Pengembangan Buku Ajar IPA Berbasis Peta Pikiran untuk Melatih Berpikir Kreatif Peserta Didik di Sekolah Dasar

Authors

  • Rian Ningsih Pramunita Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.32665/jurmia.v1i1.196

Keywords:

Buku Ajar, Peta Pikiran, Berpikir Kreatif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa buku ajar yang berbasis peta pikiran untuk melatih berpikir kreatif peserta didik di sekolah dasar. Materi yang di kembangkan adalah materi pengaruh kalor terhadap benda yang terdapat pada materi kelas V di Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan dengan mengacu pada model 4D yang mempunyai tahapan yaitu, (1) pendefinisian, (2) perancangan, (3) pengembangan, (4) penyebaran. Desain ujicoba menggunakan One Group Pre-test Post-test Design. Teknik analisis data menggunakan analisis data deskriptif kuantitatif. Insturmen yang digunakan antaranya lembar validasi, lembar tes, dan kuesioner. Buku ajar yang dikembangkan dinyatakan memenuhi kriteria valid pada komponen kelayakan isi, kelayakan penyajian, kelayakan kebahasaan dan ke grafikan. Buku ajar yang dikembangkan juga dinyatakan sebagai buku ajar yang praktis di tinjau dari respon peserta didik. Buku ajar yang dikembangkan juga dinyatakan efektif ditinjau dari keterampilan berpikir kreatif yang meningkat dari pre-test yang memeroleh presentase sebesar 28% meningkat pada post-test menjadi 58,2% dengan N-gain ketuntasan kategori sedang. Berdasarkan pembahasan hasil dan temuan-temuan disimpulkan bahwa buku ajar IPA berbasis peta pikiran yang telah dikembangkan pada materi pengaruh kalor terhadap benda layak digunakan untuk melatih berpikir kreatif peserta didik di Sekolah Dasar.

References

Badan Nasional Sertifikasi Profesi 2007.

Fraenkel, J. R., Wallen, N. E., & Hyun, H. H. 2011. How To Design And Evaluate Research In Educatian. New York: McGraw-Hill Humanities/Social Sciences/Languages.

Ibrahim, Muslimin. 2015. Matari Pokok Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Biologi. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka.

Ibrahim, Muslimin. 2016. “Readability Of Textbook Based On Activity Biology Ranging Topic For X Grade In Senior High School”. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi. Vol.5, No.3.

Insyasiska, D., Zubaidah, S., & Susilo, H. 2017. “Pengaruh Project Based Learning Terhadap Motivasi Belajar, Kreativitas, Kemampuan Berpikir Kritis, Dan Kemampuan Kognitif Siswa Pada Pembelajaran Biologi”. Jurnal pendidikan biologi. Vol.7, No. 1, pp 9-21.

Ma’rifah, Elfa., Parno., Nandang. M., 2016. “Identifikasi Kesulitan Siswa Pada Materi Suhu Dan Kalor”. Vol.4, No.5, pp 768-776.

Malycha, Charlotte P., Gunter W Maier., 2017. “The Random-Map Technique : Enhancing Mind-Mapping With A Conceptual Combination Technique To Foster Creative Potential”. Creativity Research Journal. Vol. 29, No. 2, pp 114-124.

Mulyasa. 2006. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Munandar, Utami. 2014. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Muslich, M. 2010. “Text Book Writing: Dasar-Dasar Pemahaman, Penulisan, Dan Pemakaian Buku Teks”. Jogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sholahuddin, Arif. 2011. “Pengaruh Buku Ajar Kimia Kelas X Berbasis Redukdi Didaktik: Uji Kelayakan Di SMA Negeri Kota Banjarmasin”. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan. Vol.17, No. 2.

Suparman, M. A. (2012). Desain Instruksional Modern. Jakarta: Erlangga.

Suttrisno, S., & Puspitasari, H. (2021). Pengembangan Buku Ajar Bahasa Indonesia Membaca dan Menulis Permulaan (MMP) Untuk Siswa Kelas Awal. Tarbiyah Wa Ta'lim: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 8(2), 83-91.

Downloads

Published

02-08-2021

How to Cite

Rian Ningsih Pramunita. (2021). Pengembangan Buku Ajar IPA Berbasis Peta Pikiran untuk Melatih Berpikir Kreatif Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA), 1(1), 40–47. https://doi.org/10.32665/jurmia.v1i1.196