Implementasi Enikki dalam Meningkatkan Literasi siswa di SD School of Universe Parung Bogor

Abstract View: 216, PDF Download: 142

Authors

  • Nuryati Nuryati Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia
  • Muhammad Solid Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32665/jurmia.v4i1.2706

Keywords:

Enikki, Literasi, Siswa

Abstract

Metode Enikki (buku harian bergambar) yang diimplementasikan di SD School of Universe Parung Bogor untuk meningkatkan literasi siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode observasi dan wawancara, tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana implementasi enikki dalam proses pembalajaran siswa sekolah dasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan visual dalam pembelajaran Enikki memiliki dampak positif dalam meningkatkan literasi siswa, memudahkan pemahaman materi, dan mendorong partisipasi aktif dalam kegiatan menggambar proyek serta menyusun pembelajaran untuk portofolio masa depan. Dengan fokus pada pengembangan keterampilan membaca, menulis, dan pemahaman visual, metode ini diharapkan dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah dasar.

References

Dewantara, I. P. M., & Tantri, A. A. S. (2017). Keefektifan Budaya Literasi Di Sd N 3 Banjar Jawa Untuk Meningkatkan Minat Baca. Journal of Education Research and Evaluation, 1(4), 204. https://doi.org/10.23887/jere.v1i4.12054

Dewi Utama Faizah, Morinta Rosandini, & Lanny Anggraini. (2021). Pembelajaran literasi dengan enikki (1st ed.). Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Dian Anggraini. (2019). Bernalar Kritis Dalam Bersastra: Literasi Visual. Prosiding Seminar Nasional STKIP PGRI Bandar Lampung, 67–76.

Evita Devega. (2017). TEKNOLOGI Masyarakat Indonesia: Malas Baca Tapi Cerewet di Medsos. Https://Www.Kominfo.Go.Id/Content/Detail/10862/Teknologi-Masyarakat-Indonesia-Malas-Baca-Tapi-Cerewet-Di-Medsos/0/Sorotan_media.

Firmansyah, & Mokh Iman. (2019). Pendidikan Agama Islam: pengertian, tujuan, dasar, dan fungsi. Taklim: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 17(2), 79–90.

Hanisha, F., & Djalari, Y. A. (2018). Bahasa Visual , Gambar Anak, dan Ilustrasi Pada Buku Cergam Anak. Jurnal Seni Dan Reka Rancang: Jurnal Ilmiah Magister Desain, 1(1), 63–82. https://doi.org/10.25105/jsrr.v1i1.3878

Hartati, T. (2017). Multimedia In Literacy Development At Remote Elementary Schools In West Java (Multimedia Dalam Pengembangan Literasi Di Sekolah Dasar Terpencil Jawa Barat). EDUTECH, 15(3), 301. https://doi.org/10.17509/edutech.v15i3.4873

Hastuti, S., & Lestari, N. A. (2018). Gerakan Literasi Sekolah: Implementasi Tahap Pembiasaan Dan Pengembangan Literasi Di Sd Sukorejo Kediri. Jurnal Basataka (JBT), 1(2), 29–34. https://doi.org/10.36277/basataka.v1i2.34

Hidayah, N., Akib, E., & Arif, T. A. (2022). Pengaruh Pendekatan Literasi dengan Teknik 6M Berbantuan Media Gambar terhadap Kemampuan Menulis Cerita Narasi dan Kemampuan Bercerita Kelas III. Jurnal Basicedu, 6(6), 9640–9649. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.4064

Hidayah, W. (2019). Peningkatkan Keterampilan Menulis Permulaan melalui Buku Harian Bergambar Siswa Kelas II B SD Timbulharjo Sewon Bantul. DIDAKTIKA: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(2), 59–68. https://doi.org/10.21831/didaktika.v1i2.28089

Ilmi, N., Wulan, N. S., & Wahyudin, D. (2021). Gerakan Literasi Sekolah dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(5), 2866–2873. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.990

Junita Sinamo, & Julita Herawati P. (2023). MENINGKATKAN MINAT BACA ANAK USIA DINI MENGGUNAKAN BUKU CERITA Bergambar. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 2(3), 11483–11490.

Margunayasa, I. G., Widiana, I. W., & Budi Artawan, N. (2017). Penerapan Proses Menulis Berbasis Portofolio Berbantuan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Kelas Iv. International Journal of Elementary Education, 1(2), 96. https://doi.org/10.23887/ijee.v1i2.11600

Pangesti Wiedarti, Kisyani Laksono, Pratiwi Retnaningdyah, Sofie Dewayani, Wien Muldian, Susanti Sufyadi, Dwi Renya Roosaria, Dewi Utama Faizah, Sulastr, Nilam Rahmawan, Endang Sadbudhy Rahayu, R. Achmad Yusuf SA, & Billy Antoro. (2018). Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah (2nd ed.). Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Renza, M. A., Affandi, L. H., & Setiawan, H. (2022). Pengembangan Media Gambar Berseri Pada Materi Keterampilan Menulis Teks Narasi Siswa Kelas IV. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2), 445–451. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2.562

Siddik Romadhan, & Suttrisno. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Budaya Literasi Melalui Cerita Rakyat dalam Membentuk Sikap Nasionalisme Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA), 1(1), 81–88. https://doi.org/10.32665/jurmia.v1i1.206

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D (2nd ed.). Alfabet.

Sukma, E., Indrawati, T., & Suriani, A. (2020). Penggunaan Media Literasi Kelas Awal di Sekolah Dasar. JURNAL INOVASI PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN SEKOLAH DASAR, 3(2), 103. https://doi.org/10.24036/jippsd.v3i2.107623

Suttrisno, S., Elmuna, F. N., & Fithriyah, D. N. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran VCT (Value Clarification Technique) Berbasis Kearifan Lokal Bojonegoro terhadap Literasi Membaca Siswa Madrasah Ibtidaiyah. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(1), 629–634.

Wahyuni, S., Ananda, R., & Marta, R. (2019). Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Dengan Menggunakan Media Gambar Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 2(2), 192–203. https://doi.org/10.31004/jrpp.v2i2.455

Widyawati, F., Anwar, S., Susanto, H., & Rohmadi, R. (2022). Manajemen Team Teaching di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA), 2(1), 155–163. https://doi.org/10.32665/jurmia.v2i1.273

Wiratsiwi, W. (2020). Penerapan Gerakan Literasi Sekolah Di Sekolah DaSAR. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(2), 230–238. https://doi.org/10.24176/re.v10i2.4663

Zainab, I., Jaya, G. B., & Artini, L. P. (2021). Meningkatkan Keterampilan Menulis Peserta Didik Melalui Whatsapp Diary Writing. Indonesian Gender and Society Journal, 1(2), 60–68. https://doi.org/10.23887/igsj.v1i2.39082

Downloads

Published

02-02-2024

How to Cite

Nuryati, N., & Solid, M. (2024). Implementasi Enikki dalam Meningkatkan Literasi siswa di SD School of Universe Parung Bogor . Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 21–30. https://doi.org/10.32665/jurmia.v4i1.2706
Abstract View: 216, PDF Download: 142