Analisis Implementasi Peran Guru Dalam Penanaman Nilai Karakter Toleransi Pada Mata Pelajaran Pkn Di MI Ma’arif Darussalam Plaosan Yogyakarta
Abstract View: 559, PDF Download: 2659DOI:
https://doi.org/10.32665/jurmia.v2i1.284Keywords:
The role of the teacher, the character of tolerance, Citizenship EducationAbstract
References
Afifah, N. (2019). Efektivitas Media Ajar untuk Siswa Kelas Rendah Berbasis Nilai Karakter Toleransi terhadap Sesama dengan Berbantu Aplikasi Sparkol Videoscribe. Modeling: Jurnal Program Studi PGMI, 6(2).
Ariyanti, F., Dwi Setya Putri, A., Guru Sekolah Dasar, P., & Ilmu Pendidikan, F. (2019).
Chaira. 2021. “Peran Guru Kelas Dalam Penanaman Nilai Karakter Toleransi Siswa Kelas IV Di Sekolah Dasar Negeri Kembangan Utara 05 Pagi.” Dinamika Sekolah Dasar 10.
Claudia, C., Prabawati, H., Malihah, M., Novrezi, M., Sahara, S., & Safitri, D. (2020). Pelatihan Pendidikan Karakter pada Anak Pekerja di Yayaysan Swara Peduli Indonesia Jakarta. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(1).
Hidayati, A. N. (2021). Peran Pendidikan Kepramukaan sebagai Media Pembentukan Karakter Kepemimpinan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA), 1(1), 11-20.
Haryati, Sri. (2017). Pendidikan Karakter dalam Kurikulum 2013:
Hasibuan, H. A. (2021). Pendidikan Kewarganegaraan: Internalisasi Nilai Toleransi Untuk Mencegah Tindakan Diskriminatif Dalam Kerangka Multikultural. In Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha (Vol. 9, Issue 2).
Insani, G. N., Dewi, D., & Furnamasari, Y. F. (n.d.). Integrasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan untuk Mengembangkan Karakter Siswa Sekolah Dasar.
Karmila, Nita, dan Rini Sri Indriani. 2019. “Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Pada Materi Ajar Pendidikan Lingkungan Hidup Untuk Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah Kelas Ii.” Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (Jppguseda) 2 (1): 26–29.
Nurjannah, Nurjannah. 2019. “Analisis Nilai Karakter Pada Kelas V Sd Negeri Paya Peunaga Mata Pelajaran Pkn.” Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar 6 (2).
Nurohmah, A. N., & Dewi, D. A. (2021). Penanaman Nilai Moral dan Karakter di Era Pandemi melalui Pendidikan dengan Mengimplementasikan Nilai-Nilai Pancasila. Journal of Education, Psychology and Counseling, 3(1), 119–128.
Pertiwi, Amalia Dwi, Siti Aisyah Nurfatimah, Dinie Anggraeni Dewi, dan Yayang Furi Furnamasari. 2021. “Implementasi Nilai Pendidikan Karakter Dalam Mata Pelajaran PKn di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 5 (5): 4328–33.
Pitaloka, D. L., Dimyati, D., & Purwanta, E. (2021). Peran Guru dalam Menanamkan Nilai Toleransi pada Anak Usia Dini di Indonesia. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1696–1705.
Puniatmaja, I. Gede Pait Budhi, dan Ndara Tanggu Renda. 2021. “Modul Pembelajaran PPKn Bermuatan Nilai Karakter Toleransi Pada Kelas V Sekolah Dasar.” Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran 4 (3): 409–19.
Rahmawati, M., & Harmanto. (2020). Pembentukan Nilai Karakter Toleransi dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Bagi Siswa Tunagrahita. Journal of Civics and Moral Studies, 5(1), 59–72.
Ramadhaniar, N., Hidayat, T., & Taufiq, M. (2020). Harmoni Pengetahuan Dan Sikap Toleransi Pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Sdi Saroja Surabaya (Vol. 7, Issue 2).
Ramdan, A. Y., & Fauziah, P. Y. (2019). Peran orang tua dan guru dalam mengembangkan nilai-nilai karakter anak usia sekolah dasar. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 9(2), 100.
Romadhan, S. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Budaya Literasi Melalui Cerita Rakyat dalam Membentuk Sikap Nasionalisme Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA), 1(1), 81-88.
Suttrisno, S. (2021). PENGARUH PEMANFAATAN ALAT PERAGA IPS TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH DASAR. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 77-90.
Suttrisno, S. Analisis Dampak Pembelajaran Daring terhadap Motivasi Belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 348380.
Setiawan, A. R. (2020). Pembelajaran Tematik Berorientasi Literasi Saintifik. Jurnal Basicedu, 3(2), 524– 532.
Zaenuri, Z., & Prastowo, A. (2021). Peran Guru Dalam Perencanaan Pembelajaran Berbasis Aplikasi Zoom Meeting Di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1734–1744.
Zubaidah, Siti. (2015). Implementasi pendidikan karakter dalam pendidikan agama islam di sd gayamsari 02 semarang. Skripsi. Semarang: Universitas Islam Negeri Walisongo.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Zaenuri, Siti Fatonah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.