media. Jurnal Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, March. https://www.researchgate.net/publication/315105651
Fitriyani, H., & Astuti, D. (2021). Pelatihan Pengembangan Instrumen Evaluasi Online menggunakan Google Form bagi Guru Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. ETHOS: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 9(2).
Ginting, E. S., Lubis, T. W. H., & Pertiwi, S. (2021). Kiat Menghadapi Tantangan Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19. TRIDARMA: Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM), 4(1), 35–43.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (n.d.). Laksanakan Arahan Presiden, Kemendikbud Terus Galang Dukungan Pengembang Pembelajaran Daring. Www.Kemdikbud.Go.Id. Retrieved May 25, 2021, from https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/laksanakan-arahan-presiden- kemendikbud-terus-galang-dukungan-pengembang-pembelajaran-daring
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). SE Mendikbud: Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19. Mendikbud RI.
Nugrahani, F., & Hum, M. (2014). Metode penelitian kualitatif. Solo: Cakra Books.
Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171. Prasetyo, T., & Zulela, M. S. (2021). Proses Pembelajaran Daring Guru Menggunakan Aplikasi Whatsapp Selama Pandemik Covid-19. Jurnal Elementaria Edukasia, 4(1), 138–150.
Pustikayasa, I. M. (2019). Grup whatsapp sebagai media pembelajaran. Widya Genitri: Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama Dan Kebudayaan Hindu, 10(2), 53–62.
Satuan Tugas Penanganan COVID-19. (2021). Peta Sebaran COVID-19. Covid19.Go.Id. https://covid19.go.id/peta-sebaran-covid19
Suttrisno, S. (2021). PENGARUH PEMANFAATAN ALAT PERAGA IPS TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH DASAR. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 77-90.
WhatsApp LLC. (2021). Tentang WhatsApp. https://www.whatsapp.com/about/
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Siti Aisyah, Muhammad Alif Kurniawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.