Upaya Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Melalui Problem Based Learning dengan Powerpoint di Sekolah Dasar

Authors

  • Suwartini Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo

DOI:

https://doi.org/10.32665/jurmia.v1i1.203

Keywords:

motivasi, hasil belajar, problem based learning, powerpoint

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar belajar kelas IV Sekolah Dasar Negeri Kenokorejo 01. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV. Pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, observasi, angket dan tes. Validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi metode. Teknik analisis data kualitatif menggunakan model interaktif yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan data kuantitatif dianalisis secara deskripif. Hasil penelitian sebagai berikut: (1) Motivasi belajar siswa yang berkategori “tinggi” dari pada yang siklus I sebesar 41% atau 4 siswa dan pada kategori sedang 58% atau 7 siswa. Pada siklus II kategori tinggi menjadi 83% atau 10 siswa dan kategori sedang 17% atau 2 siswa. 2) Hasil belajar siswa sebelum tindakan hanya mencapai 28% atau 3 siswa yang tuntas. Setelah tindakan pada siklus I, sebanyak 7 siswa atau sebesar 64% telah tuntas. Siklus II 11 siswa atau sebesar 91% telah tuntas.

References

Anggawirya, Erhans. 2011. Microsoft Powerpoint 2010. Jakarta: PT. Ercontara Rajawali. Aqib, Zainal, dkk. 2011. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SD, SLB, dan TK. Bandung: Yrama Widya

Assegaff, Asrani dan Uep Tatang Sotani. 2016. Upaya Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Analitis Melalui Model Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran 1 (1). 38-48.

Lari, Fateme Samiei. 2014. The Impact of Using Powerpoint Presentations on Students Learning and Motivation in Sacondary school. Islamic Azad Univercity, Iran.

Lee, J., & Martin, L. 2017. Investigating Students’ Perceptions of Motivating Factors of Online Class Discussions. International Review of Research in Open and Distance Learning, 18(5), 148–172. https://doi.org/10.19173/irrodl.v18i5.2883.

Muhammad, Maryam. 2016. Pengaruh Motivasi Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal. 4 (2).

Mutmainah, dkk. 2018. Penggunaan Media Pembelajaran Power Point Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa SD. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran. 5 (2).

Ratna, N. 2013. Hubungan Kecerdasan Emosional dan Kedisiplinan Belajar terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMA di kota Makasar. Tesis. Program Pascasarjana Universitas Negeri Makasar, Makasar.

Rusman. 2016. Model – Model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Menthods). 1. Bandung: Alfabeta Susanto, A. 2013. Teori belajar dan pembelajaran di SD. Jakarta: Kencana Prenada media group.

Suttrisno, S., Riyanto, Y., & Subroto, W. T. (2020). Pengaruh Model Value Clarification Technique (Vct) Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa. NATURALISTIC: Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 5(1), 718- 729.

Yanto, Medi. 2013. Jadi Guru yang Jago Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Andi Offset.

Downloads

Published

02-08-2021

How to Cite

Suwartini. (2021). Upaya Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Melalui Problem Based Learning dengan Powerpoint di Sekolah Dasar. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA), 1(1), 65–72. https://doi.org/10.32665/jurmia.v1i1.203