Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Melalui Model Problem Based Learning

Authors

  • Rizky Ayudhityasari Universitas Veteran Bangun Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.32665/jurmia.v1i1.199

Keywords:

Hasil Belajar , Motivasi Belajar, Problem Based Learning, Bahasa Indonesia

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar Bahasa Indonesia kelas III Sekolah Dasar Negeri 2 Bolopleret. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa sekolah dasar kelas III yang berjumlah 25 siswa. Pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, observasi, angket dan tes. Validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi metode. Analisis data dilakukan secara deskriptif baik secara kualitatif maupun kuantitatif. Hasil penelitian sebagai berikut: (1) Motivasi belajar siswa yang berkategori “tinggi” yang awalnya pada siklus I sebesar 64% atau 16 siswa. Pada siklus II menjadi 92% atau 23 siswa.  2) Hasil belajar siswa sebelum tindakan hanya mencapai 32% atau 8 siswa yang tuntas. Setelah tindakan pada siklus I, sebanyak 11 siswa atau sebesar 44% belum mencapai ketuntasan belajar, 14 siswa atau sebesar 56% telah tuntas. Siklus II meningkat menjadi 4 siswa atau sebesar 16% belum tuntas, 21 siswa atau sebesar 84% telah tuntas. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model problem bases learning dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.

References

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. Fakhriyah, F. (2014). Penerapan Model Problem Based Learning dalam Upaya Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(1), 95-101.

Habibah Sukmini Arief, Maulana, Ali Sudin. (2016). Meningkatkan Motivasi Belajar Melalui Pendekatan Problem-Based Learning (Pbl).

Jurnal Pena Ilmiah: Vol. 1, No. 1 Hamzah B. Uno. 2011. Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Bumi Aksara. Jakarta.

Rahmadani, N., & Anugraheni, I. (2017). Peningkatan Aktivitas Belajar Matematika melalui Problem Based Learning Bagi Siswa Kelas 4 SD. Sholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 7(3), 241-250.

Rahmawati , A., & Hizqiyah , I. N. (2017, Juni). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Penguasaan Defisiensi Nutrisi Tumbuhan pada Mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Pasundan. J. Bio & Pend.Bio, 2, No.1, 21-25.

Surat Edaran Kemendikbud No. 4 Tahun 2020. Pelaksanaan KebijakanPendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease Covid 19. Diakses pada 6 April 2021 dari https://pusdiklat.kemdikbud.go.id/surat-edaranmendikbud-no-4-tahun- 2020 tentang-pelaksanaan-kebijakan-pendidikandalam-masa-darurat- penyebaran-corona-virus-disease-covid-1-9/

Suttrisno, S., Riyanto, Y., & Subroto, W. T. (2020). Pengaruh Model Value Clarification Technique (Vct) Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa. NATURALISTIC: Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 5(1), 718-729.

Yanto, Medi. 2013. Jadi Guru yang Jago Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Andi Offset.

Downloads

Published

02-08-2021

How to Cite

Ayudhityasari, R. (2021). Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Melalui Model Problem Based Learning. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA), 1(1), 57–64. https://doi.org/10.32665/jurmia.v1i1.199