Implementasi Pembelajaran Matematika Materi Perkalian Kelas V pada Metode Lattice di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Ar-Rohmah Glagahwangi Sugihwaras Bojonegoro
Abstract View: 1012, PDF Download: 650DOI:
https://doi.org/10.32665/jurmia.v1i1.205Keywords:
Pembelajaran Matematika, Perkalian, Metode LatticeAbstract
Pemilihan metode yang tepat merupakan hal yang penting dalam proses pembelajaran. Untuk itu mempelajari dan memahami setiap metode pembelajaran secara teliti menjadi kewajiban setiap guru. Metode lattice adalah metode perkalian yang menggunakan kisi untuk mengalikan dua angka yang multi digit. Metode ini bisa menjadi alternatif dalam pembelajaran perkalian. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang di gunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dan teknik analisis data menggunakan Pengumpulan data , Reduksi data, display data, Verifikasi dan penegasan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam implementasi pembelajaran matematika materi perkalian kelas V pada metode lattice dilakukan melalui tiga tahapan yaitu: penanaman konsep dasar, pemahaman konsep, dan pembinaan keterampilan. Hambatan dalam pembelajaran yaitu: Kurangnya konsentrasi siswa dalam pembelajaran karena adanya siswa yang sering usil dan gaduh, Kurangnya siswa dalam menghafalkan perkalian. Serta solusinya yaitu guru memberikan pembiasaan kepada siswa dalam setiap pembelajaran matematika siswa harus menghafal perkalian satu persatu, agar siswa cepat dalam menghafal perkalian.
References
Abdullah, Abdurrahman Saleh. (2016). Teori-teori Pendidikan Berdasarkan Al-Qur’an. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. (2013). Produser Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rienika Cipta
Djamarah, Syaiful Bahri. (2012). Prestasi belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional
Heruman. (2013). Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: Remaja Rosdakarya
Khumairoh, Intan. (2017). Pengaruh Penggunaan Metode Lattice Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar. Skripsi: Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
Moleong, Lexy J. (2012). Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Grafindo Persada
Moleong. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosda Karya
Muchtar, A, Karim. dkk. (2015). Pendidikan Matematika I. Malang; Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
Ramayulis. (2012). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia
Rusman. (2011). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Pendidik. Jakarta: Rajagrafindo
Sanjaya dan Wina. (2014). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana
Simanjuntak, Lisnawaty. (2015). Metode Pengajaran Matematika 1. Jakarta: PT.Rineka Cipta Sobry Sutikno. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Lombok: Holistica
Solikin, Nur Khulaifatur Rosidah, dkk. (2019). Penggunaan Metode Lattice Dalam Mengatasi Rendahnya Kemampuan Berhitung Operasi Perkalian. Prismatika: Jurnal Pendidikan dan Riset Matematika Vol. 2 No. 1 (2019).
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta Suprihatiningrum, Jamil. (2014). Strategi Pembelajaran. Jogjakarta: ArRuzz Media
Susanto, Ahmad. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana
Suttrisno, Riyanto, Y., & Subroto, W. T. (2020). Pengaruh Model Value Clarification Technique (Vct) Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa. NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 718-729. https://journal.umtas.ac.id/index.php/naturalistic/article/view/836.
Wagiran. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta, Deepublish
Yusuf, A. Muri. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri.
Zubaidah. (2015). Peningkatan Hasil Belajar Matematika dengan Metode Lattice di Kelas III Sekolah Dasar Negeri Tahun Ajaran 2015. Skripsi: Universitas FKIP untan sengkawang.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Firda Zakiyatur Rofi’ah, Zulfatul Azizah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.